14 June 2009

AWET MUDA DAN LANGSING DENGAN RUMPUT LAUT



Rumput laut disukai karena rasanya yang lezat. Apalagi saat disantap menjadi agar-agar ataupun campuran es campur, es teler ataupun rumput laut.Tahukah Anda, selain nikmat, rumput laut juga bagus untuk kulit anda. Kulit akan halus, dan awet muda. Selain itu, kandungan serat yang banyak dalam rumput laut membuat tubuh Anda langsing.

Disamping sebagai bahan makanan bergizi, rumput laut juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan dan suplemen makanan, serta difortifikasi ke produk pangan untuk meningkatkan nilai jual produk tersebut. Jenis rumput laut yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan adalah alga cokelat,terutama sargasum, dan turbinaria. Pengolahan rumput laut jenis tersebut menghasilkan ekstrak berupa senyawa natrium alginat.

CEGAH KANKER

Menurut pakar gizi, rumput laut bermanfaat sebagai antikanker karena banyak mengandung antioksidan seperti betakaroten.
Betakaroten juga bagus untuk mata karena banyak mengandung vitamin A.Dengan mengonsumsi rumput laut, berarti juga mencegah kanker, karena kandungan serat, selenium, dan seng yang tinggi pada rumput laut dapat merduksi estrogen.

Vitamin yang paling banyak terkandung dalam rumput laut adalah vitamin B kompleks dan vitamin K, mineral, serta dapat melindungi fruktosa dari saluran cerna dan pernapasan.

BAGUS UNTUK KULIT

Rumput laut bagus untuk anti-aging karena banyak mengandung mineral, vitamin, dalam bentuk retinol di dalam vitamin A. Vitamin A (betakaroten) dan vitamin C bekerjasama dalam memelihara kolagen. Sedangkan kandungan protein dalam rumput laut, penting untuk membentuk jaringan kulit. Rumput laut dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini, serta menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.
Rumput laut juga memiliki kemampuan untuk membantu proses memperbaharui jaringan kulit yang rusak dan dapat mencerahkan kulit.
Kandungan vitamin A,B kompleks, C,D dan K pada rumput laut tersebut memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit lebih lembab dan kencang. Vitamin C bisa membantu menangkal radikal bebas.Kandungan klorofil dan Vitamin C pada rumput laut berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas. Rumput laut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi gejala alergi.


TUBUH LEBIH LANGSING

Serat pada rumput laut bersifat mengenyangkan dan kandungan karbohidratnya sukar dicerna sehingga akan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Rumput laut juga bisa meluruhkan lemak-lemak di perut. Serat pada rumput laut juga membantu memperlancar proses metabolisme lemak sehingga akan mengurangi risiko obesitas, menurunkan kolesterol darah dan gula darah.

KHASIATNYA LEBIH BAGUS BILA DICUCI SECARA RINGAN

Rumput laut mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, karena itu pemanfaatannya harus tepat. Agar kandungan zat gizi yang terkandung di rumput laut tidak terbuang sia-sia
maka pengolahan harus baik. Pengolahan rumput laut sangat mudah hanya dicuci secara ringan agar kandungan di dalamnya tidak hilang.

Cara mengonsumsi rumput laut juga perlu diperhatikan. Untuk mengonsumsi rumput laut sebaiknya jangan terlalu banyak, karena rumput laut mengandung iodine dan tubuh membutuhkan 150 microgram per hari. Jika terlalu banyak iodine dalam tubuh bisa mengakibatkan kelenjar tiroid dalam tubuh tidak bekerja dengan baik.

Kandungan rumput laut 100 gram :
Air 27,8%
Protein 5,4%
Karbohidrat 33,3%
Lemak 8,6%
Serat Kasar 3%
Abu 2,25%
Vitamin C 11 mg
Vitamin A 1500 IU
Magnesium 34 mg
Folate 51 microgram
Calcium 78 mg
Iron 0,8 mg



Semoga bermanfaat, salam.......
Sumber:info kecantikan

No comments:

Post a Comment

Loading...