28 April 2009

JAMBU AIR MEMPERBAIKI MUTU SPERMA, KAYA AKAN SERAT & MINERAL, SUMBER CAIRAN BAGI TUBUH





Tahukah Anda bahwa jambu air/jambu ayer mawar( sebutan di Malaysia )/jambu cai ( sunda- jawa barat)/ jambu wer ( jawa tengah )/ water apple (apel air )/ bell fruit (buah lonceng karena bentuknya mirip lonceng )dipercaya dapat mempercantik kulit? Potensi tersebut cukup besar, karena jambu air kaya akan vitamin antioksidan, seperti Vit C dan Vit A.
Dalam 100 gram jambu air terdapat vit C hampir setara dengan jeruk mandarin, yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah.Kandungan vit A nya juga cukup tinggi, meskipun tidak setinggi jeruk mandarin, tetapi jauh lebih tinggi daripada apel.

Selain untuk mempercantik kulit, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
Bagi pria antioksidan ini sangat baik untuk memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas yang merusak lapisan pembungkus sperma.
Disamping sebagai antioksidan, vit C juga memiliki fungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler serta kesehatan gigi dan gusi.

Vit A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu vit A juga diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal itu disebabkan vit A dapat meningkatkan fungsi sel darah putih, sebagai antibodi dan antivirus.
Angka kecukupan gizi Vit A pada usia 0-9 tahun berkisar antara 3000-4000 SI, sedangkan ketika menginjak dewasa meningkat menjadi 5000-7000 SI. Ketika sedang hamil, seorang ibu membutuhkan tambahan asupan vit A sebesar 2000SI dan ketika menyusui sekitar 3500SI.

Dengan demikian konsumsi minimal 1 kg jambu air setiap hari dapat membantu asupan vit A ke dalam tubuh.
Nilai energinya yang cukup rendah hingga tidak mengenyangkan, rasa manisnya yang menggugah selera, dan kandungan airnya yang menyegarkan, akan membuat kita mudah untuk mengonsumsi jambu air dalam jumlah banyak.

SUMBER SERAT DAN MINERAL

Seperti buah lain, jambu air mengandung serat pangan tinggi dan mineral yang tidak kalah bagus dari buah yang lebih populer, seperti apel dan jeruk mandarin.Jambu air merupakan sumber mineral besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga dan mangan.
Kelemahan utama jambu air adalah mudah sekali busuk dan tidak tahan lama.Karena itu sangat penting untuk menjaga kesegaran buah. Lebih baik jika jambu air segera dikonsumsi setelah dipetik. Jika dibeli di pasar, kesegaran jambu dapat dilihat dari kulitnya yang masih mulus,lembab, tetapi tidak lembek. Bila kulitnya sudah ada yang keriput, menunjukkan bahwa jambu air tersebut mulai mengalami kebusukan.

Masalah lain dari jambu air adalah ulat di dalam daging buahnya. Sebelum dikonsumsi sebaiknya jambu air dibelah terlebih dahulu dan dibersihkan dengan air mengalir.
Menanam jambu air di pekarangan rumah merupakan cara yang cukup baik untuk selalu menghadirkan buah jambu air di tengah-tengah keluarga.


Semoga bermanfaat bagi semua.

Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...