23 May 2009

KURANGI PAPARAN BAHAN KIMIA

Bagaimana cara memangkas/ mengurangi paparan bahan kimia di lingkungan rumah?Cobalah saran para ahli disitus WebMD berikut ini:

1. BERSIHKAN DEBU

Debu rumah memicu alergi dan mengandung bahan kimia. Sedot dengan alat penyedot debu setiap hari, termasuk yang dipojok-pojok ruangan. Bersihkan kantong penyedot debu dan penyaringnya setiap saat.

2. BERHENTI MEROKOK

Rokok jadi pemicu terbesar asma pada anak.

3. KURANGI PENGGUNAAN PESTISIDA PEMBUNUH TIKUS, KECOAK, DAN SERANGGA LAIN

Paparan berlebihan membuat anak beresiko asma dan mengalami masalah perkembangan otak. Untuk mencegahnya jangan meninggalkan piring/gelas kotor di bak cuci, buang sisa makanan di tempat sampah, simpan makanan di wadah tertutup rapat, tutup setiap celah yang menjadi tempat mask kecoak.

4. CERMATI BISPHENOL A PADA PLASTIK


Bahan kimia pada plastik polikarbonat ini lazm dipakai untuk botol air dan dot bayi. Ada kekhawatiran efek buruknya terhadap otak dan perilaku bayi. Ganti dengan botol yang aman.

5. SARING AIR KERAN

Pasang penyaring pada keran air, ganti secara berkala.

6 CUCI TANGAN

Cara ini menghindarkan perpindahan penyakit yang bisa ditularkan melalui tangan. Biasakan cuci tangan sehabis dari toilet, memegang barang, uang, dab lain-lain.

7. GUNAKAN PEMBERSIH NONTOKSIK

Anda bisa menggunakan bahan alami, seperti air jeruk lemon. Vinegar yang dicampur air bisa jadi pembersih jendela, hidrogen peroksida mengenyahkan noda.

8. KONSUMSI BAHAN ORGANIK

Bahan organik tidak menggunakan pestisida. Selain lebih sehat, kita membantu melindungi lingkungan.


Semoga bermanfaat
Sumber:GHS


No comments:

Post a Comment

Loading...