22 April 2009

AKUPRESSURE TELINGA KHUSUS WANITA

Ini ada artikel buat para wanita, simak ya! Semoga bermanfaat....

Keputihan dan nyeri saat haid, jenis penyakit kewanitaan yang sering menyerang perempuan. Selain wanita hamil, penderita Diabetes Mellitus, pemakai obat antibiotik, akseptor pil KB, dan penderita kurang gizi juga rentan menderita keputihan, kata Dr. Junita Indarti, dokter spesialis obstetri dan ginekolog dari FKUI/RSCM, Jakarta.

Pemakaian obat antibiotik, akan mematikan kuman yang ada di daerah vagina, sehingga memudahkan munculnya jamur penyebab keputihan.
Sementara kurang gizi akan menyebabkan turunnya daya tahan tubuh.kondisi ini memudahkan jamur berkembang biak di daerah vagina, yang akhirnya akan menimbulkan keputihan.

Ibu hamil sering mengalami keputihan, terutama pada trimester terakhir. Riset menunjukkan, 20% ibu hamil mengalami keputihan. Karena vaginanya sensitif terhadap jamur.
Normalnya dalam vagina terdapat spora-spora jamur dalam jumlah seimbang. Keputihan yang terjadi pada ibu hamil akibat meningkatnya hormon estrogen, yang menyebabkan sel-sel glikogen ( glukosa ) semakin aktif. Sel glikogen tersebut menempel pada dinding vagina sebagai makanan bagi jamur. Kondisi inilah yang akan meningkatkan pertumbuhan jamur penyebab keputihan.

GATAL-GATAL DI VAGINA


Keputihan atau leucorrhea atau pek tay adalah pengeluaran cairan lendir yang tidak normal dari vagina. Pengeluaran cairan secara normal biasanya disebabkan beberapa hal, misalnya kondisi sebelum atau sesudah haid, saat sel telur matang, menerima rangsangan seksual, atau sesudah melahirkan.
Keputihan dibagi 2:
1. Keputihan Normal :
Pada keputihan normal, cairan bening, tidak berbau, dan biasanya muncul beberapa saat sebelum atau sesudah menstruasi.

2. Keputihan tidak normal :

Cairan keluar secara berlebihan, dari yang ringan hingga berat. Cairan kental, berbau busuk, berwarna kuning sampai kehijauan. Pada kasus berat seringkali disertai rasa gatal bahkan panas di vagina.

Gejala yang muncul saat keputihan adalah : gatal-gatal pada alat kelamin, ada bau tak sedap, badan lemah dan tidak nyaman.
Penyebab keputihan yaitu : infeksi kelamin, kotoran tertinggal di celana dalam, kencing nanah, dan penyakit kelamin lainnya, terlalu lelah atau stress.

JARUM PENTUL

Penyakit kewanitaan lainnya adalah nyeri saat haid. Nyeri haid atau dismenore merupakan rasa yang amat hebat, terutama saat memasuki hari pertama haid.Disebut dismenore primer
jika tidak ditemukan penyebab yang mendasarnya, dan disminore sekunder jika penyebabnya adalah kelainan kandungan.

Dismenore sekunder, jarang ditemukan. Hanya 25% wanita yang mengalami dismenore.
Penyebab Dismenore sekunder adalah endometriosis, fibroid, adenomiosis, peradangan tuba falopii, perlengketan abnormal antara organ di dalam perut, dan pemakaian IUD.
Secara TCM ( Traditional Chinese Medicine ) kata praktisi akupuntur Oei Gin Jing, berdasarkan penyebabnya nyeri haid dibedakan menjadi 2 tipe: yang (ekses) dan yin
(defisien).

Penyebab nyeri haid tipe yang yaitu terdapat gumpalan darah pada rahim, sering mengonsumsi makanan yang terlalu dingin pada saat haid, banyak berpikir, terlalu emosional (takut,sedih, marah).
Sementara penyebab nyeri haid tipe yin adalah karena energi chi berkurang atau kosong, sehingga air dalam metodologi lima unsur tidak bisa menghidupi air atau kayu, yang diwakili organ ginjal. Akibatnya, ginjal menjadi lemah, sehingga hati ikut terganggu karena ginjal lemah itu.

Gejala yang menyebabkan nyeri haid tipe yang adalah rasa kejang dan nyeri pada perut bagian bawah pada saat permulaan periode haid. Selain itu nyeri semakin hebat pada saat perut bawah ditekan, nyeri menjalar ke punggung, pinggang dan kedua paha. Gejala lainnya adalah nyeri berkurang sedikit demi sedikit setelah haid, dan cairan darah kotor yang keluar berwarna gelap kehitaman.

Gejala yang muncul saat nyeri haid tipe yin adalah nyeri selama periode haid. Gejala lainnya ketika perut bawah diberi penghangat akan terasa enak,wajah penderita pucat,jantung berdebar-debar, kaki dan tangan terasa dingin, dan cairan yang keluar berwarna merah muda.

Gangguan kewanitaan ini dapat diatasi dengan tehnik akupresur alias akupuntur tanpa jarum atau pijat akupuntur. caranya dengan menekan titik-titik akupuntur.
Penyembuhan dengan akupresur dapat dilakukan sendiri, hanya dengan menggunakan alat bantu seperti batang korek api, jarum pentul, ujung korek kuping stainless steel, atau ujung tutup ballpoint yang tumpul.






DAERAH PEMIJATAN ( LIHAT GAMBAR )

Berikut penanganan penyakit kewanitaan yang ditawarkan Oei Gin Jing :

1. Keputihan

* Lakukan pemijatan di telinga pada titik T22 (titik endokrin),T23 (titik indung
telur ), T58 (titik rahim dan uterus ), dan T34 (titik selaput otak ).Pemijatan
dilakukan 1-3 kali sehari, masing-masing selama 1-2 menit.
* Anjuran : sebaiknya penderita menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan
katun dan agak longgar di bagian bawahnya.
* Pantangan : Penderita sebaiknya tidak memakai celana kotor, terbuat dari bahan
nilon, atau celana dalam ketat. selain itu penderita juga tidak boleh mengonsumsi
bengkoang,nanas,mentimun, dan ikan laut. Alat kelamin tidak boleh dicuci dengan
sabun tangan atau sabun mandi.

2. NYERI HAID TIPE YANG

* Lakukan pemijatan di telinga pada titikT58 ( titik rahim ), T22 (titik endoktrin),
T55 (titik penenang jiwa), dan T56(titik pelvis). Pemijatan dilakukan 1-3 kali
sehari, masing-masing titik dipijat 1-2 menit.
* Anjuran : sebaiknya selalu berusaha berpikir positif,
mengendalikan emosi, dan cukup istirahat.
* Pantangan : Tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman dingin, bengkuang dan
mentimun, coba menjaga emosi.

3. NYERI HAID TIPE YIN

* Lakukan pemijatan di telinga pada titik T58 (titik rahim), T95(titik ginjal), T97
( titik hati ), T22 (titik endoktrin), dan T23 ( titik indung telur ). Pemijatan
dilakukan 1-3 kali setiap hari, masing-masing titik dipijat selama 1-2 menit.
* Anjuran : Cukup istirahat dan tidur, konsumsi air jahe dan air sereh hangat. Bila
terasa nyeri, kompres perut dengan air hangat.
* Pantangan : Tidak boleh mengonsumsi makanan/ minuman dingin, bengkuang dan
mentimun, harus cukup istirahat.


Sumber: GHS

2 comments:

  1. makasih bwt info disminorea nya..
    tlg di tambah lg buat info disminoreanya coz saya lagi nyusun skripsi tetnag disminorea...
    saya tunggu ya...
    makacih....

    ReplyDelete
  2. Hallo teman, artikel disminore nya sudah saya tambahkan..

    ReplyDelete

Loading...