23 June 2009

PIL TOMAT PENURUN KOLESTEROL




Para peneliti menyatakan suplemen alami yang dibuat dari tomat dan bisa dikonsumsi sehari-hari dapat menangkal penyakit jantung dan stroke. Pil tomat ini berisi bahan aktif dari diet mediteranian, yaitu likopen, yang bermanfaat menghambat oksidasi kolesterol jahat LDL, penyebab sumbatan pada arteri.

Ateronon, nama pil tersebut, dibuat oleh perusahaan bioteknologi milik Universitas Cambridge, telah diluncurkan sebagai suplemen makanan. Menurut para ahli, memang masih diperlukan percobaan lebih lanjut untuk melihat efektivitasnya.

Percobaan awal telah melibatkan 150 orang dengan indikasi penyakit jantung, dan ateronon dapat mengurangi oksidasi lemak jahat dalam darah menjadi hampir nol dalam delapan minggu. Demikian ungkap para ahli dalam pertemuan The British Cardiovascular Society di Inggris,seperti yang disiarkan situs BBC.

Ahli saraf Peter Kirkpatrick, yang akan memimpin penelitian lebih jauh di Rumah Sakit Addenbrooke, Cambridge Theranostics Ltd,mengatakan bahwa suplemen ini bisa lebih efektif ketimbang statin, obat penurun kolesterol yang selama ini direkomendasikan para dokter.

Prof. Peter Weissberg dari The British Heart Foundation mengingatkan masyarakat agar bersabar menunggu hasil penelitian klinis. Diperlukan waktu agak lama dan beberapa kali uji klinis untuk membuktikan keunggulannya.
Untuk para pasien penyakit jantung, atau yang beresiko tinggi lebih baik tetap minum obat dari dokter, dan bila ingin meraih manfaat dari diet mediteranian, konsumsilah banyak buah dan sayuran.

Menurut Prof. Anthony Leeds dari Lembaga Heart UK percobaan awal dari suplemen ini sangat menjanjikan. Produk likopen baru ini menunjukkan pendekatan baru terhadap penanganan kolesterol tinggi dan kemungkinannya sangat menggembirakan.
Likopen merupakan antioksidan yang ada dalam kulit tomat yang menyebabkan sayuran ini berwarna merah. Namun likopen bentuk segar ini masih berupa kristal yang sering diserap tubuh. Pil tomat ini berisi likopen dalam bentuk yang lebih mudah diserap tubuh.


Semoga bermanfaat, salam.....
Sumber:ghs

No comments:

Post a Comment

Loading...