29 May 2009

AGAR DIABETESI TIDAK DIAMPUTASI

Salah satu hal yang dikhawatirkan terjadi pada orang dengan diabetes ( diabetesi) adalah jika terjadi luka yang membusuk ( gangren ), lalu harus diamputasi. Secara medis diketahui, luka membusuk itu akan terus merembet ke bagian tubuh lain. Dan satu-satunya jalan untuk menghentikannya adalah dengan memotong bagian busuk itu.

Bagaimana caranya agar terhindar dari kejadian mengerikan itu? Ikuti saran berikut ini:

* Jaga gula darah tetap normal dengan cara-cara sesuai yang dianjurkan dokter ( mengontrol makan, berolahraga, minum obat ).

* Jaga berat badan ideal. Terlalu gemuk akan meningkatkan resiko lipatan-lipatan tubuh lembab,menjadi sarang kuman, dan mengalami lecet akibat gesekan.

* Hindari segala macam kemungkinan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami luka. Perlu diingat, pada diabetesi, luka akan membawa resiko sulit sembuh.

* Hentikan kebiasaan olahraga atau jogging tanpa alas kaki karena akan meningkatkan resiko kaki mengalami perlukaan. Perlu diingat, bagian yang jauh dari jantung memiliki kemungkinan kebas karena aliran darah tidak cukup untuk mengalir ke ujung-ujung tubuh. Akibatnya, jika kaki tertusuk pasir, duri, paku, dab sebagainya, tidak akan terasa.

* Sebelum menggunakan sepatu, selalu pastikan bahwa di dalam sepatu benar-benar bersih dan aman, tidak terselip pasir atau sesuatu yang dapat menimbulkan luka.

* Perhatikan cara yang benar saat memotong kuku tangan maupun kuku kaki, supaya menghindari kemungkinan terpotong/ tertusuk.

* Jika terjadi perlukaan, segeralah berkonsultasi ke dokter ahli agar mendapatkan penanganan yang tepat.



Semoga bermanfaat, Salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...