08 April 2009

SEHAT DAN AWET MUDA BERSAMA " KERANG "




Selain rasanya yang nikmat, kerang2an ( remis, tiram dan kijing ) mengandung zat2 gizi yang menyehatkan dan bisa membuat awet muda, hidangan laut inipun mengandung lemak yang baik buat tubuh.
Simak yach yang satu ini........

DIBALIK CANGKANG

Makanan laut kelompok " Shellfish " / bertempurung ini sangat dikenal lezat dan gurih. Kerang merupakan jenis invertebrata moluska, yaitu hewan bertubuh lunak yang dagingnya tersembunyi dibalik sepasang cangkangnya yang keras.
Kerang dapat hidup di laut dan didataran pasir pantai. Tubuhnya memiliki sifon untuk memasukkan air, sehingga plankton dalam air ikut masuk. Plankton merupakan sumber makanan utama bagi kerang.
Keberadaan kerang dapat ditemukan disetiap pantai hampir diseluruh dunia. Saat ini di dunia di perkirakan terdapat 200 spesies, walau tidak semua jenis kerang layak di konsumsi.

PROTEIN LENGKAP

Kerang merupakan bahan pangan asal laut yang kaya akan berbagai zat gizi.Sayangnya tidak semua orang menyadari akan hal tersebut,bahkan menghindarinya karena mengira kerang mengandung kolesterol tinggi. Padahal hasil penelitian menunjukkan, kerang merupakan bahan yang aman untuk dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh.
Kerang merupakan sumber protein hewani yang lengkap. Mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Asam amino esensial adalah: isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin.
Hal terpenting yang berkaitan dengan protein adalah kemampuannya untuk dicerna dan diserap tubuh setelah di konsumsi.

Kemampuan tubuh mencerna protein kerang adalah sekitar 85-95%. Hal ini berarti kerang dapat digunakan sebagai sumber protein yang baik bagi semua kelompok usia.
Kerang juga kaya akan vitamin larut lemak ( A,D, E dan K ), serta vitamin larut air ( B1, B2, B6, B12, dan niasin ).

Selain itu kerang merupakan sumber utama mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti iodium ( I ), besi ( Fe), seng ( Zn ), Selenium ( Se ), kalsium ( Ca ), Fosfor ( P ), kalium ( K ), Flour ( F ), dll.
Bahkan mineral dari makanan lauat lebih mudah diserap tubuh daripada kacang2an dan serealia ( padi2an ).

JENIS KERANG YANG LAYAK DI KONSUMSI

1. PROTOTHACA STAMINEA : Jenis kerang ini hidup di karang/ bebatuan di Teluk Pasifik.
Yang harus diperhatikan, hindari konsumsi kerang ini ketika musim panas karena
bisa tercemar oleh organisme penghasil toksin
2. REMIS : Sejenis molusca bercangkang yang tinggal dikawasan pantai berpasir.
3. TIRAM : Sejenis hewan bercagkang/ kerang2an dengan kulit yang agak datar.
Dagingnya rendah kalori, tetapi kaya akan kalsium dan vitamin A. Saat ini
tiram banyak dibudidayakan sebagai penghasil mutiara.
4. LOKAN ( POLYMESODA PLACANS ) : Molusca dwicangkang yang banyak terdapat di lumpur
pinggir laut. Isinya dapat dimakan, tetapi tidak seenak tiram.
5. ABALONE : Ciri2nya permukaan kulit sebelah dalam berwarna-warni. Daging molusca
ini dianggap sebagai salah satu makanan istimewa di Amerika Latin
( khususnya Cile ), Asia Tenggara, dan Asia Timur ( khususnya di Cina,
Jepang, dan Korea ).


SUMBER LEMAK YANG SEHAT

Kerang sesungguhnya adalah sumber lemak yang aman. Kadar lemak dalam daging kerang tergolong rendah, yaitu 1,1 g / 100 g daging, lebih rendah dari kadar lemak belut (27g), ikan tawes (13g), bandeng (4,8g), ekor kuning (4g), Kepiting ( 3,8g).
Dalam kelompok makanan asal laut, kadar kolesterol pada kerang memang tergolong cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan daging ternak, jeroan, telur dan otak. Kadar kolesterol pada kerang lebih rendah.

Keunggulan kerang adalah memiliki kadar lemak total dan lemak jenuh yang rendah, tetapi kadar asam lemak tak jenuh ( omega-3 ) cukup tinggi.
Fungsi asam lemak omega-3 adalah meningkatkan kadar HDL ( kolesterol baik ), serta menurunkan LDL ( kolesterol jahat ) dan trigleserida dalam darah.

Konsumsi Omega-3 yang cukup akan menyebabkan platelet ( keping darah ) tidak mudah lengket dan mengeras, sehingga dapat mengurangi terjadinya aterosklerosis ( pengerasan pembuluh darah ).
Asam lemak omega-3 juga dapat mengencerkan darah. kondisi tersebut membuat peredaran darah lebih mudah dan lancar, sehingga mencegah terjadinya hipertensi.

MEMPERLAMBAT PROSES PENUAAN

Pada kerang terkandung Mineral Seng, tembaga, magnesium dan selenium yang merupakan mineral yang bersifat antioksidan. Antioksidan berperan menangkal radikal bebas, penyebab penuaan dini dan penyakit degeneratif.


Nah, jangan ragu-ragu lagi ya untuk mengkonsumsi kerang....??
Semoga bermanfaat.....

Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...