22 May 2009

VITAMIN -D MENGURANGI ANCAMAN KEMATIAN

Ada temuan baru yang mengingatkan betapa penting kecukupan vitamin-D didalam tubuh. Manfaat terbesar yaitu mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah (Cardiovascular diseases). Sudah cukupkah asupan vitamin-D kita?

Vitamin-D membantu metabolisme kalsium. Kekurangan vitamin-D yang ekstrim menimbulkan penyakit tulang " Rikcets atau penyakit inggris". Menu harian tidak hanya cukup mengandung vitamin-D saja, karena vit-D tidak akan terbentuk bila tubuh tidak cukup terpapar sinar matahari. Penduduk di negara yang "kehilangan" sinar matahari lebih dari setengah tahun, inggris misalnya, terancam terserang penyakit tulang Rickets. Terbentuk benjolan semacam tasbih di tulang dada, dan struktur tulang tidak sempurna.

BUTUH MATAHARI DAN LEMAK

Tidak seperti vitamin A yang cukup besar cadangannya di dalam tubuh sekiranya asupan kurang, vitamin D hanya tersimpan sedikit di hati dan gajih/lemak/fat. Bila asupan vit-D terus menerus tidak memadai, dalam waktu singkat tubuh akan menderita kekurangan vit-D. Sesuai fungsinya, tulang dan gigi jadi bermasalah.
Bukan karena asupan sumber vit-D tidak memadai saja yang menyebabkan tubuh menderita kekurangan vitamin ini. Tidak jarang juga karena penyerapan vitamin ini terganggu akibat asupan lemak yang tidak memadai. Kita tahu vitamin-D seperti halnya vitamin A, E dan K, membutuhkan kecukupan lemak untuk penyerapannya.

Beruntunglah kita karena matahari senantiasa hadir sepanjang tahun. Persoalan vit-D di Indonesia lebih disebabkan asupan sumber atau bahan baku vitamin D yang tidak memadai.Sekali lagi, normalnya tidak terjadi kekurangan selama menu yang terhidang di meja makan terbilang lengkap. Mereka yang pantang mengonsumsi lemak dan berniat menguruskan badan, beresiko kekurangan vit-D karena berkurangnya porsi dan keberagaman menu harian. Mungkin keluhan dan gejalanya sebelum muncul penyakit tulang spesifik Rickets tidak selalu nyata. Tanpa memeriksa kandungan vit-D dalam darah, orang tidak menyadari apabila tubuhnya sedang kekurangan vitamin ini.
Sekarang ketahuan pentingnya peran vitamin D dalam banyak penyebab kematian, khususnya kematian penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah.

PERAN PEMBULUH DARAH

Bukan saja menguatkan tulang belulang, penyakit jantung-pembuluh darah, ancaman terjatuh, risiko kanker, darah tinggi,dan penyakit metabolik juga berkaitan dengan kecukupan vitamin D bagi tubuh.
Vitamin D berpengaruh terhadap pembentukan plak dinding pembluh darah yang bila dibiarkan menjadi sumber penyumbatnya.

"Karat" lemak pembuluh darah ini terbentuk berangsur-angsur dalam hitungan puluhan tahun.Vitamin D berperan melarutkan butiran bekuan darah (fibrinlysis), menetralkan sifat lemak darah dan gumpalan sel pembeku darah (thrombogenicity),meremajakan sel-sel dinding pembuluh darah (endhothelial rejuvenation), dan pertumbuhan sel-sel otot halus. Selain itu, berefek pula terhadap pembentukan plak (matrix metalloproteinase), sehingga pembuluh darah lebih rentan mengalami pengapuran (arterial calcification).
Semua itu berkaitan dengan urusan kebugaran pembuluh darah tubuh, termasuk pembuluh darah jantung dan otak. Karena penyakit jantung dan pembuluh darah sekarang mengemuka, kebugaran pembuluh darah menjadi fokus agar resiko yang membuatnya lebih buruk bisa ditekan dengan memberi kecukupan vitamin D.

Kita tahu, pembentukan "karat" lemak dikarenakan kadar lemak darah( trigliserida dan kolesterol ) melebihi normal selama 10 tahun. ini bagian dari gaya hidup salah rata-rata orang sekarang. Darah tinggi dan kencing manis yang dibiarkan merajalela, tingginya faktor stress, kurang gerak dan polusi,merupakan faktor-faktor yang mempermudah terbentuknya sumbatan pembuluh darah ( atherosclerosis), awal serangan jantung koroner dan stroke.
Kalau kondisi pembuluh darah kurang bugar sejak awal, antara lain sebab kurang memadainya kecukupan vitamin D, karat lemak lebih rentan terbentuk. Kondisi darah, sel-sel dinding pembuluh darah, otot polos pembuluh darah,dipengaruhi oleh peran vitamin D. Pembuluh darah berada dalam status buruk bila vitamin yang membugarkan asupannya tidak mencukupi.Di situlah perannya vitamin D yang selama ini mungkin kita abaikan.

RAJINLAH MAKAN IKAN

Sumber terbaik vitamin D adalah minyak ikan. Doyan makan ikan menjamin kita tidak kekurangan vitamin D. Anak yang diberi ekstra minyak ikan pasti terpenuhi kebutuhan tubuhnya akan vitamin D. Lengkapi dengan kebiasaan berjemur matahari pagi sekitar 15 menit dan kecukupan menu berlemak.
Segelas susu dan sebutir telur hanya memberikan 1/10 kebutuhan vitamin D sehari.Mereka yang tidak suka ikan perlu mempertimbangkan sumber vitamin D lain, yaitu kapsul minyak ikan, misalnya.
Kelebihan ikan dibandingkan dengan daging merah, selain manfaat minyak ikan, protein ikan tidak kalah dari protein daging. Karena itu, kelompok usia kepala 4 dianjurkan sudah membatasi konsumsi daging merah, tetapi lebih memilih ikan, khususnya ikan laut dalam.

Melihat peran vitamin D terhadap ancaman kematian penyakit jantung dan pembuluh darah, jangan abaikan kecukupannya walau kebutuhan tubuh hanya 10 mikrogram atau 400 IU perhari.
Cadangan vit-D tubuh tidak banyak. Berlama-lama kekurangan akan beresiko sakit jantung dan stroke.Untuk memastikan kekurangan akan beresiko sakit jantung dan stroke. Untuk memastikan kekurangan dapat dilakukan pemeriksaan darah (serum). Bila lebih rendah dari normal, itu sudah "lampu merah" untuk segera menambahnya dengan suplemen kalau menu tidak bisa diandalkan. Selain bisa dipenuhi dari menu harian, suplemen tidak diperlukan.
Sekali lagi kualitas meja makan perlu disempurnakan. Makin beragam menu harian, terdiri dari 4-5 jenis menu, makin kecil kemungkinan kekurangan zat gizi, termasuk vitamin-D.


Semoga bermanfaat.
Sumber:GHS


No comments:

Post a Comment