28 April 2009

ALPUKAT SAHABAT JANTUNG

Dalam sejarahnya, alpukat sempat diasosiasikan sebagai buah perangsang seksual. Akibatnya dalam waktu lama orang-orang yang ingin menjaga citra baiknya enggan mengonsumsi buah yang kaya energi, lemak, vitamin,dan mineral ini. Oleh suku Astec, alpukat bahkan dikategorikan sebagai buah kesuburan.

Selama ini banyak orang modern enggan makan alpukat karena banyak lemaknya. Takut gendut, ogah jerawatan, begitu alasan yang sering terdengar. Memang, alpukat merupakan buah yang mengandung banyak lemak.

Diberbagai negara, buah ini bahkan disebut sebagai pir mentega, saking kayanya akan lemak. yang perlu dicatat adalah, lemak didalam alpukat adalah lemak baik, yang justru sangat diperlukan untuk kesehatan jantung.
Sebuah sumber menyebutkan, mengonsumsi alpukat dalam jumlah banyak terbukti memberi dampak positif pada kadar kolesterol dalam darah. Setelah 7 hari melakukan diet kaya alpukat, pasien hiperkolesterolemia menunjukkan kadar kolesterol totalnya menurun 17%.Terjadi pula penurunan 22% lemak jahat (LDL) maupun trigliserida, dan terjadi peningkatan kadar kolesterol baik 11%.

Selain tinggi lemak, alpukat juga dikenal dengan buah yang kaya akan folat, potasium, vitamin B,E,K dan serat.
Sayangnya, alpukat bukan jenis buah yang cocok dijadikan bahan jus. Sulit sekali mengkombinasikannya dengan bahan-bahan lain. Jeruk adalah salah satu bahan yang dapat ditambahkan, sekaligus untuk membuat alpukat tidak berubah warna setelah dibelah.
Yang pasti jangan takut makan alpukat. Usahakan pula untuk tidak menambahkan gula saat mengonsumsinya.


ALPUKAT JERUK




Bahan: 1 buah alpukat, 4 buah jeruk medan, 1 buah jambu biji.
Cara membuat: Semua bahan dicuci bersih dibawah air mengalir. alpukat dibelah dan diambil daging buahnya. Jambu dipotong-potong. Jeruk dibelah lalu diperas diambil airnya. Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan sampai lembut. tuang ke dalam gelas, siap diminum.


ALPUKAT RAMBUTAN



Bahan: 1 buah alpukat, 6 buah rambutan
Cara membuat:
Setelah dicuci bersih, alpukat dan rambutan dibelah, diambil daging buahnya. Siapkan blender. Masukkan daging buah alpukat dan rambutan. tambahkan segelas air, haluskan sampai lembut, tuang ke dalam gelas, siap diminum.



ALPUKAT SAYURAN





Bahan: 1 buah alpukat, 1 buah wortel ukuran besar, 1 batang seledri, 1 buah timun ukuran kecil, 1/2 buah jeruk lemon.
Cara membuat: Semua bahan dicuci bersih. Potong-potong wortel, seledri dan timun. Siapkan juicer, masukkan 1 per 1 bahan untuk di ambil sarinya. Tuang ke dalam blender, tambahkan alpukat, haluskan. Tuang ke dalam gelas, siap diminum. Bila ingin manis tambahkan madu.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...