27 April 2009

FUNGSI TUBUH ERROR AKIBAT TREMOR

Bayangkan jika tangan yang vital bagi aktivitas kita sehari-hari tiba-tiba gemetaran tidak karuan. Jangankan menulis, untuk memegang pena saja rasanya sulit. Itu bisa terjadi bila kita terserang tremor. Kalau tidak diatasi, penyakit yang menyerang saraf ini akan mengacaukan fungsi tubuh.

PROSES PENUAAN

Tremor merupakan gerakan gemetar akibat kontraksi otot yang tidak terkontrol. Frekwensi getaran berkisar 4-12 kali per detik.
Tremor dapat terjadi di hampir seluruh bagian tubuh, misalnya di ujung lengan atau tungkai,pinggang, bagian wajah, bahkan pita suara.
Meski demikian paling sering terjadi pada tangan. Gejala yang paling mudah dilihat, orang tangannya gemetaran saat memegang apa saja, contohnya mangkuk bakso/gelas minum.
Biasanya tremor terjadi karena proses penuaan. Namun, tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga dialami oleh kalangan usia produktif. Meski tidak berakibat fatal, jika dibiarkan, tremor bisa bertambah parah dan menyebabkan hilangnya fungsi bagian tubuh yang terkena.

UJI MOTORIK

Untuk mendiagnosis tremor, dokter biasanya meminta pasien melakukan serangkaian tes seperti menggambar lingkaran. Tujuannya untuk menguji kemampuan sensorik dan motorik pasien.
Pemeriksaan urin dan darah juga dapat membantu untuk menegakkan diagnosis, apakah ada faktor lain yang mempengaruhi, misalnya pengaruh obat-obatan atau penyakit tertentu.Pemeriksaan menggunakan teknologi Magnetic Resonance Imaging (MRI) ataupun elektromiogram juga dapat dilakukan sebagai penunjang.

Tremor yang sudah parah dapat menurunkan kualitas hidup dan menyebabkan penderitanya tergantung terhadap orang lain. Bisa dibayangkan jika profesi seperti dokter bedah mengalami tremor, akan terjadi salah potong. Dokterpun terpaksa puasa bekerja sampai tremornya hilang.

MERKURI KOSMETIK

Melihat penyebabnya, tremor bisa timbul karena berbagai hal."Perasaan emosi yang berlebih dapat menimbulkan tremor. Orang yang sedang ketakutan atau gugup juga dapat gemetar. Ini termasuk jenis tremor fisiologis yang normal dialami manusia.Tremor ini akan hilang dengan sendirinya jika emosi sudah tenang. ucaap Dr. Jofizal Jannis, Sp.S,Spesialis saraf dari RSCM Jakarta.

Ada tremor yang terjadi karena penyakit, seperti tremor pada pasien parkinson. Tremor yang diakibatkan oleh penyakit tidak bisa hilang jika penyebabnya tidak ditangani lebih dahulu. Tremor ini termasuk rest tremor, yaitu getaran terjadi hanya pada saat pasien tidak melakukan apapun. Sebaliknya jika pasien tengah beraktivitas, getaran tidak muncul.

Jenis tremor yang lain adalah tremor iatrogenik. Tremor ini terjadi karena efek samping obat-obatan.
Contohnya keracunan merkuri yang berasal dari kosmetika. Meskipun hanya dioleskan di wajah, merkuri dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan gejala tremor.

PALING BANYAK

Yang belum diketahui penyebab pastinya adalah tremor esensial. Padahal penderita tremor jenis ini paling banyak jumlahnya. Tremor ini termasuk Action Tremor
artinya getaran akan muncul jika pasien melakukan kegiatan dan akan menghilang jika pasien dalam keadaan istirahat atau tidak melakukan aktivitas.

Banyak yang mengatakan bahwa tremor esensial terjadi karena faktor genetik/ keturunan. Namun, hingga kini para ahli medis masih mencari penyebab pasti tremor jenis ini.

HINDARI KAFEIN

Banyak penderita tremor esensial ini tidak memerlukan pengobatan selama keluhannya tidak mengganggu kehidupan atau mengarah ke penyakit lebih berat. Perubahan pola hidup, misalnya menambah waktu istirahat dan menghilangkan beban pikiran, dapat membantu mengurangi gejala tremor.
Alkohol dapat memicu adanya tremor.Tindakan lain mengurangi gejala adalah menghindari kafein. Alasannya kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin yang menyebabkan tremor bertambah parah. Aktivitas fisik yang dianjurkan yaitu meguatkan tangan dan pergelangan tangan menggunakan beban seberat 0,5-1 kg yang digerakkan seperti mengangkat barbel.
Tremor esensial juga dapat menyebabkan masalah sosial yang cukup serius karena penderita merasa dirinya tidak berguna dan tersingkirkan dari kehidupan sosial. Untuk mengatasi masalah percaya diri pada pasien, disarankan untuk selalu mendukung pasien.


AWAS KECANDUAN

Jika perubahan pola hidup tidak mengurangi gejala tremor, dapat dilakukan terapi medikamentosa( obat-obatan). Biasanya para terapis menyarankan penggunaan obat betablocker seperti propranolol.Yang harus diingat obat ini tidak cocok bagi manula dan pengidap asma, diabetes, serta pasien gangguan organ jantung.

Jika betablocker tidak mempan, bisa digunakan obat yang mengandung primidone atau valium
. Yang pasti penggunaan obat-obatan ini harus mendapat pengawasan dokter karena dapat menimbulkan efek samping berbeda pada tiap orang. Terutama jenis obat yang mengandung valium, yang dapat menyebabkan kecanduan.

Jalan terakhir yang dapat ditempuh adalah tindakan bedah yang dikenal dengan nama talamotomi dilakukan dengan memutuskan lingkaran saraf di otak.
Efek samping talamotomi yang dapat terjadi adalah kesulitan bicara dan terganggunya keseimbangan. Namun, dengan semakin majunya teknologi kedokteran saat ini, efek samping itu sudah bisa diminimalkan, bahkan sudah bisa dibilang mencapai 0%

KELEWAT SERING MAIN PLAY STATION

Gangguan tremor juga bisa dialami anak-anak. Terutama diderita anak-anak yang gemar bermain video games, play station, atau game-game lain yang membutuhkan koordinasi gerakan tangan yang cepat.

Kondisi ini juga bisa dialami pengemudi mobil atau orang yang terbiasa menangani mesin-mesin yang bergetar. Penyebabnya bisa karena refleks atau kebiasaan memencet tombol yang intens dan cepat tersebut.
Tremor pada anak-anak juga bisa disebabkan oleh berbagai gangguan, termasuk riwayat tremor esensial pada keluarga, epilepsi atau gangguan gerak psikogenik.

Bila sudah terkena tremor, kualitas hidup anak bakal terganggu. Anak tidak lagi mampu mengancingkan baju, mengikat tali sepatu, atau mewarnai gambar yang biasanya menjadi aktivitas yang sangat disukai mereka.
Cara paling mudah untuk mengobatinya adalah mengurangi kebiasaan buruk yang memperbesar resiko anak menderita tremor. Jika frekuensi bermain video games dikurangi, hingga akhirnya dihilangkan ( jika mungkin) tremor pun akan cenderung menghilang. Untuk kasus seperti ini umumnya tidak diperlukan pengobatan atau penanganan khusus.
Meski demikian jika tremor sampai mengganggu anak saat memegang gelas/ menulis, penanganan yang lebih serius harus dilakukan. Sejumlah obat dapat digunakan untuk mengurangi gejalanya.
YAng harus diingat adalah efek samping yang dapat di timbulkan oleh obat-obatan tersebut. karena itu penggunaan obat ini sebaiknya di bawah pengawasan dokter. Orangtua tentu juga harus memegang peran penting atas terapi untuk si anak.



Semoga bermanfaat.

Sumber: GHS

5 comments:

  1. makasih yaa....
    bermanfaat banget..
    aku sepertinya sudah menderita tremor akibat sering minum kopi, sampai skrg walaupun sudah tidak minum kopi lagi tapi tetap saja gemetaran sampai nulis dan tanda tangan pun susah.
    apakah ada akibatnya jika kita sedang hamil??

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. mksih mbak udh singgah di blog saya, smoga bermanfaat n salam kenal selalu

      Delete
  3. trimakash tmn infonya,,,,sgt berguna bgt

    ReplyDelete
  4. saya ad pertanyaan. Kalau banyak olahraga apakah bisa menyebabkan tremor??? karena setelah berolahraga, saya merasa tangan kanan saya gemetar. menurut anda, apakah ad gejala tremor berat???

    ReplyDelete