17 May 2009

TETAP LANGSING=SELAMATKAN BUMI

Bertubuh langsing bisa memperlambat laju perubahan iklim. Peningkatan jumlah orang yang kelebihan berat badan dan kegemukan di Inggris misalnya, menunjukkan penggunaan energi dari makanan lebih besar 19% ketimbang 40 tahun lalu. Jumlah ini setara dengan 60 megaton emisi gas rumah kaca per tahunnya.
Itu termasuk biaya transportasi dari populasi yang lebih gemuk, seperti disebutkan dalam studi yang dilaporkan International Journal of Epidemology.

Dr. Phil Edwards, pimpinan studi dan peneliti di London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan bahwa mereka telah menghitung konsumsi energi di Inggris bila berat badan populasi dikembalikan seperti beberapa dekade yang lalu.
Peneliti membandingkan populasi dewasa normal 3-5% dikelompokkan sebagai gemuk, dengan populasi yang 40% nya mengalami obesitas.

Untuk menghitung peningkatan biaya energi dari populasi yang lebih berat peneliti mencari seberapa banyak tambahan bahan bakar yang dibutuhkan bagi transportasi dibandingkan di tahun 1970-an. Diestimasikan, karena gas rumah kaca dari produksi makanan dan perjalanan dengan mobil pada populasi lebih gemuk berada pada kisaran 0,4-1 giga ton lebih besar per 1 milliar orang.

Secara umum, populasi sekarang lebih gemuk ketimbang 3 dekade lalu. Rata-rata indeks massa tubuh (IMT) pria di Inggris meningkat dari 26 menjadi 27,3 sedangkan perempuan dari 25,8 menjadi 26,9 setara dengan 3kg lebih berat daripada populasi di tahun 1994-2004.

" Bukan masalh kegemukan saja, distribusi dari populasi keseluruhan juga penting" kata Dr. Edwards.
Kondisi serupa tidak hanya menjadi masalah di Inggris. Di hampir setiap Negara di dunia, rata-rata IMT juga meningkat. Prof. Alan Maryon - Davis, Presiden Fakultas Kesehatan Masyarakat mengatakan, pergeseran populasi distribusi berat badan kembali ke tahun 1970-an akan banyak membantu planet ini.

" Di tahun 1970-an, kita makan sayur lebih banyak daripada daging. Juga ada pergeseran olahraga yang dilakukan.Gabungan dari semua ini akan ikut mencederai bumi".
Tetap langsing berarti baik untuk kesehatan dan lingkungan.


Semoga bermanfaat
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...