28 April 2009

" SI HIJAU " YANG KAYA MANFAAT

Belakangan ini klorofil semakin sering di sebut-sebut, antara lain berkat jasa para penjual suplemen yang aktif mempromosikannya dari mulut ke mulut(DMKM). Biasanya promosi DMKM itu menyebutkan klorofil sangat baik untuk membuat tubuh awet muda, sehat, dan segar berseri.
Berbagai penelitian memang telah membuktikan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi klorofil, kualitas kesehatannya lebih baik dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak mengonsumsi daging-dagingan.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan klorofil? tidak lain adalah inti daun yang memberi warna hijau/ hijau kebiru-biruan pada sayuran.
Klorofil mengandung hampir semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, dalam komposisi yang seimbang. Ia merupakan pembentuk sel darah merah paling cepat maupun pembentuk sel darah putih.
Selain itu klorofil juga kaya akan zat antioksidan, bersifat anti peradangan dan anti bakteri. Zat hijau daun ini bisa diibaratkan sabun pencuci bagi tubuh karena memiliki manfaat membersihkan tubuh dari golongan hidrokarbon yang ikut terkonsumsi, seperti zat tambahan dalam makanan, pestisida dan lain-lain.
Dengan demikian klorofil sangat membantu kerja hati dalam menyaring zat-zat makanan dari racun.
Mengonsumsi jus sayuran hijau merupakan cara yang sangat baik untuk mendapatkan sumber klorofil alami.
Berikut jus-jus yang bisa dijadikan pilihan :

JUS BAYAM BROKOLI



Bahan: 1 ikat kecil bayam hijau, 1 bonggol kecil brokoli, 1 buah apel manalagi, 1 buah wortel besar.
Cara membuat: Semua sayuran dan buah dicuci bersih di bawah air mengalir, lalu dipotong-potong seperlunya, siapkan jus ekstraktor, masukkan 1 per 1 potongan sayur dan buah, ambil sarinya. tuang ke dalam gelas, siap diminum.


JUS DAUN KATUK




Bahan: 1 mangkuk daun katuk, 1 buah wortel besar, 1/8 buah nanas.
Cara membuat: Semua bahan dicuci bersih, dikupas lalu dipotong-potong. Ambil sarinya menggunakan jus ekstraktor, tuang ke dalam gelas dan siap dihidangkan


JUS CAISIM BOKCOI



Bahan: 1 bonggol sawi caisim, 1 bonggol bokcoi, 1/4 buah nanas, 1 buah apel manalagi.
Cara membuat: Cuci bersih caisim dan bokcoi, begitu pula dengan apel.nanas dikupas. potong-potong semua bahan, masukkan kedalam jus ekstraktor. tuang sarinya ke dalam gelas, siap diminum.

Gimana rasanya yach? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...