25 April 2009

KOMPUTER SUPER DI KEPALA KITA=OTAK



Hai para blogger dimanapun anda berada, kali ini saya dapat artikel tentang otak, agak panjang sih artikelnya, namun jangan boring dulu yach? Siapa tahu ada banyak manfaat yang bisa kita petik untuk diri sendiri maupun orang lain. Dibaca sampai tuntas yach....thanks!

Beratnya +/- 1,5kg dan bisa dipegang dengan sebelah tangan. Namun kapasitasnya lebih hebat dari sebuah komputer super canggih. Itulah otak, organ tubuh yang menjadikan manusia begitu istimewa.

Otaklah yang membuat manusia lebih mulia daripada hewan. Otak seekor lalat hanya terdiri dari seratus ribu sel otak aktif. Seekor tikus memiliki 5 juta, sedangkan kera 10 miliar sel otak aktif. Manusia memiliki 100 miliar sel otak aktif sejak lahir.

Sel-sel otak ini membentuk koneksi belajar dengan kecepatan 3 miliar/detik. ini lebih banyak daripada hit pengguna internet di seluruh dunia saat mengikuti perjalanan angkasa di atas permukaan planet Mars tahun 1997.

Otak kita dapat membuat koneksi 15 x lebih banyak dalam 1 detik daripada koneksi jutaan pengguna internet di seluruh dunia dalam 3 hari.
Otak terdiri dari triliunan sel. Setiap sel seperti gurita kecil yang begitu kompleks dengan banyak cabang dan koneksi. Tiap sel tersebut jauh lebih canggih daripada komputer di bumi. Setiap sel otak saling berhubungan dengan ratusan ribu sel yang lain dan saling bertukar informasi.

AKHIR EVOLUSI

Robert Ornstein dari Universitas Stanford dalam buku Amazing Brain, menyatakan bahwa jumlah koneksi di otak itu mungkin lebih banyak daripada jumlah atom di Jagad raya ini.
Begitu canggihnya otak manusia, sehingga Colin Blakemore, Guru besar Universitas Oxford, Inggris menyebut otak manusia dalam buku The Mind Machine sebagai mesin paling kompleks di alam raya ini. Sayangnya komputer super di kepala kita ini belum digunakan secara maksimal. Pemilik otak rata-rata juga kurang mengenal isi di tempurung kepalanya, sehingga Bill O'brein, mantan presiden perusahaan asuransi dari Amerika Serikat, menyebut otak sebagai wilayah tak tersentuh itu justru berada diantara kedua telinga kita.

Ilmuwan kaum evolusionis percaya bahwa manusia dengan otak seperti sekarang adalah hasil akhir proses evolusi selama 4 miliar tahun. Bandingkan dengan makhluk tanpa tulang belakang seperti tiram dan udang, yang hanya memiliki beberapa ribu sel saraf. Manusia adalah makhluk bertulang belakang dengan sistem saraf yang sangat kompleks.

4 BOOK/DAY

Bagian otak yang mengatur dan mengendalikan fungsi-fungsi sederhana seperti yang ada pada makhluk hidup lain seperti pernafasan dan detak jantung. Bagian otak ini sama persis dengan otak reptil. Karena itu bagian ini disebut otak reptil.

Lebih tinggi dari otak reptil adalah otak mamalia karena mirip dengan bagian utama otak hewan mamalia ini adalah bagian otak yang menyebabkan seekor anjing secara naluriah menyusu pada ibunya setelah dilahirkan.

Bagian otak ini juga merupakan pusat emosi dan seksual yang berkaitan erat dengan bagian otak yang berurusan dengan penyimpanan memori. Itulah sebabnya Anda ingat sekali dengan the detail story about your first love.
Lalu, bagian yang menjadikan manusia spesies unik adalah serebrum dua sisi dan lapisan korteks yang menyelimutinya. Lapisan korteks ini hanya setebal 3 mm, tetapi terdiri dari 6 lapisan yang masing-masing memiliki fungsi dan pusat yang berbeda untuk memproses input dari setiap indra dan bereaksi terhadapnya.

Dengan kemampuan komputer super itu, manusia sesungguhnya bisa melakukan hal-hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

"Jika benar-benar menyiapkan pikiran untuk itu, You can read 4 book per day. Not only to read but also to remember what you read.

CARA MUDAH MEMBUAT OTAK BUGAR

Apakah setiap hari anda sering melakukan kebiasaan yang sama, melihat hal yang sama, makan makanan yang sama? Tentu hal itu bisa membuat kejenuhan bukan? Berikut ini ada sejumlah ide, yang tidak hanya membuat hidup anda lebih bergairah, tetapi juga membuat otak menjadi lebih tajam:

1. MENGUNJUNGI MUSEUM
Kunjungi museum yang menyediakan pemandu yang bermutu.
Alasan: Akitivitas memori yang menggiatkan semua tahap penggunaan otak, yakni
menerima, mengingat dan berfikir, akan meningkatkan fungsi otak dan
menghambat terjadinya kemunduran.
2.MAKAN COKELAT
Konsumsi sekotak kecil cokelat hitam setiap hari.
Alasan: Ketika makan cokelat, anda mengaktifkan sistem di dalam otak yang memompa
zatkimia dopamin. Sistem ini
membuat kita mampu belajar dan membantu memelihara ketajaman otak.
3.MENGINGAT LAGU
Pilihlah lagu yang disukai, tetapi belum dikuasai. Catat liriknya lalu berlatih
menyanyikannya secara komplit, bila sudah menguasainya, pilih lagu lain dan
lakukan hal yang sama.
Alasan: Membangun kebiasaan mendengar dengan seksama akan menajamkan pemahaman,
pikiran, dan daya ingat anda.
4. LATIH PEMAHAMAN PERIFERAL (SEKELILING)
Duduklah di taman dan arahkan pandangan lurus ke depan, tanpa menggerakkan mata.
Fokuslah pada apa saja yang dilihat, termasuk pemandangan sekeliling dan buatlah
catatan.
Alasan: Anda akan menyegarkan kembali neurotransmiter untuk fokus dan mengasah
memori.
5. BELAJAR MAIN MUSIK
Berlatih main musik atau memainkan kembali alat musik yang sudah lama tersimpan.
Alasan: Main musik membantu melatih beberapa dimensi fungsi otak, termasuk
mendengarkan, mengendalikan gerakan, dan menerjemahkan not-not balok ke
dalam irama.
6. MAIN PUZZLE
Susunlah puzzle menantang, tak kurang dari 500 potongan.
Alasan: Menyusun puzzle melibatkan perputaran potongan-potongan mental otak anda
lalu memanipulasikan di tangan dan mengalihkan perhatian dari cukilan
kecil ke gambar utuh.
7. PELANKAN SUARA TV
Turunkan volume TV. Perhatikan apakah dengan suara pelan itu Anda masih dapat
mengikuti siaran TV seperti halnya jika suaranya sebesar biasa.
Alasan: Melatih keterampilan mendengarkan membuat Anda mampu memahami setiap kata
yang diucapkan lawan bicara.
8. MAIN LEMPAR BOLA
Latihlah lempar bola ke udara lalu tangkap. Jika sudah mahir, lakukan style="font-style:italic;">sunglap bola seperti pemain sirkus.
Alasan: Orang yang aktivitasnya banyak dibimbing oleh sensorinya akan terasah
kemampuan visualnya di dalam otak. Indra perabanya, dan kecepatan
koordinasi mata tangan.
9. ISI TTS
Temukan aktivitas pribadi seperti mengisi TTS atau merajut. Lihat jika dengan
konsentrasi Anda berhasil melakukannya lebih baik atau lebih cepat.
Alasan: Hal ini akan melatih otak untuk mampu bekerja setangkas mesin.
10. GUNAKAN CARA BARU
Jika tidak kidal, gunakan tangan kiri untuk melakukan kegiatan rutin. Mulai dari
menggosok gigi hingga tugas yang agak sulit seperti makan mi.
Alasan: Melakukan hal rutin dengan cara baru akan membantu jutaan sel-sel saraf
mempelajari trik baru.
11. OLAHRAGA
Kesehatan otak merupakan alasan kuat bagi anda untuk segera kembali mengayuh
sepeda, berenang atau olahraga lain yang disukai untuk melatih tubuh.
Alasan: Olahraga memberikan keuntungan pada hipokampus yang berperan dalam proses
belajar dan mengingat, juga bermanfaat membantu membangun sel-sel baru.
12. MEMBERI MAKANAN UNTUK OTAK
Vincent Fortanasche, MD, spesialis rehabilitasi saraf dari Fortanasche Neurology
Center di Acadia, Canada menyarankan konsumsi kunyit untuk menstimulasi otak. Ia
juga menyarankan asupan sayur, buah, asam lemak omega-3.
Alasan: Sayur, buah dan asam lemak omega-3 dari ikan salmon membantu melindungi
sel-sel otak. Kurangi konsumsi lemak jenuh agar jantung kuat dan mampu
memompa darah ke otak. Konsumsi kunyit bagus untuk menstimulasi kerja
otak.

LINDUNGI DIRI DARI PENCURI INGATAN

Usaha menjaga ingatan tidak berguna jika kondisi kesehatan secara umum menghalangi kemampuan belajar. Banyak masalah kesehatan yang terjadi saat usia menua yang berhubungan dengan keterampilan kognitif.
Inilah cara-cara melindungi diri dari pencuri ingatan itu:

* HINDARI SYOK GULA

Dalam Harvard's Nurse's Health Study, hasil tes kognitif wanita berusia 70-81 tahun lebih buruk dan menunjukkan perburukan lebih dari 2 tahun jika menderita diabetes tipe 2. Mereka yang minum obat untuk mengontrol gula darah lebih baik melakukan tes tersebut.

* KONTROL TEKANAN DARAH
Kehilangan memori terkait dengan pengurangan aliran darah ke otak yang disebabkan tekanan darah tinggi. Pada penelitian seputar penuaan di Baltimore Longitudinal Studi, hasil tes memori dan tes kognitif lain lebih buruk jika mereka menderita baik tekanan darah rendah maupun tinggi. Tekanan darah tinggi kelihatannya lebih merusak memori pada wanita dibandingkan pada pria.

* TERUS BERNAFAS.

Orang yang menderita sleep anea, yaitu secara temporer berhenti bernafas beberapa kali di malam hari ternyata hasil tes akan lebih baik jika mereka menggunakan mesin Continuous Positve Airway Pressure (CPAP) untuk menjaga saluran nafas tetap terbuka selama tidur.

* OBATI DEPRESI

Masalah kognitif bisa merupakan tanda depresi. Wanita paruh baya yang depresi ternyata fungsi kognitifnya lebih buruk dari perempuan yang tidak depresi. Keterampilan itu akan turun lebih cepat seiring bertambahnya waktu. Diantara orang dewasa yang di diagnosis menderita gangguan kognitif ringan, mereka yang mengalami depresi 2x lebih beresiko menderita penyakit alzheimer.

* PERIKSA TIROID

Tiroid yang kurang aktif dapat memperburuk pembelajaran, memori dan atensi. Ketika kadar hormon tiroid kembali normal, kemampuan di 3 bidang itu menjadi normal pula. Bahkan ketika hormon tiroid tidak cukup rendah untuk menyebabkan gejala lain, perempuan paruh baya yang tidak diobati karena penyakit ini 2x lebih beresiko mengalami penurunan kognitif.

Jangan lupa memagari ingatan dengan hal-hal ini:

1. TIDUR 8 JAM SEHARI
Otak kita membutuhkan tidur agar bisa berfungsi baik. Tidur itu digunakan untuk memilah dan menyimpan informasi. Peneliti menyarankan tidur karena tidur membantu memperkuat ingatan.

2. LAKUKAN PERNAFASAN DALAM
Kerja otak memproses informasi jadi terganggu ketika kita cemas dan stress dan cemas menyerang, tutup mata dan katupkan kelingking dengan jempol. Pikirkan perasaan sehat setelah berolahraga. Ambil nafas dalam dan tahan selama 30 detik. Katupkan jari manis dengan jempol lalu ingat ketika Anda merasa dicintai selama 30 detik. Pindahkan jempol menempel pada jari tengah dan ingat bahasa tubuh yang penuh perhatian. Ketika jempol terkatup dengan jari telunjuk, bayangkan sebuah tempat yang indah.
Anda boleh melamun sejenak ketika sedang stress. Tenangkan diri dan sediakan waktu untuk membayangkan hal-hal baik yang ingin anda lakukan. Visualisasi positif ini bukan tak mungkin terjadi di masa depan.

3. ISTIRAHATKAN OTAK SEJENAK

Di kantor kita sering melakukan 2 hal sekaligus, seperti menelpon dan membaca e-mail. tahukah Anda, ini justru membuat kita jadi pelupa. Lakukan tugas satu persatu. Otak orang dewasa membutuhkan waktu sejenak untuk istirahat ketika berpindah dari tugas satu ketugas yang lain.


AGAR OTAK SETAJAM BELATI

Saat memasuki usia 50 tahun atau lebih, pasti ada penurunan kemampuan dalam mengingat banyak hal. Lebih buruk dari itu, ada yang sudah pikun. Berikut ini cara mencegahnya yang sudah teruji lewat penelitian.
Kebiasaan sehat membantu melindungi fungsi kognitif otak dan mengurangi resiko dimensia. Banyak penelitian membuktikan bahwa resiko pikun menurun jika secara fisik kita terus aktif, cukup tidur, tidak merokok dan sering stress, menjaga hubungan sosial dengan banyak orang, mengurangi minum alkohol , serta berpola makan seimbang dengan kadar lemak tak jenuh dan lemak trans sedikit. Dan tampaknya efek samping pengobatan serta masalah fisik tidak mengganggu ingatan orang yang mengikuti nasihat dokter.

Perubahan yang terkait dengan penuaan memperlambat proses kognitif di otak. Itu akan membuat otak lebih susah mempelajari hal-hal baru atau mengatasi gangguan-gangguan.
Lupa menaruh kunci mungkin akan terjadi lebih sering. Meski normal tentu saja hal ini sangat mengganggu. Kabar baiknya, penelitian selama puluhan tahun memungkinkan kita menajamkan pikiran lewat strategi yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah.

Berikut sejumlah cara untuk meningkatkan ingatan meskipun usia terus bertambah :


1. PERCAYA DIRI

Mitos tentang penuaan menyumbang penurunan ingatan.Hasil tes memori para pembelajar paruh baya atau lebih tua ternyata lebih buruk ketika mereka diekspos pada stereotip soal penuaan dan memori. Hasil tes lebih baik jika mereka diekspos pada penajaman memori diusia lanjut.
JIka anda percaya bahwa memiliki ingatan baik atau buruk diluar kendali sendiri, Anda akan menyerah dan tidak lagi berusaha menjaga atau memperbaiki keterampilan memori. Akibatnya kemampuan kognitif terus menurun ketika usia bertambah.
Percayalah bahwa anda dapat memperbaiki,menerjemahkan kepercayaan menjadi tingkah
laku dengan mengembangkan keterampilan memori dan menantang ingatan. Ini akan membuat ingatan lebih tajam.

2. OPTIMALKAN PENGGUNAAN OTAK

Manfaatkan kalender, agenda, peta, daftar belanja, folder, buku alamat untuk menuliskan informasi rutin yang bisa dibuka setiap saat. Buat satu tempat khusus di rumah untuk menaruh kacamata, dompet, kunci, dan lain-lain yang sering digunakan.
Jaga rumah atau meja kantor tetap rapi. Ini akan menghindarkan Anda dari gangguan konsentrasi, sehingga lebih fokus pada informasi baru yang ingin diingat.

3. ATUR PIKIRAN

Informasi baru yang dipecah menjadi kecil lebih mudah di ingat dibandingkan dengan informasi panjang. Contohnya nomor telepon 12 digit, 0815-3601-3161, dipisah menjadi 3 bagian. Demikian juga dengan nomor rekening bank.
Saat coba mengingat sesuatu, bagilah jadi lebih pendek.

4. GUNAKAN SEMUA INDERA

Semakin banyak indera yang digunakan untuk belajar, semakin banyak otak terlibat dalam menyimpan memori. Bau dikenal berkaitan dengan kenangan masa lalu, khususnya mereka yang punya kaitan emosi lebih erat. Contohnya, bau toko roti yang lezat ketika mengunjungi rumah kakek.
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuron (2004) mendemonstrasikan bahwa bau juga memperbaiki memori.Orang dewasa diberi gambar-gambar yang secara emosi netral, masing-masing dengan baunya. Kemudian mereka ditanya apa yang telah dilihat.
Mereka mudah mengingat gambar yang dipasangkan dengan bau.Paling baik adalah ingatan dengan bau yang menyenangkan.
Selama otak mencitrakan ingatan, daerah yang memproses bau primer di otak menjadi aktif ketika orang melihat objek yang telah dilihat dengan bau, meski bau itu tidak ada dan subyek tidak mencoba mengingatnya.

5. PERLUAS OTAK

Lebarkan daerah otak yang terkait dengan pembelajaran dengan membaca keras-keras, menggambar, menulis informasi yang ingin dipelajari meskipun Anda tidak melihat catattan itu.
Hanya dengan membentuk gambar visual, Anda akan lebih mudah mengingat dan mengerti. Ini akan membuat anda mengingat lebih tepat.

6. ULANGI LAGI

Ketika ingin mengingat sesuatu yang telah didengar atau dipikirkan, ulangi dengan keras.
Contohnya jika anda baru diberi tahu nama seseorang gunakan ketika berbicara dengan mereka, seperti,"Jadi Ibu Yaty, dimana Anda tinggal sekarang?"
Jika menempatkan benda di rumah, buat catatan atau katakan dengan keras pada diri sendiri. Jangan ragu untuk mengulangi.

7. BERI JARAK

Repetisi memang alat pembelajaran bagus. Daripada mengulang sesuatu berkali-kali dalam waktu pendek, lakukan repetisi 1 jam atau beberapa jam sekali atau setiap hari.
Memberi jarak menjadi berharga ketika Anda mencoba menguasai informasi rumit seperti detail penugasan baru di kantor.
Dalam penelitian, latihan yang diberi jarak ini memperbaiki ingatan pada orang sehat dan yang punya masalah kognitif seperti penderita multiple sclerosis.

8.BUAT JEMBATAN KELEDAI

Untuk pembelajar paruh baya, gunakan jembatan keledai untuk mengingat sesuatu. Contohnya, kucingku memecahkan gelas berisi susu, sehingga saya harus mengepel. Ini mengingatkan bahwa Anda harus memeriksakan kucing ke dokter hewan, lalu membeli gelas baru, dan susu, serta membersihkan lantai.

9. MENANTANG DIRI SENDIRI

Terlibat dalam aktivitas yang membutuhkan konsentrasi akan menjaga keterampilan meskipun Anda bertambah tua. Ikutlah diskusi buku,mengisi TTS, Menyusun puzzle, mencoba resep baru, bepergian, melakukan proyek baru atau hobi yang membutuhkan keterampilan baru.
Tantanglah semua indera anda untuk mengalami sesuatu yang tidak biasa . Cobalah menebak bahan yang digunakan dalam masakan di restoran, ikut kelas membuat keramik, atau mendengarkan musik aliran berbeda.

10. IKUT KURSUS

Kursus meningkatkan memori bisa dicoba, yang dibimbing psikolog atau ahli rehabilitasi kognitif. Hindari kursus yang memusatkan pada komputer atau permainan konsentrasi. Pilih kursus yang berfokus pada cara praktis mengatur tantangan sehari-hari.
Hasilnya bergantung pada upaya Anda.Menurut laporan pertemuan tahunan American Psycological Association 2004, kemampuan mengingat nama dan cerita tidak bergantung usia dan kesehatan, tetapi pada motivasi untuk berlatih.



Semoga bermanfaat

Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...