20 April 2009

MENANGIS MERINGANKAN STRESS

Menangis memang dapat meringankan kepedihan " To weep is to make less the depth of grief..." seperti yang ditulis oleh Shakespeare.Menangis memiliki efek terapi.

Menangis merupakan cara tersehat untuk melepaskan frustasi secara fisik maupun mental. Menangis dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi kadar hormon stress dan depresi, membuang racun yang menumpuk akibat stress, dan membantu kita berpikir lebih jernih.

Mengapa orang merasa lega setelah menangis?

* Pengalaman praktik Alan Wolfelt, Ph.D, profesor di University of Colorado Medical School menunjukkan banyak pasiennya merasa lebih baik, juga tampak lebih baik, setelah mengekspresikan diri dengan menangis. Kebanyakan mereka merasa sress setelah kematian orang tercinta.

* Menurut Dr. William Frey, ahli biokimia dan Direktur Dry Eye and Tear Research Centre di Minneapolis, orang merasa lebih baik setelah menangis karena melalui air mata juga ikut tersingkir zat2 kimia yang tertimbun akibat stress. Penelitiannya mengindikasikan bahwa airmata seperti keringat, urin dan udara napas, juga mengusung sampah tubuh.

* Sebuah riset yang dilakukan tahun 1957 menemukan bahwa airmata emosi berbeda dengan air mata yang keluar akibat iritasi. Air mata emosi mengandung lebih banyak protein dan beta endorfin, salah satu pereda nyeri alami.

* Margaret Crepeau, Ph.D, profesor bidang keperawatan di Marquette University, mempelajari air mata dari aspek fisik maupun emosi. Menurutnya orang sehat memandang air mata lebih positif daripada orang yang sakit. Orang sehat lebih sering menangis dan air matanya lebih banyak daripada orang dengan kolitis dan ulser. Tertawa dan menangis merupakan obat alami yang dapat mengurangi tekanan, perasaan negatif, dan mengisi energi kembali.

Mengapa wanita lebih sering menangis ketimbang pria?

* Dr. Frey dan kolega meneliti 331 sukarelawan berusia 18-75 tahun, meminta mereka menyimpan " tear diary " selama 30 hari. Selama periode itu wanita menangis 4-5 lebih banyak dari pria.

Apa sebab?

Ternyata wanita memiliki kadar serum prolaktin lebih tinggi daripada pria. Prolaktin adalah hormon yang terkait dengan produksi airmata serta air susu. Studi juga menunjukkan bahwa pola menangis pada anak laki2 dan perempuan tidak berbeda hingga memasuki usia pubertas. Antara usia 12-18 tahun, kadar prolaktin pada wanita 60% lebih tinggi dari pria.

Mengapa orang menangis?

Hasil study Dr. Frey menunjukkan alasan orang menangis, karena sedih ( 49% ), menangis bahagia ( 21 % ), karena marah ( 10 % ), simpati ( 7% ), cemas ( 5% ), takut ( 4% ).



Semoga bermanfaat bagi semua.

Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...