19 January 2010

OKRA SAYURAN PENANGKAL KANKER












Kata okra masih terdengar asing bagi sebagian dari masyarakat Indonesia. Berbeda denganmasyarakat negara-negara di kawasan Asia Tengah maupun Asia Selatan, disana okra sangat digemari.
Okra merupakan sayuran berbentuk buah yang dapat diolah menjadi beragam makanan lezat dan berkhasiat bagi kesehatan.
Okra ( Abelmoschus Esculentus ) termasuk tanaman genus Hibiscus dari famili Malvaceae ( kapas-kapasan). Tanaman ini memiliki julukan Lady's Finger karena bentuk buahnya yang panjang dan meruncing di bagian ujungnya., seperti jari-jari lentik gemulai seorang wanita cantik.
Menurut sejarah, tanaman okra berasal dari Afrika dan dibawa ke Amerika sekitar 3 abad lalu oleh para budak Afrika. Saat ini tanaman okra sudah dikenal luas di berbagai negara di Asia, eropa, dan Australia. Bahkan masakan berbahan dasar okra sangat populer di Sri Lanka, Jepang, Philipina,Arab Saudi dan Eropa. Di Indonesia okra tidak terlalu dikenal, walaupun ternyata tanaman ini sudah dibudidayakan sejak ratusan tahun silam.


KAYA PROTEIN DAN SERAT

Kandungan minyak pada biji okra dapat mencapai 40%. Minyak biji okra kaya akan asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat.
Buah okra mengandung protein cukup tinggi, yaitu 3,9% dan lemak 2,05%. Energi di dalam 100 gram buah okra 40 kkal. Mineral di dalam buah okra adalah kalium ( 6,68%) dan fosfor ( 0,77%).
Okra termasuk sayuran hijau yang kaya serat pangan. Selain serat, okra juga mengandung glutation. Serat sangat penting bagi tubuh karena dapat mencegah konstipasi ( susah buang air besar ), obesitas, hiperkolesterolemia ( kolesterol tinggi ), diabetes ( kencing manis), dan kanker kolon ( usus besar).

Serat pangan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu serat larut ( soluble dietary fibre ) dan serat tidak larut ( insoluble dietary fibre ). Serat larut air ( SDF) mempunyai kemampuan hipokolesterolemik atau menurunkan kadar kolesterol darah. Mekanismenya yaitu, kemampuan menahan reabsorpsi garam empedu dari usus ke dalam darah, sehingga garam empedu banyak yang diekskresi.

Garam empedu disintetis dari kolesterol darah oleh hati. Terbuangnya garam empedu akan menurunkan kolesterol darah.
Serat tidak larut ( IDF) berperan utama mencegah perkembangan kanker kolon. IDF akan meningkatkan volume feses, sehingga mengencerkan konsentrasi senyawa karsinogen.Kondisi ini akan menurunkan kesempatan senyawa karsinogen berinteraksi dengan dinding usus, sehingga memperkecil resiko kanker.

IDF juga menurunkan waktu transit feses di usus, sehingga dapat memperlancar buang air besar. Fermentasi serat oleh bakteri usus yang menguntungkan ( bakteri asam laktat) akan menurunkan pH di usus besar, sehingga dapat menekan perkembangan kanker kolon.



ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER

Warna hijau pada sayuran, termasuk okra, disebabkan adanya pigmen klorofil. Klorofil memiliki sejuta manfaat karena bersifat antiradang, antimutagenik,antikanker, dan antioksidan. Sebagian antimutagenik dan antikanker, klorofil dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon.

Sebagai antioksidan, klorofil dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah ( aterosklerosis) dapat dicegah.

Klorofil juga dapat menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

26 comments:

  1. Saya penanam okra,tapi gak tau harus jual kemana, punya info pasar & harga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksih sdra Nanang Budi Santoso tlah singgah di blog saya, smoga ada para pembaca blog saya bisa membantu atau sedang membutuhkan okra ini??utk info pasar & harga ...ada baiknya Anda cb survey pasar..:)

      Delete
    2. Sdra Nanang budi Santoso, ini ada info pasar okra dari pembaca blog sy....Anda bs contact emailnya...
      "saya ada info pasar okra"

      Fb srputralawu@gmail.com


      smoga terbantu yah:)

      Delete
  2. sebuah informasi yang sangat berharga. saya bersyukur dapat mampir di blog ini dan menemukan sebuah sumber artikel yang sangat-sangat berharga untuk saya sharingkan juga di blogku.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga "DPG" ...lem knl....n mksih tlah singgah di blog saya...:)

      Delete
  3. @Nanang Budi Santoso:Mv sdra Nanang kl info psr sy ga punya..mv ga bs bantu yah..mksih byk dah singgah di blog sy....

    @Diabetes People Gallery:Sy ucapkan trimksh byk krn Anda telah singgahi blog saya..slm kenal selalu dari saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims info yg sangat bermanfaat ini.

      Delete
    2. sama2...sdra Agus Tri S, mksih tlah singgah di blog saya:)

      Delete
  4. terima kasih atas infonya. Bermanfaat banget buat saya n keluarg

    ReplyDelete
  5. Sama 2 mb Rosiana.....trmksh byk tlah singgah di blog kupukupudanpelangi.blogspot.com yahhh n salam kenal selalu

    ReplyDelete
  6. saya ada info pasar okra

    Fb srputralawu@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Banyak infonya...saya sudah publish Fb Anda, smoga bs membantu bagi yg membutuhkan yah:)

      Delete
  7. ARTikel yang cukup menarik,,,,
    bagi kawan-kawan yg berbudidaya tanaman OKRA(Lady's Finger),,,kamin sarankan memakai pupuk khusus buah POWERNUTRITION,,,
    kunjungi site kami
    www.pupuk-nasa.com
    http://pupuknasaonline.blogspot.com

    salam nasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanks byk infonya yah sdra Cholid Damari...smoga bermanfaat bg smua,em knl :)

      Delete
  8. OKRA juga dapat digunakan untuk obat DIABET atau kencing manis, caranya dengan dipotong/ dibelah dua, terus disimpan di mug/ gelas, diseduh dengan air matang kemudian didiamkan selama +- 8 jam, lalu diminum tiap hari, insya alloh sembuh...

    ReplyDelete
  9. boleh di copy ya mbak.. :)
    makasi banyak infonya.. :)

    ReplyDelete
  10. thanks untuk info yg penting ini, saya ingin mencoba okra, dimana sy mencari....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims byk tlah singgah di blog sy mb thresia nani, cb Anda kunjungi almt Fb pembaca blog sy ini yg kebetulan ada info ttg tanaman okra tsb :Fb srputralawu@gmail.com, smoga terbantu yah mb?:)

      Delete
  11. Saya ingin menanam Okra krn Istri saya penderita DM. dimana utk mendptkan bibit OKRA???.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims byk tlah singgah di blog sy sdra Agus Tri S, cb Anda kunjungi almt Fb pembaca blog sy ini yg kebetulan ada info ttg tanaman okra tsb :Fb srputralawu@gmail.com, smoga terbantu yah mas?:)

      Delete
  12. trims infonya bu,kebetulan saya dan bapak sedang mengembangkan tanaman okra, untuk sementara diperuntukan kalangan sendiri( diberikan kpd penderita diabet). info ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan.izin copast ya bu

    ReplyDelete
  13. numpang info cara buat jamu diabet dari okra : satu batang okra kira2 10 cm kerok kulitnya jangan terlalu terkupas sekedar hilangkan bagian yang keras dan kotorannya saja, cuci dengan air bersih, belah empat memanjang kemudian dirajang kecil tambahkan tiga tangkai daun seledri masukan kedalam gelas berikut bijinya tuang air mendidih kedalmanya kira2 200 ml aduk samapi mengental diamkan sekitar enam jam kemudian saring dan minum, 1-2 gelas sehari tergantung kebutuhan oke juga buat kolesterol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks byk sdra Rosyid, tlah berbagi info di blog saya...semoga bermanfaat yah bai semua ..lem knl sllu....

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Loading...