02 June 2009

RESEP AWET MUDA

Sebenarnya tidak ada makanan tertentu yang secara spesifik bersifat sebagai antipenuaan alias anti aging. Poin utama tetap ada pada asupan dengan gizi sehat seimbang plus olahraga. Kombinasi inilah yang akan memperlambat proses penuaan.

Menurut Dr. Fiastuti Witjaksono, Sp.GK,MS spesialis gizi klinik Departemen Radioterapi RSCM, sebenarnya tidak ada makanan tertentu yang memberi manfaat antiaging. " Yang penting itu makan dengan gizi sehat seimbang tanpa asupan lemak yang tidak berlebihan dan juga berolahraga. Tidak lupa juga istirahat yang cukup, tubuh dapat meregenerasi sel-selnya dengan baik.

Konsumsi makan yang baik akan memberi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Sementara olahraga teratur dapat membuat jantung dapat memompa darah dengan kuat, sehingga dapat dialirkan ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit.
Itu sebabnya ditambahkan oleh Prof.Dr. Walujo Soerjodibroto,Sp.GK (K).MSc,Ph.D, dari Perhimpunan Kedokteran Antipenuaan Indonesia (PERKAPI), olahragawan memiliki kulit tersehat dan tercantik karena mereka rutin berolahraga.

Kenapa kulit? Karena kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang langsung terlihat. Sehat dan bugarnya seseorang bisa tercermin dari penampakan kulitnya. Selain menjadi cerminan kesehatan dan kebugaran, kulit juga merefleksikan jiwa seseorang.
Selain itu,kulit seseorang juga merepresentasikan makanan yang diasup. Secar kasat mata, proses penuaan aka jelas terlihat dari penampakan kulit. Kulit kusam, kering, tidak cerah,menjadi tanda-tanda dari proses penuaan dini.

Sebenarnya penuaan itu tidak hanya tampak dari permukaan kulit saja. Organ-organ tubuh juga bisa mengalami penuaan. Oleh karena itu diperlukan makanan sehat seimbang serta olahraga untuk membuat tubuh tetap bugar dan sehat.
Darah yang terpompa ke seluruh tubuh dengan baik akan membuat organ tubuh tetap sehat. Selain itu, juga membuat sel-sel tubuh menjadi tidak mudah rusak.


SUMBER MAKANAN BAIK


Walau demikian, memasukkan jenis makanan ini dalam konsumsi sehari-hari bisa dipertimbangkan sebagai bagian dari diet seimbang. Antara lain:

* KACANG-KACANGAN

Merupakan sumber protein bebas kolesterol. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, seperti dikutip WebMD, menjumpai bahwa sekitar 35.000 perempuan yang makan makanan kaya vitamin E, termasuk kacang-kacangan, resiko mereka terhadap stroke berkurang.

* IKAN

Menurut American Heart Association, ikan mengandung lemak omega-3 dapat mengurangi resiko pembentukan plak di arteri, menurunkan trigliserida darah,membantu menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kejadian kematian mendadak. Ikan juga merupakan pilihan sumber protein karena relatif rendah terhadap lemak jenuh dan kolesterol.
Pilihlah ikan salmon, sardin, dan tuna kaleng denga kadar asam lemak omega-3 tertinggi.

* MINYAK ZAITUN

Kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Minyak ini juga bebas dari lemak trans.Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology menunjukkan bahwa di antara orang sehat berusia 65 tahun lebih, asupan lemak jenuh dan trans yang tinggi membuat kemampuan kognitif mereka dalam waktu enam tahun makin berkurang.yang harus diingat, asupan minyak tetap harus dibatasi jumlahnya.

* SAYUR DAN BUAH

Menyediakan serat, vitamin, serta mineral. Buah dan sayur juga mengandung antioksidan.Mereka yang mengonsumsi lebih dari 10 porsi per hari, memiliki kadar antioksidan lebih tinggi dalam aliran darahnya. Mereka juga memiliki tulang lebih kuat berkat magnesium dan potasium yang disediakan oleh buah dan sayur. Sayuran daun hijau kaya akan vitamin K juga penting dalam menyokong tulang.
Pilih buah kelompok beri, apel, alpukat, dan ceri. untuk sayuran pilihlah bayam,brokoli, asparagus, kembang kol, wortel, labu, dan bawang bombai.

* POLONG-POLONGAN

Polong dipadati dengan karbohidrat kompleks glukosa darah dan kadar insulin tetap stabil. Polong-polongan juga merupakan sumber protein bebas kolesterol selain dipadati antioksidan.

* BIJI-BIJIAN UTUH

Biji utuh memiliki zat gizi alami lebih banyak, terutama vitamin E, serat, dan vitamin B. Biji-bijian utuh ini kaya pula akan antioksidan. Cobalah pasta gandum, oatmeal, beras yang belum disosoh.

* PRODUK SUSU RENDAH LEMAK

Susu adalah sumber yang sempurna untuk kalsium si penguat tulang. Produk ini beserta olahannya juga memberikan protein yang menyokong tulang serta otot dan dibutuhkan bagi fungsi imun mencapai puncak.
Pilih susu yang diperkaya dengan vitamin D agar dapat membantu penyerapan kalsium. Kadar vitamin D yang cukup dapat menurunkan resiko kanker prostat, kolon, dan payudara.

* CUKUP MINUM

Air penting bagi tubuh. Selain untuk mengantarkan nutrisi ke sel tubuh dan mengeluarkan sampah tubuh, air berguna sebagai lubrikasi persendian.
Sebagian besar aktivitas dalam tubuh juga melibatkan cairan. Karena itu, kekurangan cairan sedikit saja efeknya akan merembet ke mana-mana, salah satunya adalah kulit yang terlihat kusam. Untuk itu keseimbangan cairan harus dijaga agar tubuh dalam kondisi baik.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...