01 May 2009

MANFAAT AIR KELAPA BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN




Tidak hanya segar diminum, air kelapa juga bisa berfungsi sebagai pengganti ion di tubuh yang hilang.Dengan demikian air kelapa bisa berfungsi sebagai minuman elektrolit. Tidak hanya itu, air kelapa juga berfungsi untuk kecantikan. Apa saja fungsinya? Baca keseluruhan artikel ini ya.....

" Tree of Heaven" atau pohon surgawi, itulah sebutan untuk kelapa seperti dalam mitologi hindu dan menurut Kitab Suci Weda, karena dapat dipercaya membawa kekuatan, kesehatan, umur panjang dan kedamaian.
Selain itu, tanaman kelapa memang menjadi ciri khas Negara Indonesia, sebagai negara beriklim tropis dan negara bahari.
Selama ini air kelapa hanya digunakan sebagai pelepas dahaga. Sesekali ibu rumahtangga memanfaatkannya untuk memasak bacem, satu makanan khas dari daerah jawa. Selebihnya sering terbuang sia-sia. Padahal air kelapa kaya khasiat, baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Air kelapa mengandung mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti elektrolit atau ion tubuh. Secara alamiah kelapa terutama air kelapa muda , mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga memiliki keseimbangan elektrolit yang nyaris sempurna, setara dengan cairan tubuh manusia.

Morton Satin, Chief of FAO's Agricultural Industries and Post Harvest Management Services dalam laporannya mangatakan, seluruh karakteristik fungsional air kelapa memenuhinya sebagai minuman olahraga. Tidak mengherankan jika saat Anda meminum air kelapa muda setelah beraktivitas, maka tubuh akan terasa segar kembali. " Yang mengejutkan adalah terdapatnya kandungan Vitamin C dan Vitamin B kompleks di dalamnya.Kandungan Vitamin dan mineral sangat baik, bagi pengobatan tradisional sekaligus kecantikan.," kata dr Rachel Shinta dipl. CIBTAC, Acp, Herbalis, Aeshtetic Medical Consultant dari Acu Well.

UNSUR GIZI

Air kelapa mempunyai nilai gizi yang luar biasa.Air kelapa mengandung unsur makro, yaitu bahan gizi penyuplai energi, berupa karbohidrat sederhana ( glukosa, sukrosa,Fruktosa, Sorbitol, dan Inositol) dan Nitrogen ( Alin, Arginin, Alanin, Sistin, dan Serin). Hebatnya unsur nitrogen berupa protein yang tersusun dari asam amino air kelapa ternyata lebih tinggi daripada asam amino dalam susu sapi.

Air kelapa juga mengandung unsur mikro, yaitu bahan gizi yang menentukan sel tubuh tetap bekerja baik, meliputi vitamin dan mineral. Mineral tersebut diantaranya adalah kalium, natrium, kalsium, magnesium, ferum, cuprum, fosfor dan sulfur.
dr Rachel mencatat, kalsium berperan dalam pembentukan tulang, kuku dan gigi, serta membersihkan pori-pori kulit.
Zat besi antara lain membantu membawa oksigen ke setiap sel tubuh, berpengaruh pada pembentukan melanin, dan memperbaiki kekenyalan kulit.
Magnesium adalah building block untuk elemen struktur kulit dan untuk kontrol enzim metabolisme kulit. Kekurangan magnesium akan menimbulkan gejala penuaan pada kulit dan banyak lagi.
Peranan sulfur sendiri dalam perawatan kulit adalah membantu sintesis kolagen dan keratinisasi kulit.

Karena komposisi zat gizinya, kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan, seperti di Filipina yang memanfaatkan air kelapa untuk pembuatan minuman, jelly, alkohol, cuka dan nata de coco.

VITAMIN C UNTUK KECANTIKAN


Vitamin yang terdapat pada air kelapa adalah vitamin C, berbagai asam ( asam pantotenal, dan asam folat), juga vitamin B kompleks sendiri membantu kesehatan kulit dan rambut.
Dengan kandungan vitamin C di air kelapa sangat bermanfaat bagi kulit. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang kuat, dapat membantu penyembuhan luka, sebagai faktor penting pembentukan kolagen dan jaringan tubuh, menguatkan dinding pembuluh darah , serta membantu memperbaik pembuluh kapiler yang rusak.

Dikatakan Arafat, herbalis dari Salsa Herbs Medicine, manfaat air kelap bagi kulit prosesnya tidak secara cepat dirasakan. " Air kelapa masuk dalam tubuh saat dikonsumsi, diproses, baru kemudian disalurkan ke seluruh tubuh, termasuk sel-sel kulit. Hasilnya kulitpun menjadi segar kembali."

Untuk pengobatan, air kelapa juga bisa menurunkan demam, dan mengobati wasir. Air kelapa dapat pula mengatasi kerusakan sistem saluran cerna, seperti mengurangi gas dalam lambung dan rasa mual.
Dan sudah sangat diketahui luas bahwa air kelapa berkhasiat sebagai obat berbagai jenis penyakit, terutama menetralkan racun dalam tubuh." Air kelapa merupakan antitoksin yang sangat baik."

AIR KELAPA UNTUK KECANTIKAN

* MENGHILANGKAN JERAWAT :

Siapkan segelas air kelapa, 3 ruas kunyit yang telah diparut, dan 3 sendok teh bubuk cendana.Cara mengolahnya: Tuang segelas air kelapa dalam suatu wadah yang berisi parutan kunyit, lalu tambahkan teh bubuk cendana. Simpan selama semalam dalam lemari es. Setelah itu bubuhkan pada wajah yang berjerawat dengan ramuan tersebut 2x sehari sampai jerawat hilang.

* MENCEGAH KERUTAN DINI PADA WAJAH:

Basuhlah wajah dengan air kelapa, sesering anda suka. Niscaya wajah Anda akan kencang.

* MENCEGAH UBAN :

Jika usia masih muda, tapi rambut Anda ubanan, cobalah larutkan satu sendok teh garam dapur dalam air kelapa hijau segar. Gunakan setelah keramas. Usapkan pada kulit kepala dan tiap helai rambut secara merata. Pijat kulit kepala dengan lembut. Biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan setidaknya 2x seminggu.

* MENINGKATKAN GAIRAH SEKSUAL

Campurkan air kelapa muda dengan sedikit madu alami, lalu minum. Ramuan ini berkhasiat merangsang pusat-pusat seksual tubuh.


AIR KELAPA UNTUK PENGOBATAN

# MENGOBATI BATUK KERING

Sediakan 1 gelas air kelapa dan 1 sendok makan madu alami. Campurkan kedua bahan, lalu minum menjelang tidur. Ramuan ini sangat baik bagi Anda yang menderita batuk kering berkepanjangan.

# CACINGAN

Berikan larutan air kelapa muda yang diberi sedikit jeruk citrun kepada anak yang menderita cacingan.

# LUKA BAKAR

Campur 1 sendok teh bubuk kunyit dengan kapur sirih. Tambahkan air kelapa,lalu oleskan pada bagian tubuh yang terluka bakar, terciprat minyak goreng, ataupun tersiram air panas.. Rasa panas akibat terbakar pun akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.

# DISENTRI

Gejala disentri selain kaki pegal, demam tinggi, tinja berlendir dan bercampur darah, sering buang air, juga urin berwarna keruh (gelap). Agar urin kembali jernih dan disentri cepat sembuh, minumlah air kelapa hijau secara teratur pagi dan sore hari. Bila warna urin kembali normal, hentikan meminum air kelapa.

# GATAL-GATAL AKIBAT EKSIM DAN KULIT KAKI PECAH-PECAH

Rendam 1 genggam beras dengan air kelapa muda yang masih ada dalam tempurungnya selama 6-7 jam. Jika sudah terasa asam, angkat. Kemudian giling beras tadi hingga menjadi bubur halus. Oleskan bubur beras pada bagian tubuh yang terasa gatal, ruam, luka, eksim, atau telapak kaki pecah-pecah. Lakukan setiap hari secara teratur selama 3-4 hari. Kulitpun akan sehat, mulus, dan bebas dari gatal.

# DEMAM BERDARAH

Minumlah larutan campuran air kelapa muda hijau dan perasan jeruk nipis secara teratur 3x sehari. Tambahkan sedikit garam dan madu.Bila ada.


SEHARI CUKUP 1 BUTIR KELAPA

Konsumsi air kelapa yang diperoleh dari 1 butir kelapa muda per harinya dirasakan cukup untuk tubuh.
Apabila terlalu banyak akan menimbulkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan pada tulang, disarankan untuk tidak mengonsumsi air kelapa terlalu banyak. Juga bagi para penderita darah rendah karena dapat menurunkan tekanan darah menjadi semakin rendah.
Arafat, herbalis dari Salsa Herbs Medicine mengatakan, untuk dikonsumsi, pilihlah kelapa muda karena semakin tua umur kelapa, vitamin di dalam airnya pun semakin berkurang.



Semoga bermanfaat.
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...