30 May 2009

7 SARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Mengonsumsi makanan beragam dan kaya nutrisi menjadi cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama dimasa pergantian musim. Ada sejumlah saran penting dari Christine Scivicque, pemilik sertifikat gizi klinis holistik:

1. PERBANYAK VITAMIN C

Vitamin C penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan penting bagi tubuh. Namun, mengingat vitamin C dikeluarkan melalui urin bila dikonsumsi berlebihan, cara terbaik tentu saja mengasup vitamin C beberapa kali dalam jumlah sedikit. Dengan demikian kebutuhan vitamin C selalu tercukupi.

2. JANGAN LUPAKAN ZINC

Mineral ini juga tergolong antioksidan penting. Kekurangan zinc atau seng dapat menurunkan imunitas tubuh secara nyata. Mineral ini juga memiliki kapasitas antiviral yang cukup kuat dan dapat menghambat pilek.

3. HINDARI MAKANAN SAMPAH DAN MAKANAN YANG TERLALU MANIS

Makanan terlalu manis atau tinggi kalori bisa membuat lemas karena gula diserap secara cepat. Lebih baik konsumsi makanan dengan gizi sehat- seimbang. Sertakan sayur dan buah segar, organik akan lebih baik.

4. ASUP MULTIVITAMIN

Makanan beragam sebenarnya sudah memberi kecukupan zat gizi yang diperlukan tubuh. Namun, kadang kita kekurangan sejumlah zat gizi karena tidak mengasup makanan dengan benar. Menambah suplemen multivitamin bisa menjadi solusi sementara, mengingat sumber
vitamin dan mineral terbaik adalah makanan.

5. TURUNKAN LEVEL STRESS

Percayalah, stress memangkas banyak zat gizi penting dalam tubuh, termasuk antioksidan si peningkat imunitas. Stress juga membuat tubuh sulit meredakan flu, batuk, maupun pilek. Kalau merasa stress, segera selesaikan masalah yang menjadi penyebabnya. Lakukan rileksasi dan pastikan tidur 8 jam setiap hari.

6. TIDAK ADA SALAHNYA MAKAN BAWANG PUTIH

Aroma bawang putih memang sangat kuat, tetapi di balik itu ia berfungsi sebagai antiviral dan membantu dalam melawan infeksi parasit.

7. MINUM YANG HANGAT- HANGAT

Teh hangat ditambah irisan jahe tidak hanya menenangkan, tetapi juga meningkatkan imunitas tubuh. Susu sereal ditambah jahe akan memiliki efek serupa selain menghangatkan, juga meningkatkan daya tahan tubuh.


Semoga bermanfaat bagi semua, salam hangat

sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...