08 May 2009

MEMULIHKAN DIRI DARI PENGARUH ALKOHOL

Kepala Anda berdenyut sakit, nafas tersengal-sengal, perut mual, atau mulut terasa kering setelah mengasup minuman beralkohol?Bahan-bahan alami berikut ini dapat memulihkan kembali kondisi tubuh Anda.
Meskipun kita tahu bahwa konsumsi minuman beralkohol di luar batas akan memberikan efek negatif bagi tubuh, nyatanya banyak orang melanggar aturan itu dengan menyodorkan berbagai alasan. Diantaranya wine yang disajikan dari negara yang berbeda atau rasanya enak, jadi ingin terus menambah isi gelas.

Bila tubuh tidak lagi mampu mengurai racun dari alkohol yang diminum, terjadilah apa yang disebut kondisi hangover. Gejalanya antara lain sakit kepala, mual, diare, dehidrasi, pusing, emosi tidak stabil, lemas, serta timbul rasa sakit di seluruh bagian tubuh.
Berikut bahan-bahan alami untuk mengatasi efek buruk setelah kebanyakan minum alkohol.
Tentu saja, solusi terbaik untuk menekan resiko mabuk adalah berhenti minum alkohol. Kebiasaan buruk ini menjadikan tubuh Anda semakin rapuh dan rentan terhadap penyakit mematikan.

GINSENG

Ginseng merupakan obat mabuk alkohol karena mampu mengembalikan keseimbangan tubuh. Cara: minum teh ginseng yang banyak dijual di toko/apotik.

JAHE

Jahe dikenal sebagai obat mual dan muntah. Jahe juga dipercaya bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan merangsang pengeluaran racun secara cepat. Tidak salah bila tanaman ini sering jadi pilihan untuk mengatasi mabuk karena alkohol.

TEH HIJAU

Teh hijau merupakan antioksidan yang baik dengan khasiat antibakteri dan anti peradangan. Mampu meningkatkan kekebalan, sehingga membantu tubuh tetap fit, dan bisa memproses zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

JUS JERUK

Jus buah segar dapat mengatasi kondisi mabuk. Seperti air,jus buah ini membantu membuang racun serta memasok kadar air dalam tubuh.

AIR

Minum banyak air sebelum maupun sesudah mengonsumsi minuman keras membantu tubuh menyediakan cadangan air bagi tubuh.Sebab minuman keras akan memicu tubuh untuk sering buang air kecil. Selain itu, air membantu membuang racun jahat yang membuat Anda tidak nyaman.

MENTIMUN

Efek mabuk alkohol sangat terlihat pada mata. Cobalah pengobatan klasik dengan mentimun. Caranya: tidur telentang, lalu letakkan irisan mentimun pada mata. Mata yang merah dan berkantong akan pulih kembali karena sifat mentimun mendinginkan dan menyegarkan.

TEH PEPERMINT

Teh pepermint merupakan obat alami untuk mengatasi mabuk alkohol. Pepermint jadi pilihan karena kemampuannya menyembuhkan sistem pencernaan.

BLACK CURRANT & CRANBERRY

Kedua buah ini sangat kaya akan vitamin C dan nutrisi. Kandungan itulah yang terbaik untuk tubuh yang sedang stress. Blackcurrant memiliki kemampuan membersihkan dan memurnikan darah, sedang cranberry berfungsi sebagai antibakteri dan penguat organ ginjal.

BUBUR GANDUM

Oat adalah makanan dengan nilai A. Selain kaya gizi,oat sangat mdah dicerna karena merupakan makanan alkali.Oat dapat meredakan gangguan perut.

MINYAK ADAS & JUPITER

Minyak adas ( fennel) dan jupiter merupakan alat detoksifikasi yang manjur dan sangat baik untuk mengatasi mabuk alkohol. Gunakan minyak-minyak ini dalam pijit terapi aroma yang bisa Anda lakukan sendiri.

JUS SAYURAN

Detoksifikasi merupakan salah satu cara membersihkan sisa-sisa racun akibat pengaruh alkohol. Untuk detoksifikasi sederhana, konsumsi jus sayur hijau segar, misalnya jus bayam dan seledri. Seledri dan bayam kaya akan vitamin B dan Mineral.

MINYAK LAVENDER

Lavender salah satu obat alami penyembuh segala penyakit. Untuk meredakan mabuk alkohol, tambahkan 6-8 tetes minyak lavender ke dalam bak berisi air hangat. Gunakan untuk mandi.

YOGHURT MURNI

Alasan utama perut terasa seperti diguncang-guncang atau ingin muntah adalah karena keseimbangan PH-nya terganggu. Yoghurt murni akan membantu menyeimbangkannya.


Semoga bermanfaat.

Sumber:GHS

1 comment:

Loading...