16 June 2009

MENGATASI VARISES

Varises adalah pelebaran pembuluh darah balik (vena) yang diakibatkan bendungan atau berkurangnya tonus otot dan lemahnya katup dalam vena.Penyebabnya dapat akibat bendungan misalnya varises pada ibu hamil, varises esofagus (saluran makanan sebelum lambung ) dan yang sering juga adalah varises di daerah pembuluh darah sekitar anus wasir ). Kalau yang disebabkan tekanan atau bendungan dapat hilang atau berkurang setelah bendungan itu hilang.

Pada ibu hamil, selain tekanan rahim diperkirakan ada faktor hormonal. Genetik juga mempengaruhi seseorang mengalami masalah varises. Untuk mengatasinya, kalau varisesnya tersebut kecil-kecil bisa dengan pemberian suntikan sclerotic agent . Suntikan ini mengandung zat-zat yang membekukan darah dengan segera, sclerotic agent tersebut langsung disuntikkan langsung ke daerah varises tersebut, sehingga pembuluh darah vena tidak melebar lagi. Dalam 2-4 minggu biasanya varises tidak akan kelihatan lagi.

Sementara untuk tindakan prefentifnya agar pembuluh vena tidak melebar terlalu besar, bisa digunakan stoking khusus sehingga pembuluh vena tersebut tidak melebar ke bagian yang lain. Stoking khusus tersebut berfungsi untuk mencegah varises dengan cara menekan seluruh permukaan kaki, pembuluh darah vena yang menonjol ditekan ke dalam, sehingga melancarkan kembali aliran darah.

6 Tips mencegah varises :

1. Olahraga secara teratur
2. Mempertahankan berat badan di kisaran normal
3. Jangan terlalu sering menggunakan sepatu bertumit tinggi karena akan menyebabkan beban kaki jadi lebih berat.
4. Hindari duduk lama sambil menyilangkan kaki. Posisi itu akan menyebabkan aliran darah terhambat.
5. Meninggikan kaki secara teratur untuk membantu pembuluh darah balik/vena agar tidak bekerja terlalu berat.
6. Jalan-jalan dianjurkan, tapi duduk serta berdiri dalam waktu yang lama harus dihindari.



Semoga bermanfaat, salam...
sumber:info kecantikan- HeALTHtODAY

No comments:

Post a Comment

Loading...