09 June 2009

MAKAN UNTUK PANJANG UMUR DAN SEHAT

Konsumsi makanan yang tepat membuat kita dapat panjang umur dan sehat. Berikut makanan yang dianjurkan:

MAKANAN PENTING UNTUK PANJANG UMUR

Di Asia, jamur disukai karena rasa maupun nilai pengobatannya. Dongeng Cina penuh dengan kisah orang yang menemukan jamur berumur 1000 tahun dan menjadi panjang umur. Musium gua stalaktik bawah tanah di luar Kungming,Cina, memajang jamur reishi atau ganoderma berdiameter 4 kaki dan diperkirakan berumur 800 tahun.Ada lebih dari 100.000 jenis jamur, sekitar 700 di antaranya dapat dimakan. Banyak jamur, terutama shiitake, maitake,reishi, dan jamur kuping, mengandung senyawa anti penuaan. Jamur juga dapat mengandung polysaccharides, sterols,coumarin, vitamin-vitamin, minera-mineral, dan asam amino yang meningkatkan fungsi imun, menurunkan kolesterol jahat, mengatur gula darah, dan melindungi tubuh dari virus dan kanker.

BERAS COKELAT UNTUK PANJANG UMUR


Nasi putih berawal dari nasi cokelat. Begitu kulit luar padi digiling, tidak banyak lagi nutrien yang tertinggal. 1000 tahun yang lalu, ahli pengobatan Cina menemukan, hanya makan nasi putih yang kekurangan vitamin B, dapat menyebabkan beri-beri, penyakit yang disebabkan kekurangan thiamine (B1). Riset modern menemukan beras cokelat kaya nutrien pada kulitnya. Nutrien ini luar biasa efektif dalam menurunkan gula darah dan karena itu bisa dijadikan makanan istimewa untuk diabetik. Kulit beras juga mengandung lebih dari 70 antioksidan, termasuk vitamin E yang terkenal berkhasiat untuk awet muda, glutathione peroxidase (GPx), superoxide dismutase (SOD), coenzyme Q-10 (CoQ10), proanthocyanidins, dan inositol hexaphosphate (IP6).

Tidak heran jika petani di pedesaan Asia yang makan beras cokelat karena nasi putih terlalu mahal, lebih panjang umur dan mengembangkan lebih sedikit masalah kesehatan dibanding penduduk kota yang sebagian besar makan nasi putih.


GUNAKAN MINYAK WIJEN

Minyak yang paling umum dikonsumsi orang-orang lanjut usia Cina adalah minyak wijen karena cita rasanya yang halus, tapi mengandung senyawa therapeutic juga.Pengobatan Cina memasukkan biji wijen sebagai tonik untuk ginjal dan lever, pembangun darah, pelindung dan pengatur perut. Wijen kaya phytic acid, sejenis antioksidan yang dapat mencegah kanker. Salah satu jenis minyak, lignan sesamin, ditemukan secara drastik menurunkan kadar kolesterol di dalam liver dan aliran darah tikus. Untuk meningkatkan cita rasa dan memperbaiki kesehatan, taburkan biji wijen dan minyak wijen secara teratur ke dalam makanan Anda.


SEHAT DENGAN JAHE


Jahe mungkin tumbuhan remedi yang paling lama digunakan secara terus menerus di dunia. Bangsa Cina menggunakannya untuk tujuan pengobatan dan untuk masakan, sering dalam masakan seafood karena berperan sebagai pendetoksifikasi untuk mencegah keracunan seafood. Selain digunakan untuk gangguan pencernaan, jahe juga ditemukan mengandung geraniol, sejenis pembasmi kanker ampuh. Jahe juga mengandung senyawa-senyawa anti-inflammatory yang membantu meredakan sakit, mencegah penggumpalan darah, dan mencegah sakit kepala migraine. Sejak zaman kuno, ahli pengobatan Cina minum teh jahe secara teratur untuk menjaga vitalitas.


MAKAN SAYURAN LAUT

Rumput laut dan algae laut adalah sayuran dari laut yang sejak lama diketahui mengandung kekuatan untuk memperpanjang hidup,mencegah penyakit,cantik, dan sehat. Jenis rumput laut yang umum dimakan adalah nori (bungkus sushi), kombu, kelp, dulce, dan irish moss.
Rumput laut mengandung lebih banyak kalsium dibanding susu, lebih banyak zat besi dibanding daging sapi, dan lebih banyak protein dibanding telur. Rumput laut juga sumber yang kaya dari mikronutrien.
Secara traditional zat penyembuhannya terdiri dari mengatasi tumor dan kista, detoksifikasi logam berat, mengurangi penimbunan cairan, dan membantu penurunan berat badan.
Jadi, makan sayuran laut Anda karena lebih padat nutrisi dibanding sayuran yang ditanam didarat.


STOP!MAKAN MAKANAN MATI

Pernah membayangkan berapa KM jarak yang ditempuh lettuce layu?Untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan, tidak ada yang lebih baik selain makan makanan utuh, segar, organik. Hasil pertanian dan daging segar yang datang langsung dari tanah pertanian ke meja makan bisa mempertahankan lebih banyak nutrien karena tenggang waktunya singkat. Banyak makanan di pasar swalayan sudah dipetik atau disembelih beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan dimuka sebelum sampai di rak. Makanan ini diawetkan dengan nitrogen atau zat kimia lainnya sehingga tampak segar. Selain itu, makanan-makanan yang disemprot pestisida dan diberi pupuk kimia mengandung nilai nutrisional yang lebih rendah dibanding makanan yang ditanam secara organik.


VEGETARIAN DI HARI KERJA, MAKAN DAGING DI AKHIR PEKAN

Vegetarian secara umum lebih sedikit yang menderita penyakit degeneratif dan kanker dibanding pemakan daging. Diperkirakan sepertiga dari semua pasien kanker mengembangkan penyakit mereka akibat serat tumbuhan utuh yang tidak memadai di dalam diet mereka. Tapi tidak berarti sama sekali tidak boleh makan daging. Batasi daging atau makan daging hanya pada akhir pekan adalah pendekatan yang perfek seimbang dan sehat.


KONSUMSI MAKANAN ALAMIAH

Daging, unggas, dan produk susu konvensional mengandung kadar tinggi pestisida, hormon, obat antibiotik yang berbahaya untuk kesehatan. Masih ditambah lagi daging yang berasal dari hewan sakit yang dipelihara dalam kondisi stres dan tidak manusiawi. Dan Anda punya alasan baik untuk menjadi vegetarian. Ternak yang diberi makanan komersial penuh dengan hormon yang merangsang pertumbuhan, zat pewarna, pestisida dan obat-obatan.

Di luar itu, 140.000 ton unggas dimusnahkan setiap tahun di Amerika karena tidak bisa dimakan,terutama karena kanker. Sejumlah lainnya diproses menjadi makanan untuk hewan.Lebih dari 40% antibiotik yang diproduksi di Amerika digunakan sebagai aditif tambahan makanan ternak. Akibat ekologisnya adalah, sesudah kita mengeluarkan antibiotik dalam air seni dan feses, muncul strain bakteri kebal antibiotik yang membuat sakit atau bahkan menewaskan orang. Setiap kali memungkinkan, beli hasil pertanian organik dan ternak yang dipelihara di alam bebas demi kesehatan,kedamaian pikiran dan kesejahteraan.


EFEK SAMPING GULA ITU TIDAK MANIS

Orang Amerika rata-rata mengonsumsi sekitar 240 pon gula per tahun. Sebagian besar kelebihan gula itu disimpan sebagai lemak di dalam tubuh, yang meningkatkan resiko kanker dan dapat menekan fungsi imun. Ketika subyek studi diberi gula, jumlah sel-sel darah putihnya turun secara bermakna selama beberapa jam sesudahnya.

Hal ini berlaku untuk berbagai jenis gula, termasuk fruktosa, glukosa, madu, dan jus jeruk. Dalam sebuah studi lain, tikus yang diberi makan diet tinggi gula, angka kanker payudara mereka meningkat dibanding dengan tikus dengan diet normal. Untuk hidup sehat dan panjang umur, ambil kemanisan dari aspek-aspek kehidupan lainnya.


GARAM LAUT SI MINERAL ESENSIAL

Sebelum lahir, kita menghabiskan waktu 9 bulan bermandikan cairan amniotic mirip air asin di mana muncul kehidupan. Tidak heran jika tubuh manusia mengandung cairan yang sangat mirip komposisi lautan.

Garam laut mengandung sekitar 60 jenis mineral jejak esensial untuk pembentukan vitamin, enzim, dan protein yang membuat tubuh bisa bekerja. Garam membantu detoksifikasi dan sifat alkaline-nya membantu menyeimbangkan lingkungan pH yang terlalu asam yang menyebabkan kondisi-kondisi degeneratif dan kanker.

Garam meja biasa sudah dihaluskan dan kehilangan semua mineral esensial. Gunakan garam laut yang tidak dihaluskan. Gunakan secukupnya, terutama bagi orang-orang dengan hipertensi Penting untuk menyeimbangkan intake garam dengan potassium agar otot dan saraf dapat berfungsi secara tepat. Makanan kaya potassium antara lain sayuran daun hijau, kedelai, padi-padian utuh,kentang, pisang, dan kebanyakan buah.


Semoga bermanfaat, salam......
Sumber: Secrets of Longevity by Dr Maoshing Ni

No comments:

Post a Comment

Loading...