29 June 2009

WASPADAI, BILA MENSTRUASI TIDAK NORMAL...!!

Perempuan sering dirundung masalah menstruasi, seperti pendarahan berat, rasa sakit tak tertahankan, dan siklus tidak teratur. Sebagian besar memang tidak serius, dan bersifat temporer. Namun, sebagian lagi merupakan alarm ketidak-beresan di tubuh.

Menurut Prof.DR.Dr. Biran Affandi,SpOG (K), problem menstruasi tidak bisa dipandang sepele. Sebab, hal itu akan mempengaruhi kesehatan reproduksi secara keseluruhan.
Masalah menstruasi adalah masalah perempuan masa kini, makin sering menstruasi misalnya, makin tinggi kemungkinan kelainan, sama juga dengan naik kendaraan makin sering kemungkinan kecelakaan makin besar. Begitu juga dengan siklusnya. Apa dan bagaimana problem menstruasi itu serta sejauh mana dampaknya, simak ulasan artikel berikut ini.....


MENSTRUASI SEHAT

Siklus menstruasi 'normal' cukup relatif. Usia, misalnya, ikut menentukan. Remaja putri yang baru saja menstruasi wajar bila mengalami ketidak-teraturan siklus, mengingat hormon seksnya belum stabil. Begitupun saat jelang menopause, dikarenakan fluktuasi hormon.

Tetapi, di luar periode tersebut, normalnya menstruasi datang teratur setiap bulan. Tetapi keteraturan tersebut juga dipengaruhi berbagai faktor, termasuk kehamilan, penyakit,obat, stress, serta masalah seperti kista.
Lumrah saja jika siklus menstruasi tidak sama antara bulan yang satu dengan bulan yang lain.

Rumusan normal,menurut American Society for Reproductive Medicine, adalah 22-40 hari, di mana hari pertama menstruasi dihitung sejak pertama kali darah keluar dari vagina.

Misalnya, seorang perempuan terbiasa melewati siklus menstruasi 40 hari, kemudian ia mengalami siklus 22 hari, hal ini patut dicermati. Risiko siklus yang satu dengan siklus yang lain, normalnya hanya kurang-lebih 5 hari.

Sebaiknya perempuan memantau siklus menstruasi mereka selama 3 bulan berturut-turut, sebelum menyimpulkan timbulnya masalah.
Lama menstruasi yaitu periode darah keluar dari vagina, berkisar antara 2-8 hari. Rata-rata 5 hari. Di luar itu perempuan wajib waspada.


NORMAL ATAU TIDAK?

Sebelum berkonsultasi ke dokter, Anda sebaiknya mencari tahu dulu kecenderungan menstruasi Anda. Buatlah jurnal menstruasi.
Hal yang perlu diperhatikan termasuk :
* Berapa hari jarak antara menstruasi yang sebelumnya dengan yang sekarang? ( dihitung sejak darah keluar dari vagina ).
* Berapa lama periode menstruasi?
* Seberapa banyak darah yang keluar? Apakah ada hari-hari di mana darah keluar lebih banyak?
* Apakah Anda pernah mengalami flek (spotting)? kapan? Apakah setelah melakukan hubungan intim?
* Apakah Anda merasa sakit selama menstruasi? di bagian mana rasa sakit paling terasa?pada hari ke berapa paling menganggu?
* Apakah Anda mengalami gejala lain, serupa sakit kepala, sakit punggung, gangguan pencernaan, atau perasaan ingin pingsan?
* Apakah Anda terbiasa menenggak obat penghilang sakit saat menstruasi?

Lampirkan riwayat medis Anda dan keluarga. Selain itu, beritahukanlah apa yang sedang Anda alami, misalnya apakah Anda sedang stres, menjalani diet, atau baru saja melakukan aktivitas berat.

Untuk menangani penyakit akibat menstruasi, dokter biasanya akan melakukan beberapa tes, termasuk tes pelvis dan kehamilan. Denyut nadi dan tanda vital lainnya akan ditelaah. Anda pun akan diminta memberikan sampel urin dan darah. Selain itu, Anda mungkin akan menjalankan tes ultrasonografi (USG) vagina.

Bentuk tesnya tergantung dari gejala yang Anda alami, usia, hasil pemeriksaan fisik, dan penelusuran sejarah medis.
Jika menstruasi belum kunjung datang padahal Anda telah berusia di atas 16 tahun, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Banyak hal yang bisa menjadi pemicu, diantaranya pola makan yang salah, masalah hormonal, banyak pikiran atau aktivitas berat. Sebab-sebab lainnya termasuk kelainan genetis, tumor indung telur, kegagalan ovarium, organ reproduksi yang tidak berkembang sebagaimana mestinya, ataupun masalah sistem saraf dan kelenjar pituitary, yang berfungsi melepaskan hormon pemicu pubertas.

Jika menstruasi Anda normal, kemudian si "merah" absen selama sebulan atau lebih, mungkin saja Anda sedang hamil. Jika kehamilan bukanlah penyebab, beberapa faktor lain meliputi :

* Menyusui
* Penggunaan pil kontrasepsi
* Menopause
* Stress
* Kurang nutrisi
* Depresi
* Penurunan atau justru kenaikan berat badan secara signifikan
* Aktivitas yang terlalu berat
* Sakit berkelanjutan
* Problem hormonal, termasuk kelainan tiroid dan syndrom polycystic ovary (PCOS )

Terkadang menstruasi yang absen selama 1 atau 2 bulan dalam setahun wajar terjadi. Jika bulan ini Anda absen menstruasi, kemungkinan bulan depan Anda akan mengalami menstruasi yang lebih banyak karena lapisan rahim yang seharusnya meluruh semakin menumpuk.
Jika menstruasi absen selama 2 bulan berturut-turut atau lebih, padahal Anda tidak hamil, Anda perlu ekstra waspada. Risiko kanker rahim meninggi karena kadar estrogen melimpah. Di sisi lain,jika menstruasi absen karena kekurangan estrogen, maka Anda berpotensi mengalami osteoporosis.

Menstruasi tidak teratur artinya ovulasi Anda tidak lancar. Tentunya hal itu mengganggu, terutama jika Anda sedang program untuk memiliki momongan.


BERCAK

Mengeluarkan sedikit darah di luar periode menstruasi (bercak/spotting) merupakan alarm, terutama bila berlangsung cukup lama, menghantui anak di bawah 10 tahun, calon ibu, ataupun perempuan pasca menopause.
Perdarahan bercak mengisyaratkan kadar progresteron tidak cukup banyak, atau dosis pil kontrasepsinya tidak sesuai.
Penyebab pendarahan vagina yang abnormal meliputi:
* Masalah kehamilan
* Ovulasi
* Perimenopause
* Penggunaan alat intraurine
* Menyusui
* Terlalu berat beraktivitas
* Ketidak-seimbangan hormon, baik yang dipicu oleh tiroid yang overaktif, ataupun diabetes.


PENDARAHAN PARAH, LAMA, DAN MENGGUMPAL


Perempuan yang kerap mengalami pendarahan ekstrem selama menstruasi berpotensi mengalami anemia karena defisit zat besi.
Terlepas dari itu,sebenarnya normal saja jika ada banyak darah atau gumpalan darah, yang keluar pada saat menstruasi sedang banyak-banyaknya, selama tidak terjadi untuk waktu yang berkepanjangan, pada saat hamil, ataupun diluar periode menstruasi.

Bila Anda ragu dengan banyak atau sedikitnya darah yang keluar ketika menstruasi, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter ahli. Beberapa pemicu yang umum di antaranya:
* Fibroid rahim
* Kanker rahim
* Obesitas
* Masalah kesuburan, seperti endometriosis
* Ketidak-seimbangan hormonal, termasuk PCOS atau kelainan tiroid
* Kelainan darah, misalnya penyakit von Willebrand's
* Konsumsi aspirin terlalu banyak
* Penggunaan pil kontrasepsi

Perdarahan ketika menstruasi yang tidak normal, salah satu penyebabnya adalah keganasan. Tetapi biasanya dokter tidak berpikir terlalu jauh, cari dulu yang jinak, haid itu tidak teratur, pusatnya di otak, kata Biran.

Bila perempuan sedang menghadapi masalah, stres atau sedang menghadapi ujian misalnya, maka menstruasi terganggu. Karena itu, yang pertama adalah mencari penyebab faktor psikis dahulu, setelah itu faktor fisik atau kelainan

Untuk memastikan apakah keganasan atau bukan, disarankan cek teratur dengan papsmear, pemeriksaan berkala untuk antisipasi keganasan.Meski begitu jangan anggap keganasan momok. Sebab, semuanya melalui proses. Keganasan rahim misalnya, asalnya infeksi. Jadi perempuan yang suaminya suka bawa 'oleh-oleh' besar kemungkinan kena keganasan, tapi setelah puluhan tahun, sekitar 10-20 tahun.


NYERI MENSTRUASI

Diperkirakan, sekitar 40% perempuan dewasa merasakan nyeri saat menstruasi, bahkan 10% di antaranya merasa begitu tidak berdaya.
Terbilang normal jika nyeri atau sensasi seolah dipukul-pukul terjadi di bagian perut bawah sesaat menjelang atau selama beberapa hari pertama menstruasi, karena saat itu rahim sedang berkonsentrasi mendorong jaringan-jaringannya agar luruh.

Tetapi, jika rasa sakit sangat tidak tertahan, dan terjadi untuk periode yang lama, hal itu mungkin merupakan pertanda gangguan lain, termasuk :
* Endometriosis
* Peradangan pelvis (panggul )
* Penggunaan IUD
* Fibroid dan polip rahim

Sakit menstruasi lumrah terjadi sekitar beberapa hari sebelum hingga beberapa hari pertama menstruasi. Terlepas dari itu, sudah terbilang tidak normal, dan patut diperiksa.
Biran mengatakan, nyeri menstruasi berhubungan erat dengan menstruasi itu sendiri. Salah satu solusi mengatasi nyeri, bisa dengan mengonsumsi pil KB, walaupun belum menikah.

Penyebab utama nyeri menstruasi secara pasti belum diketahui sampai detik ini. Diduga, hal itu karena endometrium mengeluarkan prostaglandin yang merangsang otot polos, kalau dikeluarkan akan berkontraksi.

" Tidak semua orang mengalami nyeri haid, karena toleransinya sangat individual"

Faktor risikonya antara lain makin muda usia menstruasi pertama kali, makin mungkin mengalami nyeri haid. Untuk mengurangi nyeri haid bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya olahraga teratur serta diet seimbang.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber: HealthToday

VITAMIN - E MEMPERLAMBAT KEPIKUNAN

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit neurodegeneratif. Penyakit yang ditemukan oleh Alois Alzheimer pada tahun 1907 itu merupakan penyebab kepikunan yang paling besar.
Penyandang penyakit Alzheimer pasti akan mengalami kepikunan. Namun, kepikunan itu ternyata dapat diperlambat dengan pemberian vitamin-E. Analisis data klinik yang disampaikan dalam pertemuan American Geriatric Society membuktikan hal tersebut.Pemberian vitamin-E bersama obat anti radang mampu menunda penurunan kemampuan mental dan fisik penyandang Alzheimer dalam waktu lama.

" Hasil studi sangat konsisten. Terbukti khasiat vitamin-E dalam memperlambat menurunnya fungsi tubuh dan kemampuan kognitif," kata Dr. Alireza Atri, yang aktif di Massachusetts General Hospital (MGH ), VA Bedford Medical Center, dan Harvard Medical School.
Disponsori oleh National Institute of Health, Atri dan koleganya melakukan riset terhadap 540 pasien yang sedang berobat di MGH Memory Disorders Unit.
Semua pasien memperoleh terapi standar yang biasa dipakai untuk pengobatan Alzheimer. Untuk memperkuat data klinis, sebanyak 208 pasien diberi vitamin-E tanpa obat anti inflamasi, 49 hanya minum obat anti radang tanpa vitamin-E dan sebanyak 177 pasien minum vitamin-E dan obat anti radang, serta 106 tidak minum keduanya.

Dosis harian vitamin-E adalah 20-2000 unit. Namun, mayoritas pasien diberi dosis yang lebih tinggi, yakni 800-1000 unit 2x sehari.

Setiap kinerja pasien yang terkait fungsi kognitif dan kemampuan mengerjakan aktivitas sehari-hari, misalnya memakai baju, makan, atau mandi dinilai setiap 6 bulan.
" Setelah rata-rata 3 tahun, ternyata ditemukan perlambatan penurunan fungsi tubuh pada pasien yang minum vitamin-E, kata salah seorang peneliti Michael R. Flaherty yang berasal dari University of New England College of Osteopathic Medicine di Biddeford, Maine, menambahkan bahwa manfaat vitamin-E bervariasi antara 'sedikit hingga sedang' namun terus meningkat sejalan dengan waktu.

Minum obat anti inflamasi berhubungan dengan hasil riset yang konsisten. Namun, pengaruhnya untuk mencegah menurunnya fungsi kognitif dalam jangka panjang hanya sedikit, kata Atri.
Meski demikian pada pasien yang minum vitamin-E dan obat anti radang, ada manfaat tambahan, yakni menunda penurunan semua fungsi tubuh secara rata-rata. Karena beberapa rise terdahulu memberi hasil yang kurang tegas, para peneliti menyimpulkan perlunya riset lanjutan untuk menilai resiko versus manfaat vitamin-E dan obat anti radang dalam jangka panjang.



Semoga bermanfaat, salam.....
Sumber:HealthyToday (update)

28 June 2009

SKOLIOSIS ( TULANG BELAKANG BENGKOK ) BISA MENYEBABKAN SAKIT JANTUNG



Jangan anggap sepele gangguan tulang belakang bengkok (skoliosis ). Bila dibiarkan, tidak mustahil tulang bengkok akan menjalar ke masalah jantung. Tidak hanya jantung, saluran nafas dan pencernaan pun kena imbasnya.

Tulang belakang bengkok akan memicu gangguan lain. Badan pun jadi miring. Biasanya, penderita skoliosis cepat kurus, karena ruangan di usus makin kecil. Ciri khas lainnya adalah tubuh lentur dan posturnya tinggi, kata seorang ahli bedah tulang dari RS International Bintaro( Dr. Luthfi Gatam, SpOT,FICS ).

Ada banyak penyebab tulang belakang bengkok, misalnya karena jatuh atau infeksi. Namun, penyebab yang tidak diketahui (idiopatik ) justru paling banyak.Dari hasil penelitian sekitar 650 orang penderita skoliosis terdapat sekitar 185 di antaranya adalah skoliosis idiopatik.

Perempuan wajib waspada terhadap kemungkinan skoliosis. Sebab, faktanya untuk skoliosis berat ( kemiringan lebih dari 20 derajat ), jumlah penderita perempuan jauh lebih banyak daripada laki-laki, dengan ratio 9:1. Untuk skoliosis derajat ringan, peluang perempuan dan laki-laki terkena sama besarnya.

Skoliosis adalah ketidaknormalan tulang belakang yang harus disandang orang seumur hidup. Meski tidak bisa disembuhkan ataupun dinormalkan, tapi dalam banyak kasus tidak membahayakan. Kalaupun dioperasi, tujuannya bukan menyembuhkan melainkan mencegah lebih parah.

Meski sebagian besar kasus skoliosis adalah idiopatik,namun ada beberapa kondisi yang bisa memperberat. Misalnya,kelainan saraf, keturunan, dan penyakit infeksi.
Untuk terapi ada banyak pilihan, non operatif (konservatif) maupun operatif.
Terapi konservatif misalnya, fisioterapi dan terapi documentation based care (DBC).
Terapi operatif antara lain scoliosis reconstruction.


JAGA TULANG BELAKANG


Selain skoliosis, tulang belakang juga rentan terhadap gangguan lain. Misalnya nyeri punggung yang menjadi penyakit langganan sekitar 80% orang pernah menderitanya. Masalah di tulang belakang sangat kompleks, karena melibatkan perubahan struktur, sistem sendi dan lainnya. Problem yang paling klasik adalah back pain, yang harus ditangani dengan baik agar tidak menurunkan produktivitas, kata seorang ahli rehabilitasi medik Ramsay Spine Center, Dr. Peni Kusumastuti,SpRM.

Karena itu dihimbau agar kesehatan tulang belakang dijaga. Caranya mudah yakni dengan hidup sehat, lakukan aktivitas dengan benar, hindari posisi duduk yang salah, serta jangan sampai otot dipaksa bekerja keras.



Semoga bermanfaat, salam....
Sumber: HealthToday

24 June 2009

CAIRAN PLUS VITAMIN EFEKTIF BUGARKAN TUBUH





Orang yang dehidrasi atau kekurangan cairan akan lebih cepat merasa lelah. Di saat seperti itu tubuh membutuhkan pengganti cairan yang hilang, plus vitamin dan mineral.
Meski tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah terbatas, jika kebutuhan itu diabaikan, akan mengganggu metabolisme karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.

Beberapa jenis vitamin yang bermanfaat untuk memelihara kebugaran di antaranya vitamin B kompleks ( B12, B3, B5, B6 ) dan vitamin C, serta mineral.
Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang larut dalam air. Yang termasuk vitamin B kompleks adalah vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), asam folat (folasin), Biotin dan B12. Anggota vitamin B kompleks yang memiliki persentase terbesar adalah B12.

Fungsi utama vitamin ini, yaitu memelihara kinerja sel-sel saraf dan sel-sel darah merah, sehingga secara tidak langsung dapat memulihkan kebugaran tubuh.

Vitamin B12 diperlukan dalam pembentukan materi genetik, yaitu DNA. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan selubung mielin (selubung sel saraf) dalam sistem detoksifikasi terhadap sianida rokok dan pangan, mencegah kanker, pertumbuhan normal, serta memperkuat daya ingat dan konsentrasi.

Vitamin B3 diperlukan tubuh untuk mengubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi tenaga. Vitamin B5 bermanfaat dalam membantu enzim selama proses transformasi hidrat arang dan lemak menjadi energi.

Vitamin B5 membantu sintesis acetycholine, kimia otak yang berperan dalam transmisi sinyal listrik antarsel saraf otak. Vitamin B5 penting bagi aktivitas kelenjar adrenal, terutama dalam proses pembentukan hormon pengendali stres dan gangguan emosi lain, sehingga dikenal sebagai vitamin antistres.

Vitamin B5 juga diperlukan dalam proses pembentukan sistem kekebalan tubuh, terutama menjaga kesehatan saraf otak.

Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu metabolisme protein dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Vitamin C adalah vitamin yang paling populer. Manfaatnya beragam seperti menjaga tubuh dari pengaruh radikal bebas yang menyebabkan tubuh cepat lelah dan gampang sakit. Vitamin C adalah sumber antioksidan alami.

Jika beragam vitamin ini diasup bersama cairan pengganti ion tubuh tentu lebih efektif dalam menjaga vitalitas tubuh.



Semoga bermanfaat, salam....
Sumber:GHS

23 June 2009

WASPADALAH, DIABETES MENGANCAM KAUM MUDA ASIA....!!!!

Penelitian terbaru di Journal of American Medical Association menyebutkan, wabah diabetes melitus adalah ancaman buat orang Asia. Ancaman itu lebih mengarah pada kaum muda. Penyebabnya, perubahan pola makan dari yang semula sehat ke makanan gaya Barat dan miskin gerak.

Diabetes adalah penyakit dengan ancaman komplikasi yang paling komplet. Jika sudah terserang, penderita hanya bisa mengendalikan penyakitnya dengan Gaya Hidup Sehat.
Bila tidak terkendali, sejumlah komplikasi bisa datang. Mulai dari serangan jantung, stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal, kebutaan, hingga ancaman amputasi anggota tubuh.Biaya pengobatan pun jadi lebih mahal.

Ancaman yang ditebar diabetes menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of American Medical Association ( JAMA ) sudah mencapai tingkat global. Penderita diabetes disebutkan dalam jurnal tersebut meroket dari 240 juta di tahun 2007 akan menjadi 380 juta di tahun 2025. Kabar buruknya, 60% dari jumlah tersebut berada di Asia.

Data dari International Diabetes Federation ( IDF ) menyebutkan, diabetesi (pengidap diabetes) di India diperkirakan meroket dari 40 juta orang menjadi mendekati 70 juta, sedangkan di Cina dari 39 juta menjadi 59 juta, di Bangladesh, diperkirakan juga meningkat dari 3,8 juta orang menjadi 7,4 juta orang.

Jangan buru-buru lega, jumlah diabetesi di Indonesia, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Negara Asia lainnya pun naik. IDF memperkirakan, di Tanah air pada tahun 2007 terdapat 2,8 juta diabetesi di usia 20-79 tahun. Tanpa kebijakan dan edukasi yang memadai, jumlah diabetesi di Indonesia bakal menyamai negara-negara Asia lainnya.

MAKAN JOR-JORAN


Kecenderungan peningkatan jumlah diabetesi di Asia itu diperkirakan karena gaya hidup. Asia, belakangan ini adalah kawasan yang mulai berkembang dan makmur. Stephen Cobett, professor School of Public Health dari University of Sidney mengatakan kawasan Asia mulai mengalami suplai makanan yang memadai dan mengadopsi gaya makan orang dari dunia Barat.

Selama ribuan tahun, kebanyakan orang Cina, Indonesia, India adalah petani subsisten atau petani yang penennya pas-pasan untuk menghidupi diri sendiri. Kekurangan pangan bisa terjadi selama berbulan-bulan dalam setahun. Dalam tempo kurang dari 50 tahun,orang Asia mengalami perubahan menu makanan dari "pas-pasan " menjadi "jor-joran" mengalami pola makan dunia Barat.Padahal orang Eropa mengalami evolusi selama 150-200 tahun untuk memiliki perubahan pola makan seperti ini.Dan, diabetes adalah hasil langsung dari perubahan pola makan itu.

Penemuan yang sangat mengejutkan dari penelitian yang diterbitkan JAMA itu adalah usia dan massa tubuh diabetesi di Asia.Di Benua Eropa Barat dan Amerika Utara, kegemukan sudah terbukti sebagai faktor utama yang menyebabkan datangnya penyakit diabetes tipe-2.

PERUT BUNCIT

Di Asia, kemajuan pembangunan ekonomi mendatangkan kemakmuran. Ini membuat orang Asia mengalami perubahan pola makan dan kegiatan. Hidup jadi lebih mudah sehingga tidak perlu berkeringat, sementara makanan melimpah.Kondisi ini menyebabkan perut orang Asia rata-rata buncit. Padahal, perut buncit itu cepat mendatangkan penyakit seperti diabetes. Lemak perut yang berlebihan berbahaya sebab menyimpan energi dan melepaskan zat kimia yang mengontrol metabolisme dan penggunaan insulin.

Menurut penelitian itu, orang Asia dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih rendah memang tidak segendut orang Amerika Utara. Namun, penelitian JAMA, menyebutkan bahwa dengan IMT lebih rendah orang Asia punya prevalensi sama atau bahkan lebih tinggi untuk menderita diabetes dibandingkan dengan orang di belahan dunia Barat.
Hal yang lebih mengagetkan lagi adalah kecenderungan usia diabetes di Asia. Di Eropa dan Amerika Utara, diabetes diderita orang usia 60-79 tahun. Di Asia kecenderungan diabetes diderita kalangan usia 20-50 tahun.


EFEK MANIS


Pola kunsumsi seperti apa yang membuat orang Asia rentan terkena diabetes? Belum ada penelitian yang secara spesifik bisa menjawabnya. Namun, pola makan serba instant dicurigai menjadi penyebabnya.
Mungkin konsumsi minuman sangat manis yang jadi teman makan ayam goreng dan kentang goreng di restoran cepat saji, patut dicurigai sebagai penyebab cepat buncit dan terserang penyakit diabetes.

Studi awal di Bloomberg School, AS,memproyeksikan bahwa 75% orang dewasa di negeri adidaya itu kelebihan berat badan atau obesitas karena konsumsi minuman manis. Akibat kegemukan itu,2/3 orang dewasa meningkat resikonya untuk mengidap diabetes tipe-2.
Sebuah penelitian pernah mencari hubungan antara konsumsi minuman dan perubahan berat badan.Hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition itu mengatakan berat badan cepat turun jika mengurangi konsumsi minuman manis berkalori. Minuman manis berdampak pada berat badan di antara 810 pria dan wanita yang diteliti di Baltimore, Baton Rouge, Durnham, dan Portland.
Di antara sejumlah minuman, jenis yang diberi pemanis adalah yang memiliki dampak signifikan pada perubahan berat badan. Penelitian kami mendukung rekomendasi kebijakan untuk mengurangi asupan kalori dalam bentuk cair.

Hasil penelitian itu secara spesifik menunjukkan pengurangan asupan kalori cair terkait dengan pengurangan berat badan sebesar 0,25 kg selama 6 bulan.dan 0,24 kg selam 18 bulan. Di antara minuman yang diberi pemanis, pengurangan sajian minuman sehari terkait dengan penurunan berat badan sebesar 0,5 kg selama 6 bulan dan 0,7 kg selama 18 bulan. Dari 9 jenis minuman yang diteliti, minuman yang diberi pemanis secara signifikan menunjukkan perubahan berat badan.

Studi soal minuman ringan manis ini meneliti 810 orang dewasa usia 25-79 tahun selama 18 bulan dan bersifat acak dengan intervesi perilaku.
Berat dan tinggi para objek penelitian diukur menggunakan timbangan dan alat ukur terkalibrasi.
Penelitian itu secara tegas merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi minuman berkalori, khususnya minuman manis.Perbanyaklah susu, sumber gizi yang dibutuhkan remaja untuk tumbuh. Susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral berupa zinc, kalsium, fosfor, magnesium,potasium.

Sadar akan bahaya minuman berkalori, bulan Maret 2006 Beverage Guidance Panel mengeluarkan sistem panduan konsumsi minuman, yaitu tidak boleh lebih dari 250 ml minuman soda manis,jus buah, atau minuman energi per hari.
Cara yang lebih mudah lagi menghindari minuman manis yaitu tidak perlu stok minuman manis di kulkas Anda.


Semoga bermanfaat,salam
Sumber: GHS

PIL TOMAT PENURUN KOLESTEROL




Para peneliti menyatakan suplemen alami yang dibuat dari tomat dan bisa dikonsumsi sehari-hari dapat menangkal penyakit jantung dan stroke. Pil tomat ini berisi bahan aktif dari diet mediteranian, yaitu likopen, yang bermanfaat menghambat oksidasi kolesterol jahat LDL, penyebab sumbatan pada arteri.

Ateronon, nama pil tersebut, dibuat oleh perusahaan bioteknologi milik Universitas Cambridge, telah diluncurkan sebagai suplemen makanan. Menurut para ahli, memang masih diperlukan percobaan lebih lanjut untuk melihat efektivitasnya.

Percobaan awal telah melibatkan 150 orang dengan indikasi penyakit jantung, dan ateronon dapat mengurangi oksidasi lemak jahat dalam darah menjadi hampir nol dalam delapan minggu. Demikian ungkap para ahli dalam pertemuan The British Cardiovascular Society di Inggris,seperti yang disiarkan situs BBC.

Ahli saraf Peter Kirkpatrick, yang akan memimpin penelitian lebih jauh di Rumah Sakit Addenbrooke, Cambridge Theranostics Ltd,mengatakan bahwa suplemen ini bisa lebih efektif ketimbang statin, obat penurun kolesterol yang selama ini direkomendasikan para dokter.

Prof. Peter Weissberg dari The British Heart Foundation mengingatkan masyarakat agar bersabar menunggu hasil penelitian klinis. Diperlukan waktu agak lama dan beberapa kali uji klinis untuk membuktikan keunggulannya.
Untuk para pasien penyakit jantung, atau yang beresiko tinggi lebih baik tetap minum obat dari dokter, dan bila ingin meraih manfaat dari diet mediteranian, konsumsilah banyak buah dan sayuran.

Menurut Prof. Anthony Leeds dari Lembaga Heart UK percobaan awal dari suplemen ini sangat menjanjikan. Produk likopen baru ini menunjukkan pendekatan baru terhadap penanganan kolesterol tinggi dan kemungkinannya sangat menggembirakan.
Likopen merupakan antioksidan yang ada dalam kulit tomat yang menyebabkan sayuran ini berwarna merah. Namun likopen bentuk segar ini masih berupa kristal yang sering diserap tubuh. Pil tomat ini berisi likopen dalam bentuk yang lebih mudah diserap tubuh.


Semoga bermanfaat, salam.....
Sumber:ghs

19 June 2009

OLAH RAGA SESUAI TIPE TUBUH

Tipe tubuh umumnya terbagi menjadi 3 :

* ENDOMORPHS: lemak menumpuk di bagian atas (bentuk apel ) atau bagian bawah ( bentuk pir )tubuh.

Kuncinya adalah memulai dengan latihan untuk membakar kalori, tetapi tidak membebani persendian tulang. Olahraga benturan tinggi, seperti tenis dan lompat tali sebaiknya diganti dengan jalan kaki atau bersepeda.

Untuk endos dengan payudara besar, bisa mengganti olahraga sepeda biasa dengan bersepeda yang dilakukan sambil berbaring, sehingga tidak harus terus membungkuk. Latihan beban ringan juga dianjurkan untuk menguatkan punggung bagian tengah hingga atas.


* ECTOMORPHS : Kurus dan rata, seperti tanpa lemak dan otot.

Latihan fisik untuk menambah berat badan bagi seorang ecto justru lebih berat dibanding latihan untuk menurunkan berat badan. Mereka ini harus banyak makan.
Tujuan olahraga untuk orang kurus, yakni meningkatkan massa otot atau tonus. Lari jarak jauh lebih dianjurkan untuk ecto ketimbang latihan kardio. Berenang juga bagus untuk membangun massa otot dan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis.


* MESOMORPHS: Atletis dengan massa otot tinggi dan sedikit lemak.

Latihan yang dapat mengontrol pernafasan dan postur tubuh, seperti yoga dan pilates,adalah yang terbaik untuk tipe meso.




Semoga bermanfaat, salam......
Sumber:ghs

KEBIASAAN YANG BIKIN SAKIT........

1. MENGGUNAKAN SPONS CUCI PIRING

Menurut Phillips Tierno,Ph.D, dari The New York University Langone Medical Center dan penulis buku The Secret Life of Germ, ruang paling kotor di rumah adalah dapur.
Daging mentah dapat membawa salmonella, E.coli,virus dan bakteri lain.

Umumnya orang memakai spons untuk mengelap meja dapur atau bak cuci piring yang sudah terkontaminasi kuman. Jika spons yang sudah jadi sarang E.coli dan bakteri ini dipakai untuk mengelap/membersihkan bagian lain, makin tersebarlah kumannya.

Solusi :

- Rendam spons dalam air yang dicampur cairan pemutih sebelum digunakan untuk mengelap.
- Setelah digunakan, keringkan spons supaya organisme mati.
- Panaskan spons dalam microwave selama 1-2 menit setiap minggu. Beri sedikit air pada piring, lalu letakkan spons, dan masukkan ke microwave. Air akan mendidih, lalu terserap ke spons dan dapat membasmi bakteri di dalamnya


2. MENGGUNAKAN VACUUM CLEANER

Banyak vacuum cleaner yang hanya mampu menangkap kotoran-kotoran yang besar, sedangkan partikel debu yang kecil bisa lolos lagi dari kantung vacuum lalu terbang ke udara.Tampaknya lantai bersih, tetapi bisa saja di udara beterbangan zat-zat yang akan memperburuk alergi, asma, atau mungkin mengandung logam berat, pestisida, timah, dan zat kimia lainnya.

Solusi :

Pilih vacuum cleaner yang dilengkapi penyaring HEPA (High Efficiency Particulate Air ) yang dapat mencegah partikel-partikel debu mencemari udara.


3. MEMAKAI BANTAL DAN KASUR

Rata-rata orang melepaskan 1,5 juta sel-sel kulit mati per jam dan hampir 1 liter keringat setiap hari, meskipun sedang istirahat.
" Akumulasi sel-sel kulit itu bisa menumpuk di bantal dan kasur, dan menjadi tempat subur bagi hidup tungau debu".

Dan kontaminan itulah yang Anda hirup selama tidur.

Solusi :

Bungkus kasur dan bantal dengan penutup kedap air, dan cuci seprei serta sarung bantal seminggu sekali dengan air panas (55-66 derajat Celcius ).


4. MEMBAKAR DAGING

Ketika lemak daging menetes ke api, lalu membubunglah asap, yang di dalamnya terbentuk komponen PAHS (Polycyclic Aromatic Hydrocarbons )dan HCAs ( Heterocyclic Amines). Memang daging jadi terasa lezat, tetapi zat itu dapat memicu kanker (karsinogenik).

Solusi :

- Pilih daging tanpa lemak
- Panaskan daging dalam microwave lebih dahulu untuk menyingkirkan lemak.
- Bungkus daging dengan kertas perak dan beri beberapa lubang supaya lemak bisa menetes keluar, tetapi hanya sedikit yang berbalik masuk ke dalam daging bakar.

5. DUDUK DI DEPAN TV

Kebiasaan ini membuat orang " trans " alias lupa diri. Mata terpaku di layar, mulut sibuk mengunyah kudapan tinggi kalori. Akibatnya terjadilah kelebihan berat badan bahkan obesitas, yang menambah resiko terkena penyakit jantung, artritis,kanker.

Solusi : Matikan TV, ayo jalan kaki/ berolahraga.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:ghs

AGAR VITAMINTERSERAP TUBUH DENGAN BAIK

Berikut ini cara mudah meningkatkan stamina tubuh agar vitamin terserap tubuh dengan baik:

1. Buat tujuan olahraga, apakah untuk meningkatkan energi, membangun otot atau meningkatkan kekuatan dan stamina. Diskusikan ini dengan pelatih di pusat kebugaran untuk menentukan jenis latihan yang akan dijalani.

2. Untuk yang berlatih sendiri, buat rencana latihan yang masuk akal dan mudah dilakukan. Untuk meningkatkan stamina, mulailah dengan jarak semampunya. Jika sudah cukup kuat, tingkatkan latihan sesuai dengan kemampuan.

3. Mulailah dengan jalan kaki. Jalan kaki memperbaiki efisiensi jantung dan paru-paru, meningkatkan energi, memperkuat otot kaki dan membantu agar tidur nyenyak di malam hari.

4. Jika mampu, tingkatkan dari jalan kaki menjadi lari. Jika punya masalah dengan lutut dan persendian, teruskan dengan latihan jalan kaki.

5. Coba naik sepeda jika senang mengendarai sepeda. Jika kita senang melakukan olahraga, ini akan meningkatkan kemungkinan latihan untuk berjalan terus dan tingkat energi serta stamina.

6. Berenang termasuk salah satu jenis olahraga low impact yang menguatkan seluruh tubuh sekaligus melatih jantung dengan baik.

7. Setelah biasa melakukan olahraga, segala sesuatunya jadi mudah dan Anda akan merasa lebih baik secara mental dan fisik. Agar stamina meningkat, tingkatkan lagi menuju level yang lebih tinggi.

8. Ambil jarak yang lebih jauh dan gerakkan kaki lebih cepat saat berjalan kaki. Lari atau naik sepeda 1 km lebih jauh. Berenanglah lebih jauh. Semua itu berguna untuk meguatkan tubuh dan stamina.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber:ghs

GEJALA AWAL STROKE, JANGANLAH DIABAIKAN !!

Ada sejumlah gejala dan tanda awal stroke yang mudah dikenali. Namun, karena tidak tahu, hal penting dan berharga itu sering diabaikan. Bila saja gejala dan tanda permulaan diwaspadai, stroke tidak perlu muncul.Apa saja yang perlu diwaspadai?

STROKE AWAL

Stroke terjadi bila aliran darah otak terganggu. Aliran darah otak terganggu bila pembuluh darah otak bermasalah. Sering karena sumbatan "karat lemak", sehingga aliran darah tidak lancar atau mungkin tersumbat.
Sebagian stroke terjadi sebab pecahnya suatu bagian pembuluh darah otak. Tergantung dibagian otak mana gangguan aliran pembuluh darah otak terjadi. Ibarat peta bumi, otak juga tersusun oleh daerah, provinsi, kotamadia, kabupaten, dan desa.

Gangguan aliran darah di wilayah "provinsi" yang akan langsung memunculkan serangan stroke. Bila baru menyerang wilayah "desa" stroke belum terlihat. Tidak tampak adanya gejala, tanda, dan keluhan yang mencerminkan adanya stroke. Kondisi ini baru diketahui bila dilakukan pencitraan otak dengan MRI ( Magnetic REsonance Imaging ).

Kini dengan makin canggihnya pencitraan otak, gangguan masih dini di wilayah "desa" sekalipun sudah bisa terlihat, meskipun belum ada keluhan dan gejala awal stroke, pencitraan CT-Scan mutakhir sudah dapat mendeteksi sekiranya ada gangguan otak. Makin banyak orang Amerika mengalami silent stroke
, yakni wilayah "desa" otak mengalami gangguan aliran darah meski belum memunculkan gejala, tanda, dan keluhan apapu.
Kasus Silent Stroke sama berharganya dengan gejala dan tanda permulaan stroke. Misalnya :Tuan Kus seorang yang berusia 59 tahun tiba-tiba suka menggaruk-garuk perutnya sendiri tanpa ia sadari,Pak Sur 54 tahun, mantan pejabat tiba-tiba tulisannya makin buruk, tidak terampil lagi mengancingkan baju, kesulitan memasang tali sepatu, tidak tangkas memakai sandal jepit. Dan itu sudah berlangsung selama setengah tahun tanpa ia hiraukan. Tidak menyadari kalau itu tanda awal stroke yang kini di deritanya. Andai saja ia tahu itu gejala awal stroke, tentu tidak perlu menderita stroke. Mestinya gejala dan tanda pendahuluan stroke dijadikan peringatan berharga. Artinya, masih cukup waktu untuk mencegah stroke tidak muncul.


PENCITRAAN OTAK BAGI YANG BERESIKO STROKE


Ada baiknya mereka yang menyimpan resiko bakal terserang stroke lebih dini melakukan pencitraan otak. Siapakah mereka? Yaitu pengidap darah tinggi, kencing manis, lemak darah tinggi ( hiperlipidemia), dan yang mewarisi keturunan penyakit metabolik lainnya, perokok dan memikul stres lama.

Pencitraan otak sebelum gejala, tanda, dan keluhan stroke permulaan muncul, sungguh bernilai emas. Hanya dengan cara demikian, potensi bakal munculnya stroke dapat digagalkan. Bila kedapatan sudah ada bagian otak yang mengalami gangguan aliran darah, tanda awal bakal terbentuknya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak, pasien masih punya kesempatan mengendalikan faktor resiko yang berpotensi stroke.
Kalau diri sendiri menginsafi mengidap darah tinggi dan dalam pencitraan otak sudah kedapatan gangguan di suatu wilayah otak tertentu, pengendalian darah tinggi harus lebih ketat. Begitu juga bila mengidap diabetes dan kolesterol tinggi.


JANGAN ABAIKAN STROKE RINGAN (TIA)

Kita mengenal apa yang disebut stroke ringan atau TIA ( Transient Ischaemic Attack ). Kasus tersebut terjadi bila sudah berlangsung gangguan aliran darah otak, meski belum sampai merusak jaringan otak (infarction), yang biasanya pulih sendiri sebelum 24 jam. Definisi baru TIA sekarang harus dilihat sebagai episode peralihan dari stroke awal menuju stroke sungguhan.

Kejadian TIA harus sangat diwaspadai sebagai permulaan bakal munculnya stroke sungguhan. Bagian otak tertentu sudah dan sedang mengalami gangguan ringan yang belum sampai merusak jaringan otak yagn dipasok darahnya.Bila faktor resiko yang membuat bagian otak tersebut mengalami gangguan tidak dikekang, proses kerusakan otak akan terus berlanjut menjadi bertambah buruk. Pada saat gangguan otak memburuk itulah serangan stroke itu muncul.

Sekali stroke sudah terjadi, hanya sepersepuluh saja peluang untuk bisa dipulihkan. Sebagian besar serangan stroke tidak bisa dipulihkan kembali gejala sisanya, itupun andai tidak sampai langsung merenggut nyawa. Kejadian stroke sehabis suatu serangan ringan (TIA) lebih cepat dari yang dikira selama ini. Sekitar 10-15% kasus TIA akan menjadi stroke sungguhan dalam 3 bulan kemudian (Dr. Donald Easton).


JIKA MUNCUL GEJALA YANG TIDAK BIASA


Selain gejala permulaan stroke seperti yang dialami contoh diatas, ada sejumlah gejala dan tanda lainnya yang harus diwaspadai. Gejala yang dialami Tuan Kus adalah bentuk epilepsi atau ayan, sebagai menifestasi ada bagian otak yang mengurus kendali pergerakan. Sementara yang dialami Pak Sur adalah gangguan aliran darah pada bagian otak yang mengurus ketangkasan atau fungsi luhur.

Banyak manifestasi dari gangguan fungsi otak yang mungkin muncul dalam gangguan pergerakan tubuh, ketangkasan, keterampilan, gaya berjalan, dan ketajaman penglihatan. Tiba-tiba penglihatan gelap sejenak juga jangan diabaikan (amourisi fugax) yang berarti terjadi gangguan aliran darah retina bolamata. Ini juga bisa tergolong gejala awal stroke.

Tuan Kus tidak punya warisan epilepsi, bila benar ada keturunan epilepsi tentu sudah sejak muda ayan itu muncul, bahkan sejak usia kanak-kanak gejalanya muncul.
Munculnya gejala epilepsi setelah usia lanjut harus menjadi petunjuk berharga awal sebuah serangan stroke sungguhan nantinya.
Bukan hanya epilepsi, kewaspadaan ditingkatkan pada mereka yang beresiko stroke yang dulunya tidak pernah susah tidur, tiba-tiba menjadi susah tidur. Yang tidak pernah migrain menjadi migrain. Yang tadinya tidak pernah limbung menjadi limbung kalau berjalan. Atau yang dulunya tidak vertigo atau pusing 7 keliling lalu muncul keluhan itu. Termasuk bila dulunya tidak pernah sering pusing atau nyeri kepala,menjadi sering begitu.

Pada intinya, bila muncul apapun gejala dan keluhan yang dianggap "tidak biasa" pada mereka yang menyimpan resiko terserang stroke, haruslah menjadi peringatan penting bakal muncul stroke sungguhan.Mengabaikannya akan berujung penyesalan. Invaliditas yang sebenarnya tidak perlu terjadi yang disisakan stroke, akan dipikul akibat gejala, tanda, dan keluhan permulaan stroke tidak diindahkan.

Hampir sebagian stroke sejatinya masih memungkinkan untuk dicegah. Memandang penting gejala permulaan stroke salah satu kiatnya. Dengan begitu sesungguhnya masih ada cukup waktu buat pasien untuk melakukan segala sesuatu dalam upaya membatalkan serangan strokenya.

Perlu diingat kembali, serangan sroke itu proses puluhan tahun yang sudah berlangsung sebelum serangan itu terjadi. Stroke terjadi sebagai ujung dari pengabaian semua faktor resiko terjadinya sroke selama puluhan tahun, jauh-jauh hari sebelum stroke terjadi.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber:ghs
Konsultasi:hnadesul@yahoo.com( Dr. Hendrawan Nadesul )

18 June 2009

KLEPTOMANIA

Sebagian besar masyarakat menempatkan kleptomania identik dengan tindakan mencuri, mengutil, atau apa pun sebutan lain yang setara. Orang dengan gangguan kleptomania disamakan dengan pencuri karena suka mengambil barang orang lain tanpa izin pemiliknya.

Ditinjau dari asal katanya, klepto memang berarti mencuri dan mania adalah dorongan yang terus menerus. Pengidap kleptomania selalu merasakan dorongan yang berlebihan dan terus menerus untuk mencuri. Jika niatnya tidak terwujud, pengidap kleptomania akan merasa tidak nyaman, gelisah, bahkan cemas, kata seorang psikolog.

Barang yang diambil oleh seorang kleptomania bukanlah yang bernilai tinggi, biasanya barang yang diambil barang kecil dan tidak berharga, atau setidaknya barang yang mereka anggap tidak berharga.Karena itulah mereka seringkali merasa tidak mencuri, padahal tindakan mengambil tanpa ijin yang dilakukan para kleptomania tetap saja masuk kategori mencuri.

Meski demikian, dihimbau agar masyarakat tidak menyamakan pengidap kleptomania dan pengutil dengan pencuri tulen. Tentu saja antara keduanya sangat berbeda. Pengidap kleptomania mencuri atas dorongan ingin mencuri yang berlebihan dan kadang tidak menyadari apa yang mereka lakukan, sedangkan pengutil melakukan pencurian atas dasar kebutuhan atau karena ingin memiliki suatu barang, tetapi tidak mampu membeli.


KURANG PERHATIAN

Sebutan kleptomania, hanya bisa ditujukan kepada anak usia sekolah dasar (SD) atau 10 tahun ke atas. Jika yang mengambil barang tanpa ijin itu anak usia 4 tahun, itu disebabkan pemahaman moral anak tersebut belum sempurna.
Anak di usia tersebut masih menganggap jika ia menginginkan sesuatu, tinggal ambil saja. Kondisi ini disebut self centered. Bila anak sudah memasuki bangku SD, apalagi usia remaja, barulah bisa disebut kleptomania.

Kleptomania umumnya disebabkan kurang harmonisnya hubungan seseorang dengan keluarga. Contohnya, anak kecil yang kurang mendapat perhatian atau kurang mendapat kontrol dari orangtuanya.
Latar belakang kehidupan keluarga yang harmonis sangat berpengaruh karena anak butuh di perhatikan dan dicintai, jika anak sampai merasa kehilangan cinta, ia bisa berubah menjadi sosok kleptomania.
Pengidap kleptomania seringkali menganggap tindakan mencuri yang dilakukan itu seperti mengambil dan menyimpan cinta atau kasih sayang yang hilang dari hidup mereka.

Hal ini pula yang membedakan pencuri sungguhan dengan kleptomania.Pencuri tulen akan menggunakan barang curiannya demi memenuhi kebutuhannya, sementara pengidap kleptomania lebih sering menyimpan barang curiannya. Bahkan, seringkali barang curian itu dibiarkan tergeletak begitu saja.


BISA SEMBUH SENDIRI

Hingga kini penyebab kleptomania belum diketahui secara pasti. Namun, belakangan para ahli mengaitkannya dengan gangguan obsesif kompulsif, gangguan mood, dan kondisi ketergantungan.

Para peneliti juga menyatakan bahwa kleptomania berkaitan dengan masalah pada zat kimia otak yang disebut serotin.Penelitian yang lebi lanjut masih diperlukan untuk menguak tabir kleptomania ini, sehingga bisa ditemukan terapi yang paling tepat. Jika dibiarkan, gangguan kleptomania bisa berlangsung hingga dewasa. Pada sebagian pengidap, kebiasaan ini bisa hilang perlahan-lahan seiring bertambahnya umur.

Bisa juga terjadi kondisi, si pengidap mulai menyadari bahwa tindakannya sama dengan mencuri, sehingga mulai mengontrol pikirannya agar berhenti mencuri.Kalau pengidap sudah menyadari perbuatannya itu salah, tetapi tidak bisa berhenti mencuri, sebaiknya meminta bantuan terapis (psikolog/psikiater). Terapi diberikan untuk mengubah sifat dan perilaku dengan cara memodifikasi pikiran.

Sebenarnya kleptomania bisa dicegah dengan memberikan perhatian yang cukup kepada anak. Tidak usah sampai di manja. Ini malah bisa membuat si anak manja ketika dewasa. Cukup dengan menciptakan suasana dan situasi anak merasa dicintai, diperhatikan, dan tidak sendirian.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber:ghs

HERPES DAN JUS PELAWAN HERPES

Seseorang yang pernah mengalami herpes ini mengaku rasanya sakit sekali dan tidak enak. Daerah yang sering diserang virus, baik jenis herpes HSV-1 (herves simpleks) maupun herpes HSV-2, sama-sama di daerah yang tidak mengenakkan. Biasanya disekitar bibir dan daerah kelamin.
Selain sakit, herpes dalam perkembangannya juga menimbulkan rasa seperti terbakar dan sangat gatal, sehingga cenderung di garuk. Dari sinilah infeksi biasanya muncul dan menimbulkan demam.

Celakanya, virus herpes yang telah memasuki tubuh tidak mau pergi. Mereka muncul jika dipicu oleh alergi, demam, menstruasi, stres, hubungan seks, dan lain-lain.
Karena itu, penting sekali menjaga agar herpes tetap diam pasif.
Selain menandai dan mengontrol pemicunya, sangat disarankan untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap prima, antara lain dengan minum jus.

Menurut seorang ahli nutrisi dan penulis buku jus, beberapa nutrisi yang penting bagi penderita herpes adalah betakaroten, vitamin C dan bioflavonoid, vitamin E, Zinc dan polifenol.

Betakaroten banyak terdapat dalam wortel, tomat merah, bayam, brokoli, mangga. Vitamin C yang baik untuk dijus adalah bayam, brokoli, kubis, stroberi,jeruk, dan pepaya. Adapun sumber biovlavonoid kita jumpai pada paprika, tomat,jeruk sitrus, kubis.

Sumber vitamin E yang cocok untuk dijus adalah bayam, wortel, tomat, dan asparagus. Sementara sumber zinc antara lain jahe,wortel,timun, bayam dan kubis.Anda dapat memilih kombinasi berbagai macam buah dan sayur seperti tersebut diatas, sesuai dengan selera dan ketersediaannya di rumah Anda.


JUS BAYAM WORTEL

Bahan: 1 ikat bayam, 3 buah tomat merah, 1 buah wortel besar, 1/6 buah nanas.
Cara : Cuci bersih semua bahan. Bayam dibuang akarnya, nanas dan wortel dikupas. Potong-potong semua bahan sesuai kebutuhan, gunakan juicer untuk mengambil sarinya. Tuang ke dalam gelas, siap dinikmati.


TOMAT PAPRIKA

Bahan: 3 buah tomat merah, 1 buah paprika, 1/4 bonggol kubis, 1/6 buah nanas
Cara : Cuci bersih semua bahan, nanas dikupas. Potong-potong sesuai kebutuhan, masukkan bergiliran ke dalam juicer, ambil sarinya. Tuang ke dalam gelas, siap dinikmati


TIMUN KEMANGI

Bahan: 2 buah timun ukuran sedang, 3 buah tomat merah, 1 buah wortel besar, 1 tangkai daun kemangi
Cara: Semua bahan dicuci bersih, wortel dikupas. Timun, tomat, wortel dipotong-potong seperlunya, masukkan ke dalam juicer. Tuang sarinya ke dalam gelas, tambahkan daun kemangi yang telah dicincang.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber:ghs

17 June 2009

WASPADAI POLISITEMIA VERA, DARAH MEMADAT LALU MENYUMBAT

Jumlah sel darah merah atau eritrosit manusia umumnya berkisar antara 4 hingga 6 juta per mikroliter darah. Jumlah ini yang terbanyak dibandingkan dengan sel darah lainnya. Namun, jumlah sel darah merah bisa melebihi batas normal. Kondisi ini dikenal dengan sebutan polisitemia vera.

Apapun yang ada di dalam tubuh kita, jika kurang maupun berlebih, mudah menyebabkan masalah. Demikian juga berlebihnya sel darah merah. Salah satu resikonya, bisa mencetuskan penggumpalan darah dan kemudian memicu penyumbatan pada jantung.

Banyak hal bisa menyebabkan polisitemia, antara lain faktor geografis. Orang yang tinggal di daerah dataran tinggi, yang memiliki kadar oksigen lebih rendah, cenderung memiliki eritrosit lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tinggal di daerah dataran rendah.

Faktor penyebab lain, bisa dari kebiasaan yang tidak sehat, misalnya merokok. Para perokok umumnya memiliki jumlah eritrosit lebih banyak daripada orang yang tidak merokok.

Kondisi ini disebabkan fungsi paru-paru yang rusak akibat rokok, sehingga darah harus memasok oksigen lebih banyak ke paru-paru. Akibatnya, jumlah sel darah merah yang bertugas sebagai pengantar oksigen akan meningkat guna memenuhi kebutuhan oksigen ke paru-paru.
Kenaikan jumlah sel darah merah yang disebabkan oleh faktor eksternal, seperti yang disebutkan di atas, tergolong sebagai polisitemia sekunder. Sementara lonjakan eritrosit yang disebabkan faktor internal disebut polisitemia primer.


KELAINAN GENETIK


Polisitemia inilah yang juga dikenal kalangan medis sebagai polisitemia vera. Kata "vera"diambil dari bahasa latin, yang artinya sejati. Ini untuk membedakannya dari keadaan atau penyakit lain yang juga bisa mengakibatkan peningkatan sel darah merah.

Polisitemia vera disebabkan kelainan genetik.Tubuh tidak memiliki gen untuk menghentikan pertumbuhan sel darah merah. Bisa jadi tubuh bahkan terus memerintahkan sel darah merah untuk terus berkembang. Penyebab pasti dari mutasi gen ini belum ditemukan.Kelainan genetik ini belum tentu diturunkan dari orangtua. Bisa saja terjadi kasus seorang anak terkena polisitemia vera, padahal orangtuanya tidak memiliki kelainan genetik tersebut.

Kasus polisitemia cukup banyak ditemukan di Indonesia. Polisitemia vera bisa menyerang pria atau wanita dari usia 20-40 tahun.
Untuk membedakan polisitemia vera dengan sekunder bisa dilakukan dengan mengukur kadar oksigen dalam darah arteri. Jika kadar oksigen rendah, artinya polisitemia sekunder.

Kadar eritripoietin (hormon yang merangsang pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang) dalam darah juga bisa diukur. Kadar eritripoietin yang sangat rendah biasanya ditemukan pada pengidap polisitemia vera.
Kadang penyakit seperti tumor di ginjal atau hati juga bisa menyebabkan kadar eritripoietin meningkat. Akibatnya, penderitanya bisa memiliki kadar eritripoietin tinggi dan menderita polisitemia sekunder.


BISA BERUJUNG STROKE


Kasus polisitemia vera jika dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan berbagai masalah. Jumlah eritrosit yang terlalu banyak bisa menyebabkan penggumpalan darah. Darah yang menggumpal ini akan susah mengalir atau bahkan menyumbat pembuluh darah. Jika saluran darah ke otak tersumbat, bisa berujung pada stroke.

Sebenarnya darah yang menggumpal ini bisa diencerkan dengan obat pengencer darah. Namun, dengan catatan, eritrosit yang berlebih harus dibuang terlebih dahulu.Percuma saja mengencerkan darah jika eritrosit masih berlebih.Terapi untuk membuang darah ini disebut dengan teknik plebotomi.Caranya darah disedot dari dalam tubuh, sama seperti sedang mendonorkan darah.
Bedanya, darah yang dibuang dengan alasan polisitemia vera tidak bisa didonorkan karena tidak memenuhi kriteria darah sehat.


MEMBUANG DARAH


Tidak ada tindakan operasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi polisitemia vera. Ini dikarenakan yang mengalami keabnormalan bukanlah satu organ tertentu,melainkan darah yang mengalir ke seluruh tubuh.
Tindakan operasi untuk mengoreksi sum-sum tulang belakang yang berperan sebagai pabrik pembuat darah juga tidak akan berguna.Yang mengalami keanehan genetik itu adalah darah, jadi gen tersebut tersimpan di darah, bukan di sum-sum tulang belakang.

Terapi yang diberikan kepada pasien polisitemia vera sebenarnya hanya bersifat menahan dan mengontrol eritrosit, sehingga pasien bisa terhindar dari komplikasi penyakit.Ini artinya pasien harus "membuang darah" seumur hidupnya.
Malah seringkali tehnik ini tidak mempan digunakan pada pasien. Pada kondisi ini, dokter bisa memberikan obat untuk mengurangi sel darah merah, seperti jenis hidroxiurea . Ini sebenarnya obat untuk kemoterapi.
Cara lain yang bisa ditempuh pasien adalah menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Penderita dianjurkan menjalani pola makan sehat dan cukup berolahraga untuk mengurangi berbagai resiko komplikasi akibat polisitemia vera.

KENALI GEJALA


Pada tahap awal, polisitemia vera biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, seiring dengan proses bertambah banyaknya sel darah merah, ada beberapa gejala yang bisa dikenali seperti :
* Sakit kepala
* Kepala serasa berputar
* Gatal-gatal, terutama ketika sedang mandi air panas
* Muncul tanda merah pada kulit
* Susah bernafas atau nafas pendek-pendek
* Susah bernafas, terutama ketika sedang dalam posisi berbaring
* Sakit pada dada
* Perasaan terbakar atau lemas dibagian tangan, kaki, atau lengan
* Perasaan kembung atau eneg di perut sebelah kiri atas
* Cepat lelah
* Susah bicara secara mendadak. Ini bisa jadi akibat pembuluh darah ke otak sudah tersumbat, sehingga mengakibatkan stroke.
*Penglihatan terganggu/ganda
* Gangguan keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh.
* Mengalami masalah ingatan

Berbagai gejala di atas bisa muncul secara sendiri-sendiri, bisa datang berbarengan. Apabila sudah mengalami gejala tersebut dalam waktu yang lama, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan rutin.


MEMBUAT LIMPA MENJADI BEKERJA DENGAN BERAT


Berbagai komplikasi penyakit yang bisa disebabkan polisitemia vera antara lain:

* Penggumpalan darah


Kelebihan sel darah merah bisa membuat darah lebih padat dari yang seharusnya. Darah yang lebih padat ini lama-lama aka menyumbat aliran darah ke seluruh tubuh. Darah yang bertambah padat dan penyumbatan pada aliran darah akan menimbulkan penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini bisa menjurus pada penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. Bisa juga berujung pada stroke dan masalah pada paru-paru.

* Membesarnya organ limpa (splenomegaly)

Fungsi organ limpa adalah membantu tubuh melawan infeksi dan menyaring materi yang tidak dibutuhkan tubuh seperti sel darah yang sudah mati atau rusak.Meningkatnya sel darah merah akibat polisitemia vera membuat jumlah darah ikut melonjak.Kondisi ini membuat limpa harus bekerja keras dari biasanya dan menyebabkan bentuknya membesar. Jika limpa terus bertambah besar tidak terkendali, organ ini harus di angkat.

* Masalah pada kulit
Polisitemia vera juga bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit, terutama setelah berendam atau mandi air panas. Pasien bisa saja mengalami sensasi aneh atau perasaan terbakar pada kulitnya, terutama kulit bagian lengan dan kaki. Ruam merah juga bisa timbul terutama di wajah, telapak, atau cuping telinga.

* Masalah lainnya akibat kelebihan eritrosit.

Komplikasi lainnya bisa meliputi peradangan pada bagian lambung, sendi dan menimbulkan batu asam urat di organ ginjal.

* Kelainan darah lain



Dalam beberapa kasus polisitemia vera menyebabkan penyakit lain yang berkaitan dengan darah. Terutama bila sel darah lain sudah terpengaruh hingga turut mengacau siklus dan jumlah darah dalam tubuh.MEski jarang terjadi, polisitemia juga bisa mencetuskan kanker darah atau leukimia.


SERING NAFAS DALAM DAN BATUK

PV merupakan salah satu tipe dari gangguan myeloproliferatif, dimana terjadi peningkatan kadar sel darah merah di dalam tubuh. Akibat dari kondisi itu, darah bisa memadat kemudian menggumpal dan menyumbat pembuluh arteri.
Pasien PV kebanyakan harus menjalani perawatan dalam jangka lama, untuk menurunkan jumlah sel darah merah dan mencegah komplikasi.

Sebagai tambahan terapi, sejumlah langkah ini bisa dilakukan untuk membantu mengurangi atau mencegah timbulnya gejala PV:

* Berhenti merokok atau mengunyah tembakau
* Menjaga keseimbangan aktivitas dan istirahat
* Hindari makanan kaya sodium atau garam. Makanan jenis ini menyebabkan retensi cairan dan akan memperburuk gejala
* Berolahraga teratur, pilih yang intensitasnya sedang misalnya jalan kaki.Olahraga akan membanut meningkatkan sirkulasi dan menjaga fungsi jantung.
* Konsumsi makanan sehat seimbang untuk menjaga berat badan tetap ideal.
* Minum banyak air putih
* Sering bernafas dalam dan batuk. Nafas dalam dan batuk dapat membantu menjaga saluran udara tetap terbuka dan mencegah infeksi.
* Mandi dengan air dingin, jika air hangat akan membuat kulit gatal-gatal
* Keringkan kulit segera setelah mandi
* Jangan menggaruk kulit
* Hindari bahan atau pakaian yang mudah mengiritasi kulit, misalnya penggunaan busana yang ketat bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit.
* Oleskan lotion untuk menjaga kelembaban kulit
* Lindungi tangan dan kaki dari cedera, panas, udara dingin, serta tekanan
* Jangan mengejan ketika buang air besar
* Lakukan peregangan untuk kaki dan pergelangan untuk mencegah terjadinya penggumpalan pada pembuluh di kaki
* Periksa kaki secara teratur dan konsultasikan ke dokter jika terdapat luka.



Semoga bermanfaat, salam....
Sumber:GHS

RAMBUT JAGUNG LURUHKAN BATU EMPEDU

Selama ini Anda mungkin mencari solusi alami untuk mengatasi masalah batu empedu. Bisa jadi rambut jagung adalah pilihannya. Pasalnya, sebagai terapi awal, rambut jagung ternyata memiliki potensi besar untuk meluruhkan batu empedu. Beberapa uji laboratorium telah menguatkan dugaan itu.

Batu empedu secara medis diartikan sebagai timbunan kristal di dalam saluran empedu. Komponen utama dari batu empedu adalah kolesterol, sebagian kecil lainnya terbentuk dari garam kalsium.
Cairan empedu mengandung sejumlah besar kolesterol yang biasanya berbentuk cairan. Jika cairan empedu menjadi jenuh karena kolesterol, kolesterol bisa tidak larut dan membentuk endapan di luar empedu.

Secara umum kasus ini banyak ditemukan pada wanita. Faktor resikonya antara lain usia lanjut, kegemukan, diet tinggi lemak, dan faktor keturunan.
Bila batu empedu secara tiba-tiba menyumbat saluran empedu, penderita akan merasakan nyeri di perut kanan atas atau di bawah bahu kanan.
Nyeri cenderung hilang-timbul dan dikenal sebagai nyeri kolik. Timbul secara perlahan dan mencapai puncaknya, kemudian berkurang secara bertahap.

Untuk mencegah gangguan ini tentu saja harus membatasi asupan kolesterol. Pasalnya, komposisi terbesar batu empedu adalah kolesterol. Jadi sebaiknya hindari makanan berkolesterol tinggi yang umumnya berasal dari lemak hewani.
Dalam tahap awal sebenarnya tidak perlu pengobatan karena nyeri yang hilang timbul bisa diatasi dengan menghindari atau mengurangi makanan berlemak. Sebagai terapi tambahan, juga bisa memanfaatkan khasiat air rebusan rambut jagung.

MENGANDUNG FLAVONOID


Rambut jagung, dalam kehidupan sehari-hari lebih dilihat sebagai limbah dari industri pangan maupun rumah tangga. Padahal, seperti diugkapkan oleh ahli tanaman obat, sebagian besar masyarakat sudah memanfaatkan air rebusan rambut jagung sebagai obat traditional untuk peluruh air seni dan penurun tekanan darah.

Penelitian mengenai kandungan kimia rambut jagung sayangnya masih terbatas dan belum banyak dipublikasi. Beberapa waktu lalu Fakultas Farmasi Institut Tehnologi Bandung mencoba menelaah kandungan kimia yang terdapat dalam rambut jagung.
Dari percobaan ekstraksi simplisia rambut jagung ditemukan adanya kandungan flavonoid yang bermanfaat sebagai peluruh batu empedu.

Penelitian yang hampir sama juga dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, dalam uji laboratorium dengan cara memberikan infus berupa ekstrak rambut jagung kepada tikus percobaan. Hasilnya, kristal urat sebagai salah satu penyebab batu ginjal pada tikus tersebut ternyata berkurang.
Hasil ini memberikan gambaran positif akan potensi rambut jagung sebagai peluruh batu empedu tahap awal.

MANFAAT AIR REBUSAN RAMBUT JAGUNG

Manfaat air rebusan rambut jagung ini telah dirasakan oleh beberapa penderita yang mengidap gangguan batu empedu. Yaitu dengan cara merebus rambut jagung dengan air secukupnya, setelah dingin saring lalu minum.Setelah sebulan rutin minum ramuan ini, keluhan nyeri yang biasanya muncul 2x seminggu pada pasien itu semakin berkurang.
Yang harus dipahami, ramuan ini sifatnya hanya terapi tambahan dan bermanfaat untuk stadium awal.

PILIH RAMBUT DALAM


Penjelasan serupa juga disampaikan oleh Dr.Setiawan, sebagai terapi tambahan, rambut jagung memang efektif untuk meredam gangguan batu empedu tahap awal. Bahkan sangat dianjurkan dikonsumsi sebagai ramuan pencegah. Artinya, untuk batu empedu yang sudah stadium lanjut tentu harus dilakukan tindakan medis.
Meski begitu, untuk ramuan sebaiknya pilih rambut jagung yang masih segar. Maksudnya pilih jagung yang segar dan ambil rambut jagung bagian dalam yang masih terbungkus oleh pelepah jagung. Jadi bukan dari luar, karena rambut jagung bagian dalam jauh lebih bersih dan banyak mengandung zat yang bermanfaat.
Sifat alami rambut jagung adalah dingin dan diuretik, karena itu selain dapat meluruhkan batu empedu, secara empiris juga biasa digunakan untuk menurunkan panas dalam.

CARA MERAMU RAMBUT JAGUNG



Gerakan Go Green telah merangsang banyak orang untuk memanfaatkan sampah atau limbah yang semula dianggap sama sekali tidak berguna. Rambut jagung ternyata menyimpan manfaat bagi kesehatan.
Anda bisa mengambil untung dari limbah ini dengan cara meramunya seperti berikut:

Peluruh Batu Empedu

Siapkan 30 gr rambut jagung, rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, saring airnya, lalu dinginkan.Saring kembali, dan setelah dingin dapat diminum. minum ramuan ini sehari 1x.

Pereda Panas Dalam


Siapkan 30-40 gr rambut jagung dan irisan daun pandan. Rambut jagung dan daun pandan direbus dengan air secukupnya, setelah dingin, saring, lalu diminum.


Peluruh Kencing

Siapkan 30-50 gr rambut jagung dan satu rimpang jahe ukuran sedang. rebus bahan-bahan dengan air secukupnya. Setelah dingin, saring. Boleh ditambah madu.


Catatan : Untuk mendapatkan manfaat maksimal, gunakan rambut jagung bagian dalam yagn terbungkus pelepah jagung. Sebaiknya pilih rambut jagung muda.





Semoga bermanfaat, salam...
Sumber:GHS

16 June 2009

VAGINA YANG " BECEK" PENYEBABNYA BISA KARENA INFEKSI DI MULUT RAHIM

"Becek/terlalu berlebih" pada vagina sering menjadi permasalahan kaum hawa/wanita. Hati-hati saja, pasalnya cairan vagina yang terlalu berlebih pada vagina membuat pasangan tidak merasakan kenikmatan apapun saat penetrasi. Akibatnya, gairah pasangan bisa melorot. Ujung-ujungnya suami Anda pun malas mengajak Anda berhubungan intim lagi.Nah, sebelum masalah tersebut menimpa Anda sebaiknya Anda mengambil langkah pencegahan.

Cairan ( lendir) yang keluar dari liang vagina atau sekret adalah hal normal yang dialami setiap wanita setiap kali terangsang secara seksual, hanya saja bentuknya encer dan jernih.Lendir vagina diperlukan untuk memastikan vagina dalam keadaan yang optimal saat penetrasi berlangsung.

Kadar lendir vagina yang normal, tidak bisa ditentukan berapa cc-nya, yang penting jumlahnya tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu sedikit.Masalahnya jika lendir vagina yang keluar ini jumlahnya berlebihan, maka akan mengganggu kenikmatan dalam berhubungan intim." Suami bisa tidak merasakan apa-apa, karena setiap penetrasi Mr. P nya terpeleset terus karena banyaknya cairan yang keluar." Hal ini bisa membuat gairah pasangan " melorot/menurun."

Untuk mengetahui "becek" ini biasanya dilihat dari adanya "bekas" dicelana dalamnya, yang umumnya berbekas seperti "plak." Untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan, karena dikhawatirkan penyebabnya karena adanya luka di mulut rahimnya. Luka ini akan menyebabkan tubuh bereaksi untuk mengeluarkan cairan secara berlebihan.

PENYEBAB "BECEK"

1. Adanya Infeksi Pada Vagina, karena pengaruh masuknya kuman atau jamur. " Infeksi ini biasanya menyebabkan keluarnya cairan keputihan, yang jika bercampur dengan lubrikasi hasilnya sangat banyak."

2. Wanita tersebut punya "bakat" untuk mengeluarkan cairan berlebih dari tubuhnya, terutama orang yang bertubuh gemuk.

3. Pemakaian celana jeans yang terlalu ketat sehingga terjadi peningkatan suhu dari vagina.

4. Tingginya hormon estrogen,sehingga menyebabkan tingginya produksi cairan dari vagina.

5. Kondisi kesehatan umum, yang ikut mempengaruhi.


MENGATASI "BECEK"


Kalau memang sekret itu terjadi karena infeksi, maka pengobatannya dilakukan dengan memberikan antibiotik yang sesuai dengan penyebabnya. Sebaliknya, jika penyebabnya karena "bakat" memang agak susah untuk disembuhkan.Bukannya tidak bisa, hanya agak sulit, maka dianjurkan untuk sering membasuh vagina-nya.
Untuk membasuh vagina cukup menggunakan air bersih. Pemakaian sabun dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi.

Sementara, untuk menghindari terjadinya peningkatan suhu pada vagina, disarankan untuk menghindari pemakaian celana yang terlalu ketat. Disarankan untuk berganti celana dalam sesering mungkin.


TONGKAT MADURA AMPUH MENGURANGI "BECEK"

Tongkat madura adalah jamu traditional yang terbuat dari bahan akar rumput terpilih yang telah diolah dalam bentuk tongkat seukuran cerutu. Khasiatnya menarik lendir berlebih pada vagina.
Penggunaannya sangat sederhana. Anda cukup memasukkan tongkat ke dalam vagina. Setelah 2 menit, tongkat madura dicabut dari vagina. Untuk memberikan efek maksimal, dianjurkan untuk melakukan ritual ini sesaat sebelum berhubungan intim.
Dampaknya bisa menyebabkan vagina lebih 'kering' dan ketat saat berhubungan intim dengan suami. Anda bisa mendapatkan tongkat madura di toko-toko obat traditional dan apotik.


GAYA BERHUBUNGAN INTIM "SIDE ON SIDE" COCOK UNTUK SI "BECEK"


Jika penyebab"becek" di vagina karena dari sananya,memang sulit untuk disembuhkan. Tapi, Anda jangan berkecil hati dulu bahwa Anda tidak bisa berhubungan intim dengan nikmat bersama pasangan.
Ada beberapa gaya berhubungan intim yang pas untuk Anda yang berbakat "becek", bahkan tetap bisa melambungkan Anda dan Suami ke langit ke tujuh.Seperti yang dijelaskan oleh pakar andrologi dan fertilitas , sebenarnya gaya berhubungan intim apapun tidak masalah selama wanita mematuhi kode etiknya. Prinsipnya, bahwa wanita harus berinisiatif menyediakan selembar handuk sebagai washlap untuk membersihkan/mengelap cairan sekret yang keluar dari vagina.

Untuk melengkapi hangatnya hubungan intim Anda dan pasangan, tidak ada salahnya mencoba gaya bercinta side on side alias berhadapan.Karena gaya ini dianggap memungkinkan wanita untuk segera mengelap lendir yang terlalu banyak keluar saat bercinta.





Note : Sebelumnya, maaf bila ada kalimat atau kata-kata ("becek") yang kurang pantas disini...bukan bermaksud melecehkan sesama kaum,namun diambil dari kata-kata yang lazim dipakai di dunia medis dan seksologi semata.

Semoga bermanfaat,salam.......
Sumber:My health, info kecantikan

MENGGEMUKKAN TUBUH YANG TERLALU KURUS

Ada beberapa sebab mengapa tubuh terlalu kurus, salah satunya adalah asupan makanan dengan aktivitas yang dilakukan tidak seimbang. Bisa juga, berat badan tidak naik atau turun karena asupan makanan yang sudah seimbang. Jika demikian, seperti yang orang kebanyakan bilang, bahwa Anda sudah berbakat kurus.

Jika Anda mau meningkatkan berat badan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

* Makanan yang diasup juga berpengaruh.

Misalnya, mengonsumsi makanan-makanan yang berminyak atau gorengan akan memperpanjang waktu makanan tersebut di dalam lambung atau usus. Hal ini secara tidak langsung akan memperpanjang waktu masa tidak lapar. Kalau mau cepat lapar maka mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat, yang manis atau bergula. Tetapi jangan terlalu berlebihan.

* Jadwal makan



Jadwal makan harus 3x sehari, lalu bisa ditambah 2x selingan di antara waktu makan, misalnya pkul 10.00 pagi atau pukul 15.00-16.00. Asupan makanan juga dibagi menjadi 3 bagian, yaitu makanan pembuka, hidangan utama, dan penutup.Makanan pembuka adalah makanan yang dapat membangkitkan nafsu makan, yaitu makanan yang manis seperti muffin.

* Jenis Makanan

Untuk jenis makanannya, harus meningkatkan konsumsi vitamin B, yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengonsumsi sayur yang banyak dapat meningkatkan nafsu makan.

* Olahraga

Meski demikian, apa yang dikonsumsi juga harus diperhatikan agar tidak terjadi kenaikan lemak di dalam tubuh ketika berat badan Anda naik. Yang baik adalah massa protein tubuh, yaitu otot. Dengan berolahraga maka bisa meningkatkan nafsu makan. Olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga beban atau weight training.





Semoga bermanfaat, salam....
Sumber:info gizi&kecantikan

MENGATASI VARISES

Varises adalah pelebaran pembuluh darah balik (vena) yang diakibatkan bendungan atau berkurangnya tonus otot dan lemahnya katup dalam vena.Penyebabnya dapat akibat bendungan misalnya varises pada ibu hamil, varises esofagus (saluran makanan sebelum lambung ) dan yang sering juga adalah varises di daerah pembuluh darah sekitar anus wasir ). Kalau yang disebabkan tekanan atau bendungan dapat hilang atau berkurang setelah bendungan itu hilang.

Pada ibu hamil, selain tekanan rahim diperkirakan ada faktor hormonal. Genetik juga mempengaruhi seseorang mengalami masalah varises. Untuk mengatasinya, kalau varisesnya tersebut kecil-kecil bisa dengan pemberian suntikan sclerotic agent . Suntikan ini mengandung zat-zat yang membekukan darah dengan segera, sclerotic agent tersebut langsung disuntikkan langsung ke daerah varises tersebut, sehingga pembuluh darah vena tidak melebar lagi. Dalam 2-4 minggu biasanya varises tidak akan kelihatan lagi.

Sementara untuk tindakan prefentifnya agar pembuluh vena tidak melebar terlalu besar, bisa digunakan stoking khusus sehingga pembuluh vena tersebut tidak melebar ke bagian yang lain. Stoking khusus tersebut berfungsi untuk mencegah varises dengan cara menekan seluruh permukaan kaki, pembuluh darah vena yang menonjol ditekan ke dalam, sehingga melancarkan kembali aliran darah.

6 Tips mencegah varises :

1. Olahraga secara teratur
2. Mempertahankan berat badan di kisaran normal
3. Jangan terlalu sering menggunakan sepatu bertumit tinggi karena akan menyebabkan beban kaki jadi lebih berat.
4. Hindari duduk lama sambil menyilangkan kaki. Posisi itu akan menyebabkan aliran darah terhambat.
5. Meninggikan kaki secara teratur untuk membantu pembuluh darah balik/vena agar tidak bekerja terlalu berat.
6. Jalan-jalan dianjurkan, tapi duduk serta berdiri dalam waktu yang lama harus dihindari.



Semoga bermanfaat, salam...
sumber:info kecantikan- HeALTHtODAY

MENGATASI KULIT SENSITIF

Kulit sensitif disebabkan faktor keturunan. Yang mendasari biasanya faktor dermatitis atopik.Dermatitis atopik adalah suatu peradangan menahun pada lapisan atas kulit yang menyebabkan rasa gatal. D.A sering terjadi pada penderita rinitis alergika atau penderita asma dan pada orang-orang yang anggota keluarganya ada yang menderita rinitis alergika/asma. Penderita dermatitis atopik biasanya juga memiliki penyakit alergi lainnya.

Hubungan antara dermatitis dan penyakit alergi tersebut tidak jelas, beberapa penderita memiliki kecenderungan yang sifatnya diturunkan untuk menghasilkan antibodi secara berlebihan (misalnya immunoglobulin E) sebagai respon terhadap sejumlah rangsangan yang berbeda

Orang yang memiliki dermatitis atopik tersebut memang biasanya sensitif terhadap gigitan nyamu, debu dan terhadap penyakit-penyakit kulit yang lainnya dan cenderung berbekas.
Cara mengatasinya biasanya diobati terlebih dahulu penyakit yang mendasarinya. Misalnya dengan mengobati atau mengontrol alergi atau gatalnya. Apabila sudah tidak ada keluhan dengan gatalnya, baru diobati bekas-bekasnya.

Dengan menggunakan, mechanical peeling atau chemical peeling. Pengelupasan kulit dengan menggunakan bahan kimia yang dioleskan pada kulit. Bahan ini akan mengeringkan lapisan terluar kulit.



Semoga bermanfaat, salam.
Sumber: info & konsultasi kecantikan

14 June 2009

MAKANAN-MAKANAN PENGGUGAH GAIRAH PASANGAN SUAMI ISTRI

Libido atau gairah seksual padam? Tentu Anda dan pasangan tidak ingin bukan? Bagi pasangan suami istri (pasutri), gairah seksual harus tetap dijaga agar selalu menyala-nyala. Tapi terkadang stres, lelah bekerja, ataupun penyakit tertentu membuat gairah seksual Anda atau pasangan meredup, bahkan padam. Makanan-makanan tertentu seperti daging kambing, cokelat, kopi, dan alpukat disebut-sebut bisa membangkitkan gairah seksual. Anda dan pasangan pun greng saat di ranjang.Benarkah demikian? Mari kita simak artikel yang saya dapatkan ini...

GAIRAH MENURUN

Yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan gairah seksual adalah faktor organik (fisik) seperti kebugaran tubuh, kondisi hormon, serta faktor psikogenik (psikis). Jika fisik dan hormon tidak baik, maka akan mempengaruhi libido seksual seseorang. Begitu pula jika perkembangan psikologinya tidak baik, misalnya ada sugesti buruk tentang seks dan pengalaman seks yang buruk, maka bisa mengganggu gairah seksualnya.

Stres, kecapekan, kurangnya inisiatif dari pasangan, penampilan pasangan, dan suasana dalam bercinta mempengaruhi gairah seksual. Kebanyakan pasangan yang telah menikah, menurunnya gairah seksual karena stres.Gairah seksual sangat berhubungan dengan vitalitas atau kebugaran, dipengaruhi juga oleh aliran darah yang lancar.


CARA MENGATASI

Jika gairah seksual menurun, harus dicari penyebabnya apakah karena konsumsi makanan yang salah, ataupun karena suatu penyakit. Semua problem seksual pasti disertai masalah psikogenik, sehingga harus diberi supporting therapy agar tetap percaya diri.

Selama ini ada 3 jenis obat-obatan dari sisi kedokteran yang bisa meningkatkan libido:
1. Sekstonik, tidak perlu resep dokter karena biasanya berasal dari herbal, sehingga aman dikonsumsi kapan pun.
2. Erektogenik, yaitu obat-obatan yang bertujuan meningkatkan ereksi. Konsumsi obat ini harus menggunakan resep dokter.
3. Aerogenik,yaitu jenis obat-obatan yang digunakan untuk meningkatkan gairah. Untuk mengonsumsi obat ini harus menggunakan resep dokter.


Sementara dari sisi psikis, untuk mengatasi gairah seksual yang menurun harus dicari solusi pemecahan sesuai penyebab pemicu gairah yang menurun tadi.

Berikut penjelasan dr Boyke:

1. STRES

Jika penurunan gairah seksual karena stres, maka Anda bisa membantu pasangan untuk menanggulangi masalah penyebab stresnya. Buatlah pasangan Anda rileks begitu memasuki kamar, buatlah dia sebagai raja agar bisa sekejab melupakan masalah yang dialaminya.

2. KURANG INISIATIF DALAM BERCINTA

Kurang inisiatif dalam bercinta bisa membuat pasangan Anda bosan, sehingga gairahnya menurun. Untuk itu, Anda dituntut untuk selalu kreatif dalam melakukan percintaan di ranjang. Kreatifitas yang timbul bisa membuat Anda dan suami selalu bergairah.

3. PENAMPILAN PASANGAN

Penampilan juga mempengaruhi gairah pasangan, karena itu dianjurkan agar wanita selalu menjaga tubuhnya. Tubuh yang mulus, bersih, dan terawat membuat pasangan ingin selalu bercinta dengan Anda.


MAKAN PEMBANGKIT GAIRAH

Sementara itu, beberapa makanan diklaim bisa membangkitkan gairah seksual, istilahnya afrodisiak. Nutrisi yang tepat dari makanan-makanan afrodisiak ini mampu membuat Anda dan pasangan greng saat di ranjang.
Menurut pakar kuliner Budi Sutomo, bahan makanan tertentu ternyata mengandung senyawa afrodisiak, seperti tanin, alkoloid dan saponin.Senyawa ini secara fisiologis dapat melancarkan peredaran darah pada sistem saraf pusat atau sirkulasi darah ke alat vital pria menjadi lancar dan dapat berfungsi maksimal.

Berikut makanan-makanan yang dianggap bisa membangkitkan gairah seksual :

1. DAGING KAMBING

Mengonsumsi daging kambing bagi sebagian orang bisa memacu aliran darah dan meningkatkan kesensitifan otak dalam menangkap rangsangan. Daging kambing mengandung zat afrodisiak yang mampu menstimulasi otak sehingga bisa meningkatkan gairah seksual pria.
Dilihat dari segi farmakologi, daging kambing mengandung senyawa mirip hormon seks pria sehingga bisa meningkatkan potensi seksual kaum pria.
Kandungan protein dan seng yang terdapat dalam daging kambing merupakan bahan baku sperma. Dengan konsumsi daging kambing maka produksi sperma lancar.Daging kambing juga kaya lemak sebagai sumber energi sehingga tubuh tidak terasa lemas.

Mengonsumsi daging kambing tidak meningkatkan gairah seksual secara langsung. Daging kambing mengandung protein, yang bila dicerna tubuh dapat menyebabkan peningkatan metabolisme dan melepaskan energi lebih tinggi. Metabolisme adalah pembakaran bahan-bahan makanan yang berefek pada tubuh menjadi terasa lebih panas.Hal ini dapat membuat seseorang lebih bergairah karena panas membuat aliran darah lebih terbuka. Karena itu sering disebut meningkatkan gairah, padahal sebenarnya membuat tubuh terasa panas.

2. COKELAT

Cokelat mengandung zat theobromine (alkaloid) yang berkhasiat sama dengan kafein pada kopi.Zat ini bisa membuat pria dan wanita berdebar-debar dan lebih bergairah dalam bercinta. Cokelat juga mengandung bahan kimia phenylethilamin yang meneruskan rangsangan seksual kepada neurotransmitter di otak.
Phenylethilamin adalah senyawa kimia yang dapat membuat perasaan senang bagi penyantapnya. Cokelat juga membuat perasaan senang selama bercinta sebelum menyantapnya. Jadi makanlah cokelat sebelum memulai permainan.
Cokelat juga mengandung asam amino, yaitu arginin. Efeknya adalah melebarkan pembuluh darah di berbagai area, terutama di alat kelamin, serta aliran darah pun menjadi lancar. Untuk pria, tanpa aliran darah yang bagus ke alat kelamin, maka tidak bisa ereksi.

Tapi cokelat yang dianjurkan dikonsumsi, bukan cokelat biasa, tetapi dark chocholate yang kandungan cokelatnya 99% (cokelat murni).
Cokelat juga melepaskan dan mempengaruhi sistem neurotransmitter di otak, sehingga jadi rangsangan, impulsnya akan lebih mudah dijalarkan dan diterjemahkan oleh otak. Disebut juga penghantar saraf atau sistem serotinin. Sistem ini yang berpengaruh dalam mengantarkan impuls tersebut.

3. KOPI

Kafein yang terkandung dalam kopi mampu melancarkan peredaran darah, menambah energi, dan menaikkan gairah seks orang yang mengonsumsinya. Kopi dapat menstimulasi fungsi berbagai organ tubuh, termasuk otak yang berperan menangkap dan meneruskan rangsangan seksual.
Kopi mengandung stimulan atau sesuatu yang merangsang. Karena itu saat mengonsumsi kopi, seseorang yang tadinya mengantuk menjadi segar kembali. Gairah akan timbul jika tubuh fit. Jika tubuh loyo tentu tidak akan bergairah.
Kopi juga mengandung dekafein yang bisa membuat sperma lebih subur dan merangsang kesuburan para pria. Karena itu pria yang mengonsumsi kopi secara rutin setiap harinya, memiliki kualitas sperma yang jauh lebih sehat dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi.


4. ALPUKAT

Alpukat mengandung vitamin B6 yang mampu meningkatkan produksi hormon kaum pria. Alpukat juga mengandung zat pottasium yang berguna membantu mengatur tiroid wanita. Sehingga buah ini sangat bermanfaat bagi Anda berdua untuk meningkatkan libido pria dan wanita, serta meningkatkan stamina seks.
Alpukat juga mengandung lemak, betakaroten, klorofil, serta vitamin E dan B kompleks.
Kandungan lainnya adalah kandungan asam folat yang bisa melancarkan metabolisme protein dan menaikkan energi tubuh.



5. TIRAM



Tiram dan makanan laut lainnya kaya akan protein dan seng (zinc)yang berperan penting dalam proses pembentukan hormon-hormon seksual. Karena itu, tiram atau kerang dapat meningkatkan potensi seks pria dan produksi sperma. Efeknya memang tidak langsung meningkatkan gairah. Namun bila dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menimbulkan efek afrodisiak.
Dari penelitian, dengan mengonsumsi 40 tiram terjadi peningkatan gairah.


6. REMPAH-REMPAH


Rempah-rempah seperti lada, ketumbar, bawang putih dan bawang merah secara tidak langsung memberikan efek afrodisiak. tapi, dengan sering mengonsumsi rempah-rempah ini akan memberikan efek afrodisiak.Daging kambing jika hanya diolah menjadi sate kambing dan dibumbui cabe dan merica maka khasiatnya akan lebih terasa. Karena sesungguhnya rempah-rempah itulah yang memberikan khasiatnya, bukan dagingnya.
Sementara zat yang terdapat dalam bawang putih, dapat melenturkan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol sehingga pembuluh darah ke otak dan alat vital semakin lentur.

7 GINSENG


Ginseng berkhasiat untuk memperbaiki fungsi metabolisme tubuh, memiliki efek pembentukan testoteron sehingga bisa digunakan sebagai afrodisiak.

8. JAHE

Jahe mengandung sineol yang dapat mencegah ejakulasi dini, merangsang ereksi dan melancarkan peredaran dara.Jahe bisa membuka jalan darah, besar dan kecil, sampai ke genital.

9. LENGKUAS (LAOS)




Seperti jahe, lengkuas juga bisa membuka jalan darah dan membuat perut tetap hangat.

10 SELEDRI

Mengandung zat apigenin
yang dapat merangsang ereksi dan mencegah pengentalan darah, serta membantu relaksasi otot polos.


11. PARE

Biji pare mangandung zat momordisin yang dapat membantu mengatasi gangguan impotensi.

12. PISANG


Buah pisang mengandung enzim bromelain sehingga dapat memperbaiki libido pria. Pisang juga kaya vitamin B, potasium dan kalium yang dapat meningkatkan energi.

13. TERONG UNGU

Terong mengandung flavonoid yang berkhasiat sebagai antioksidan. Terong juga dapat melancarkan peredaran darah untuk mengatasi disfungsi ereksi.


14. IOHIMBIN DARI AMERIKA LATIN

Begitu mengonsumsi iohimbin maka langsung terjadi reaksinya, yaitu langsung ereksi.

15. PASAK BUMI DAN PURWOCENG

Purwoceng berbentuk seperti rumput-rumputan, tumbuh di dataran tinggi Dieng, yang khasiatnya dipercaya menambah vitalitas pria. Pasak bumi dan purwoceng mengandung seng yang dapat merangsang hormon testoteron.
Seng adalah zat yang paling banyak ditemukan dalam testis pria (hormon testoteron ). Pasak bumi dan purwoceng juga mengandung zat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Erat kaitannya dengan ereksi, karena untuk ereksi dibutuhkan pelebaran pembuluh darah.Efeknya bisa langsung setelah mengonsumsi pasak bumi dan purwoceng, maka 1/2-1 jam kemudian bisa langsung meningkat gairahnya.


16 TERATAI

Teratai memang tidak secara langsung memberikan efek afrodisiak. tetapi, dengan mengonsumsi teratai secara rutin bisa meningkatkan gairah. Pasalnya di dalam teratai terkandung zat gizi yang sangat besar sehingga dapat meningkatkan vitalitas hidup, sehingga akhirnya membuat seseorang bergairah.

Catatan : Makanan pembangkit gairah kurang baik bila dikonsumsi setiap hari karena dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon.



Semoga bermanfaat, salam.....
Sumber:info seksualitas

AWET MUDA DAN LANGSING DENGAN RUMPUT LAUT



Rumput laut disukai karena rasanya yang lezat. Apalagi saat disantap menjadi agar-agar ataupun campuran es campur, es teler ataupun rumput laut.Tahukah Anda, selain nikmat, rumput laut juga bagus untuk kulit anda. Kulit akan halus, dan awet muda. Selain itu, kandungan serat yang banyak dalam rumput laut membuat tubuh Anda langsing.

Disamping sebagai bahan makanan bergizi, rumput laut juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan dan suplemen makanan, serta difortifikasi ke produk pangan untuk meningkatkan nilai jual produk tersebut. Jenis rumput laut yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan adalah alga cokelat,terutama sargasum, dan turbinaria. Pengolahan rumput laut jenis tersebut menghasilkan ekstrak berupa senyawa natrium alginat.

CEGAH KANKER

Menurut pakar gizi, rumput laut bermanfaat sebagai antikanker karena banyak mengandung antioksidan seperti betakaroten.
Betakaroten juga bagus untuk mata karena banyak mengandung vitamin A.Dengan mengonsumsi rumput laut, berarti juga mencegah kanker, karena kandungan serat, selenium, dan seng yang tinggi pada rumput laut dapat merduksi estrogen.

Vitamin yang paling banyak terkandung dalam rumput laut adalah vitamin B kompleks dan vitamin K, mineral, serta dapat melindungi fruktosa dari saluran cerna dan pernapasan.

BAGUS UNTUK KULIT

Rumput laut bagus untuk anti-aging karena banyak mengandung mineral, vitamin, dalam bentuk retinol di dalam vitamin A. Vitamin A (betakaroten) dan vitamin C bekerjasama dalam memelihara kolagen. Sedangkan kandungan protein dalam rumput laut, penting untuk membentuk jaringan kulit. Rumput laut dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini, serta menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.
Rumput laut juga memiliki kemampuan untuk membantu proses memperbaharui jaringan kulit yang rusak dan dapat mencerahkan kulit.
Kandungan vitamin A,B kompleks, C,D dan K pada rumput laut tersebut memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit lebih lembab dan kencang. Vitamin C bisa membantu menangkal radikal bebas.Kandungan klorofil dan Vitamin C pada rumput laut berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas. Rumput laut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi gejala alergi.


TUBUH LEBIH LANGSING

Serat pada rumput laut bersifat mengenyangkan dan kandungan karbohidratnya sukar dicerna sehingga akan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Rumput laut juga bisa meluruhkan lemak-lemak di perut. Serat pada rumput laut juga membantu memperlancar proses metabolisme lemak sehingga akan mengurangi risiko obesitas, menurunkan kolesterol darah dan gula darah.

KHASIATNYA LEBIH BAGUS BILA DICUCI SECARA RINGAN

Rumput laut mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, karena itu pemanfaatannya harus tepat. Agar kandungan zat gizi yang terkandung di rumput laut tidak terbuang sia-sia
maka pengolahan harus baik. Pengolahan rumput laut sangat mudah hanya dicuci secara ringan agar kandungan di dalamnya tidak hilang.

Cara mengonsumsi rumput laut juga perlu diperhatikan. Untuk mengonsumsi rumput laut sebaiknya jangan terlalu banyak, karena rumput laut mengandung iodine dan tubuh membutuhkan 150 microgram per hari. Jika terlalu banyak iodine dalam tubuh bisa mengakibatkan kelenjar tiroid dalam tubuh tidak bekerja dengan baik.

Kandungan rumput laut 100 gram :
Air 27,8%
Protein 5,4%
Karbohidrat 33,3%
Lemak 8,6%
Serat Kasar 3%
Abu 2,25%
Vitamin C 11 mg
Vitamin A 1500 IU
Magnesium 34 mg
Folate 51 microgram
Calcium 78 mg
Iron 0,8 mg



Semoga bermanfaat, salam.......
Sumber:info kecantikan

DAUN PARE, SELEDRI, AMPAS TEH DAN KEMIRI ATASI KERONTOKAN

Anda takut memakai bahan-bahan kimia atau produk kecantikan untuk mengatasi kerontokan?Berikut bahan alaminya:

1. DAUN PARE : lumatkan dan balurkan pada kulit kepala, setelah kering bilas dengan air. Lakukan seminggu 2x untuk merangsang tumbuhnya akar rambut. Hal ini tidak instant, tapi proses dan bisa kelihatan hasilnya dalam 3 bulan.

2. DAUN SELEDRI : Tumbuk kasar 3-4 batangnya, lalu diamkan selama 30 menit dikulit kepala kemudian bilas dengan air. Sebaiknya kulit kepala Anda dalam keadaan bersih sebelum melakukan perawatan ini.

3. AMPAS TEH :Oleskan ampas teh pada titik-titik kerontokan. diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

4. KEMIRI : Bakarlah kemiri, lalu tumbuk dan ambil minyaknya , lalu oleskan ke daerah atau titik-titik yang rontok. diamkan 30 menit. lalu bilas sampai bersih.


Untuk hasil yang maksimal mengatasi kerontokan yang parah, lakukan perawatan sehari 2x dengan cara diolesi sambil dilakukan pijatan-pijatan ringan pada kulit kepala, dimana titik-titik yang rontok bisa terangsang dengan pijatan tersebut sehingga peredaran darahnya bisa lancar.
Efektifitas bahan alami ini tentu tidak dalam beberapa minggu, untuk kerontokan tidak terlalu parah, dalam waktu 1 bulan rambut akan tumbuh dan akar lebih kuat. Tapi bila parah, perawatan rutin dilakukan dalam 3 - 6 bulan baru akan membuahkan hasil yang lebih baik.

Efek samping memang sering terjadi, seperti iritasi pada kulit kepala dan gatal-gatal. Namun selama ini tidak ada efek bahaya kecuali memang kulit kepalanya sensitif.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber:info kecantikan
Loading...