06 June 2009

MANFAAT BIJI MAHONI/ SKY FRUIT UNTUK KECANTIKAN



Selain sebagai bahan dasar furniture, mahoni juga memiliki khasiat sebagai penyembuh sakit. Hal ini disebabkan karena banyaknya vitamin di dalamnya.

Hal itu membuat buah pohon ini dinamakan buah dari langit oleh orang-orang Malaysia. Karena di sana, buah yang dikenal bernama sky fruit itu selalu terlihat sedang menunjuk langit.

Penemuan buah mahoni sebagai vitamin dan obat sendiri awalnya diketahui oleh Dr Larry Brookes, seorang ahli biokimia sekitar tahun 1990-an. Dari hasil penelitiannya, buah mahoni memiliki zat bernama flavonolds dan saponins.
Flavonolds sendiri dikenal berguna untuk melancarkan peredaran darah.
Jadi bagi para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah bisa memakai buah ini sebagai obat.

Khasiat flavonolds ini juga bisa untuk mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam, serta bertindak sebagai antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas.
Sementara itu, saponins memiliki khasiat sebagai pencegah penyakit sampar, bisa juga untuk mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kekebalan, mencegah pembekuan darah, serta menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah.

Kini buah mahoni banyak dijual pada bentuk ekstrak. Bahkan dalam kemasan tersebut, khasiat mahoni diduga bisa untuk membesarkan payudara, selain juga diperkirakan sangat berguna untuk kehalusan kulit.
Selain sebagai obat, kini buah mahoni juga diekstrak untuk diseduh air layaknya kopi atau teh.



Semoga bermanfaat, Salam....
Sumber:Kompas

No comments:

Post a Comment

Loading...