18 June 2009

HERPES DAN JUS PELAWAN HERPES

Seseorang yang pernah mengalami herpes ini mengaku rasanya sakit sekali dan tidak enak. Daerah yang sering diserang virus, baik jenis herpes HSV-1 (herves simpleks) maupun herpes HSV-2, sama-sama di daerah yang tidak mengenakkan. Biasanya disekitar bibir dan daerah kelamin.
Selain sakit, herpes dalam perkembangannya juga menimbulkan rasa seperti terbakar dan sangat gatal, sehingga cenderung di garuk. Dari sinilah infeksi biasanya muncul dan menimbulkan demam.

Celakanya, virus herpes yang telah memasuki tubuh tidak mau pergi. Mereka muncul jika dipicu oleh alergi, demam, menstruasi, stres, hubungan seks, dan lain-lain.
Karena itu, penting sekali menjaga agar herpes tetap diam pasif.
Selain menandai dan mengontrol pemicunya, sangat disarankan untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap prima, antara lain dengan minum jus.

Menurut seorang ahli nutrisi dan penulis buku jus, beberapa nutrisi yang penting bagi penderita herpes adalah betakaroten, vitamin C dan bioflavonoid, vitamin E, Zinc dan polifenol.

Betakaroten banyak terdapat dalam wortel, tomat merah, bayam, brokoli, mangga. Vitamin C yang baik untuk dijus adalah bayam, brokoli, kubis, stroberi,jeruk, dan pepaya. Adapun sumber biovlavonoid kita jumpai pada paprika, tomat,jeruk sitrus, kubis.

Sumber vitamin E yang cocok untuk dijus adalah bayam, wortel, tomat, dan asparagus. Sementara sumber zinc antara lain jahe,wortel,timun, bayam dan kubis.Anda dapat memilih kombinasi berbagai macam buah dan sayur seperti tersebut diatas, sesuai dengan selera dan ketersediaannya di rumah Anda.


JUS BAYAM WORTEL

Bahan: 1 ikat bayam, 3 buah tomat merah, 1 buah wortel besar, 1/6 buah nanas.
Cara : Cuci bersih semua bahan. Bayam dibuang akarnya, nanas dan wortel dikupas. Potong-potong semua bahan sesuai kebutuhan, gunakan juicer untuk mengambil sarinya. Tuang ke dalam gelas, siap dinikmati.


TOMAT PAPRIKA

Bahan: 3 buah tomat merah, 1 buah paprika, 1/4 bonggol kubis, 1/6 buah nanas
Cara : Cuci bersih semua bahan, nanas dikupas. Potong-potong sesuai kebutuhan, masukkan bergiliran ke dalam juicer, ambil sarinya. Tuang ke dalam gelas, siap dinikmati


TIMUN KEMANGI

Bahan: 2 buah timun ukuran sedang, 3 buah tomat merah, 1 buah wortel besar, 1 tangkai daun kemangi
Cara: Semua bahan dicuci bersih, wortel dikupas. Timun, tomat, wortel dipotong-potong seperlunya, masukkan ke dalam juicer. Tuang sarinya ke dalam gelas, tambahkan daun kemangi yang telah dicincang.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber:ghs

No comments:

Post a Comment

Loading...