21 April 2009

TANDA KONTRAKSI YANG BENAR

Bagi anda yang baru pertama kali mengalami kehamilan, kadang mengalami kekeliruan dalam menginterpretasikan kontraksi uterus tidak tetap, yang merupakan " tanda kelahiran palsu", sebagai pertanda akan melahirkan yang sebenarnya.

Biasanya, karena mendadak panik, ibu yang menanti kelahiran ini segera berangkat ke rumah sakit. Namun sesampai di Rumah Sakit, dokter menyatakan belum tiba waktunya untuk melahirkan.

Agar tidak mengalami hal seperti itu, ada baiknya menyimak tp dari The American College of Obstetricians and Gynecologists berikut ini yang memberikan perbandingan antara tanda akan melahirkan yang sebenarnya dengan tanda kelahiran bohongan:

1. Jika akan melahirkan yang sebenarnya, kontraksi berlangsung sekitar 30 - 70 detik, dan semakin mendekati saat melahirkan kontraksi akan terjadi semakin sering. Pada tanda kelahiran palsu, rasa sakitnya tidak konsisten dan tidak terjadi semakin sering bila terus berlangsung.

2. Bila rasa sakit dan kontraksi semakin berlangsung, walaupun anda mengubah posisi tubuh maupun berjalan keliling ruangan, merupakan pertanda akan terjadi kelahiran yang sebenarnya. Jika rasa sakit itu hilang saat anda melakukan gerakan, beristirahat, atau mengubah posisi tubuh, itu merupakan pertanda kelahiran palsu.

3. Rasa sakit hendak melahirkan sangat kuat, dan berlanjut terus. Pada tanda kelahiran palsu, rasa sakit itu bisa melemah atau tetap sama intensitasnya dengan berjalannya waktu.

4. Jika rasa sakit pada tanda kelahiran palsu berada di perut bagian depan, pada tanda kelahiran yang asli rasa sakit sering kali dimulai di daerah punggung bawah lalu bergerak ke arah depan.

Jika ragu-ragu dengan sesuatu yang anda kira sebagai tanda akan melahirkan, segeralah telpon dokter, minta nasehat dari dokter kandungan anda. Tidak perlu panik.

Sumber : GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...