15 May 2009

TAUGE/ CAPAR/ SPROUT TINGGI KHASIAT



Tauge/capar biasanya mudah kita jumpai pada makanan soto.Tauge merupakan kecambah dari biji-bijian, seperti kacang hijau, yang memiliki bagian putih dengan panjang hingga 3 cm. Siapa sangka kandungan fitokimia dalam tauge berpotensi menghambat penyakit kanker, osteoporosis, dan gangguan pembuluh darah.
Tauge juga sering dianjurkan bagi pria untuk meningkatkan produksi sperma. Ada pula yang menjadikan tauge sebagai bahan alami estrogen atau fitoestrogen yang bermanfaat untuk mengganti hormon wanita, sehingga baik untuk menekan resiko osteoporosis maupun gangguan pembuluh darah.

MENCEGAH RADANG GUSI

Dalam catatan pengobatan tradisional, tauge memang memiliki manfaat beragam. Namun, karena sering digunakan sebagai campuran lalapan dan diproduksi melalui proses pengecambahan, sering tidak dimasukkan dalam daftar herba atau tanaman berkhasiat obat. Meski begitu, jika dilihat dari sejarahnya, menurut publikasi International Sprout Grower Association ( perkumpulan petani tauge sedunia , tauge sudah diresepkan para tabib cina, baik sebagai makanan kesehatan maupun obat.
Pelaut ulung James Cook, dalam penjajahannya dari Eropa sampai Selandia Baru selama 3 tahun,membawa bekal pangan antiskorbut agar para awaknya tidak terkena radang gusi dan penyakit infeksi. Selain jeruk lemon, yang kala itu dipercaya sebagai sumber Vitamin C, cocok juga membawa biji-bijian dan kacanag-kacangan.
Setelah dikecambahkan, tauge itulah satu-satunya sayuran segar yang mereka santap selama berlayar. Jadi sukses Cook memerangi radang gusi yang saat itu lazim dialami pelaut, bukan semata-mata jasa buah jeruk. Tauge justru banyak mengandung vitamin C.

Tauge dipuji sebagai satu-satunya sayuran yang "praktis" dapat dipanen segera, hanya dalam waktu 3-5 hari setelah dikecambahkan. Bisa tumbuh dalam sepanjang tahun dalam segala cuaca, bahkan dimusim salju sekalipun. Tidak memerlukan lahan tanam, bahkan tidak butuh sinar matahari. Kandungan vitamin C nya begitu melimpah. Siap dimasak tanpa perlu dipotong dan tidak meninggalkan sampah.

Itulah sebabnya menurut Dr. Clive M Mckay, professor gizi dari Cornell University, As, tauge merupakan satu-satunya sayuran yang banyak ditanam dan dimakan sepanjang perang dunia II.


SUMBER VITAMIN A, B, C


Penelitian tentang tauge kedelai yang dilakukan Mckay melibatkan 5 perguruan tinggi di Amerika, yaitu Cornell, Pennsylvania, Minesota, Yale, dan McGill University, proses pengecambahan mampu menahan kandungan vitamin B-kompleks dalam kedelai, sehingga jumlahnya tidak berkurang. Hebatnya lagi proses tersebut melambungkan jumlah vitamin A sebanyak 300% dan vitamin C hingga 500-600%.
Merekapun menemukan bahwa pengecambahan telah mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana yang mudah dicerna dan diserap tubuh. Meski ditanam dalam kegelapan, tauge alfalfa juga lebih kaya klorofil bila dibandingkan dengan seledri, bokcoi atau sawi.
Protein dalam tauge alfalfa, tauge biji bunga matahari, dan tauge biji radis rata-rata 4%, selada hanya 3%, dan susu sapi segar hanya 3,2%. Bahkan kadar protein tauge kedelai bisa mencapai 28%.

RAHASIA MERAMU CAPAR/TAUGE

Di Jawa Timur tauge sering disebut capar. Guna mendapatkan capar/ tauge yang mengandung banyak zat gizi, ada caranya. Tauge yang dibuat secara benar hasilnya akan tampak segar, renyah, dan banyak mengandung air. Sebaliknya jika salah menumbuhkannya, tauge akan tumbuh meliuk. Tauge demikian sebaiknya tidak dipilih karena gizi dan senyawa fitokimiawinya tidak berkembang secara optimum.

Agar tumbuh dengan baik, biji-bijian yang hendak dipanen sebagai tauge harus ditumbuhkan dalam lingkungan yang gelap, selalu lembab dan harus sering disiram, tetapi tidak boleh terendam air.

Meramu tauge sangat mudah, berikut contohnya :
* Ambil tauge secukupnya dan timun 1 buah. Cuci bersih, kemudian dijus. Jika ingin sedikit manis,tambahkan 1-2 sendok madu.
* Campurkan tauge secukupnya dalam sayur lalapan. Setelah dicuci, sebelum dicampur, tauge direndam sesaat dalam air hangat. jangan merendam terlalu lama agar tidak layu.
* Dapat juga dimakan secara langsung tanpa campuran apapun.

CATATAN:
Agar mendapatkan khasiatnya secara maksimal, santaplah tauge dalam keadaan mentah ( setelah dicuci tentunya), saat zat peremaja yang dimilikinya masih utuh.
Boleh disantap dalam salad, karedok, atau diminum sebagai jus. Kalaupun dimasak, sebaiknya ditumis atau dikukus sebentar saja.
Jika harus direbus, misalnya dimasak sayur kuah, masukkan tauge sesaat sebelum masakan diangkat. Dengan cara itu vitamin C dan enzim yang rusak diperkirakan hanya 20%. Jika direbus lama, kerusakannya dapat mencapai sedikitnya 60%.

Sayuran tauge jenis apapun, baik tauge kacang hijau, tauge kedelai, tauge alfalfa, maupun jenis lain banyak sekali mengandung senyawa fitokimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah Kanavanin, jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam tauge alfalfa.
Jadi, mulai sekarang jangan ragu menikmati tingginya khasiat si pendek tauge.


Semoga bermanfaat
Sumber:GHS-kiat alami




No comments:

Post a Comment

Loading...