16 June 2009

MENGGEMUKKAN TUBUH YANG TERLALU KURUS

Ada beberapa sebab mengapa tubuh terlalu kurus, salah satunya adalah asupan makanan dengan aktivitas yang dilakukan tidak seimbang. Bisa juga, berat badan tidak naik atau turun karena asupan makanan yang sudah seimbang. Jika demikian, seperti yang orang kebanyakan bilang, bahwa Anda sudah berbakat kurus.

Jika Anda mau meningkatkan berat badan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

* Makanan yang diasup juga berpengaruh.

Misalnya, mengonsumsi makanan-makanan yang berminyak atau gorengan akan memperpanjang waktu makanan tersebut di dalam lambung atau usus. Hal ini secara tidak langsung akan memperpanjang waktu masa tidak lapar. Kalau mau cepat lapar maka mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat, yang manis atau bergula. Tetapi jangan terlalu berlebihan.

* Jadwal makan



Jadwal makan harus 3x sehari, lalu bisa ditambah 2x selingan di antara waktu makan, misalnya pkul 10.00 pagi atau pukul 15.00-16.00. Asupan makanan juga dibagi menjadi 3 bagian, yaitu makanan pembuka, hidangan utama, dan penutup.Makanan pembuka adalah makanan yang dapat membangkitkan nafsu makan, yaitu makanan yang manis seperti muffin.

* Jenis Makanan

Untuk jenis makanannya, harus meningkatkan konsumsi vitamin B, yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengonsumsi sayur yang banyak dapat meningkatkan nafsu makan.

* Olahraga

Meski demikian, apa yang dikonsumsi juga harus diperhatikan agar tidak terjadi kenaikan lemak di dalam tubuh ketika berat badan Anda naik. Yang baik adalah massa protein tubuh, yaitu otot. Dengan berolahraga maka bisa meningkatkan nafsu makan. Olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga beban atau weight training.





Semoga bermanfaat, salam....
Sumber:info gizi&kecantikan

1 comment:

Loading...