05 June 2009

MENGUNGKAP TANDA-TANDA PENYAKIT TERSELUBUNG DI KULIT......

Kulit dapat menjadi jendela untuk masalah kesehatan. Banyak kondisi kesehatan, sebagian sangat serius, pertama muncul sebagai masalah-masalah kulit. Antara lain sebagai berikut:

RUAM KUPU-KUPU

Ruam kupu-kupu-bercak merah melebar di wajah menyerupai bentuk kupu-kupu sering merupakan pertanda pertama lupus erythematosis. Tapi jangan langsung menyimpulkan. Bercak kemerahan itu juga kemungkinan rosacea, contact dermatitis.Sayangnya,kadang bercak tersebut menandakan lupus. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah itu benar-benar lupus.


VELVET PLAGUES


Velvet Plagues- Kulit menebal berwarna kecoklatan- di sekitar leher dan/atau ketiak kemungkinan menunjukkan diabetes. Kondisi ini -acanthosis nigricans - dapat merupakan pertumbuhan yang tidak normal (benign), atau hanya karena obesitas. Tapi sangat sering merupakan tanda diabetes, dan dapat mengindikasikan kanker internal.

PLAGUES TUNGKAL: Bentuk Lingkaran dengan bagian tepi merah dan bagian tengah warna kulit.


Dokter menyebutnya necrobiosis lipoidica diabeticorum. Sesuai namanya kondisi ini merupakan pertanda jelas diabetes. Dan bukan tanda yang baik. Kondisi kulit menunjukkan diabetes terselubung mungkin merusak mata dan ginjal.

KULIT MENEBAL SEPERTI MELEPUH KECIL GATAL, BERWARNA KEUNGUAN


Linchen Planus adalah ruam yang terdiri dari totol-totol merah keunguan yang bisa sangat gatal. Biasanya muncul di pergelangan tangan ataupun. Tapi bisa juga pada punggung bagian bawah, leher, tungkai, dan genital (alat kelamin). Penyebabnya belum diketahui, tapi jika mengalaminya, periksakan liver Anda. Kemungkinan menandakan hepatitis C.


BERCAK PUTIH TEKSTUR KULIT JERUK PADA PUNGGUNG


Shagreen patches adalah lesion warna kulit pada punggung bawah dengan tekstur kulit jeruk. Sering muncul bersama tanda-tanda kulit lainnya: bintik merah atau cokelat seperti jerawat menyebar di pipi dan hidung; bercak seperti daun pada kulit berwarna, paling sering pada tungkai, ujung yang satu berbentuk oval dan yang lainnya lancip. Kemungkinan menandakan penyakit genetik yang langka, disebut tuberous sclerosis yang membuat tumor tumbuh di otak dan organ-organ penting lainnya.

TELAPAK TANGAN TRIPE

Kulit pada telapak tangan menebal dan berbintik-bintik putih keunguan dengan lipatan-lipatan pada garis tangan. Kondisi kulit seperti babat rebus. Ini menandakan kanker. Jika hanya muncul di telapak tangan tripe disertai acanthosis nigricans, kemungkinan besar kanker gastric.

KULIT TANGAN DAN KAKI MENEBAL SEPERTI KAYU


Pertama dijelaskan di tahun 1997 sebagai nephrogenic systemic fibrosis, dimulai dengan warna kecoklatan dan bergelombang pada lengan dan tungkai bawah. Lalu dengan sangat cepat tangan dan kaki menjadi cokelat seperti kulit kayu. Kadang juga disertai bintik kuning di mata. Para periset baru-baru ini menemukan, gadolinium contrast yang digunakan ketika pemeriksaan MRI memicu kondisi ini pada sebagian pasien dengan gagal ginjal.


RUAM KASAR PADA BOKONG, LIDAH MERAH


Untungnya necrolytic migratory erythema ini agak langka. Ruam merah kasar, kadang dengan erosi kulit, biasanya tampak pada pasien lanjut usia. Cenderung dimulai pada lipatan bokong atau telapak tangan, tapi dapat terjadi di bagian tubuh manapun. Lidah warna merah cerah, sakit. Kondisi ini mensinyalkan tumor pankreatik, umumnya glucogenoma.

Banyak kondisi kulit yang tidak mengindikasikan bahwa ada yang tidak beres dengan Anda. Sebagai contoh, granuloma annulare berupa kulit menebal berwarna kemerahan berbentuk pola lingkaran pada tangan dan kaki, biasanya hilang dalam 2 tahun dan tidak menandakan gangguan kesehatan.





Semoga bermanfaat, salam
Sumber:AURA

No comments:

Post a Comment

Loading...