07 May 2009

DETOKS YANG SEHAT

Cara paling baik membersihkan diri dari toksin adalah melalui mekanisme yang sesuai dengan tubuh itu sendiri. Terlalu banyak intervensi terhadap mekanisme yang berlangsung di dalam tubuh, dapat dipastikan memberi efek buruk karena mengganggu kerja alam.
Berikut cara-cara detoks sederhana yang bisa kita lakukan sendiri di rumah:

• MINUM 2-3 LITER AIR SEHARI


Minum 8 gelas air setiap hari adalah saran minimal. Untuk orang yang hidup di daerah tropis dan terlalu lama di dalam ruang ber- AC, sebaiknya minum lebih banyak. Kuah sayur atau kandungan air dari buah, anggaplah sebagai tambahan.

• MAKAN SETIDAKNYA 30 GRAM SERAT MAKANAN
Yang terbaik adalah serat yang diperoleh dari 5 porsi sayur dan buah yang beragam. Selain serat, Anda juga memperoleh gizi yang lain.

• OLAH TUBUH 45-60 MENIT SEHARI
Mengapa perlu olah tubuh? Karena darah yang membawa oksigen dan zat-zat pangan perlu beredar secara baik ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ tubuh yang berfungsi mendetoks dapat bekerja secara baik. Namun, jika berlebihan justru akan memproduksi oksidan.

• BUANG AIR BESAR SETIDAKNYA SEHARI SEKALI
Harusnya buang air besar ( BAB )sebanding dengan jumlah dan frekwensi kita makan. Tubuh kita memerlukan 3 x makan + 2 x selingan agar bisa berfungsi secara baik, maka sebanyak itu pula seharusnya kita BAB. Paling tidak sehari sekali karena lebih dari itu tinja akan mengeras dan mengecil, sehingga semakin sulit dikeluarkan.

• BUANG AIR KECIL SETIAP KALI MERASAKAN TANDA-TANDANYA
Urin adalah sisa-sisa metabolisme. Urin perlu segera dibuang jika tubuh sudah waktunya membuang, jangan menundanya.

• MEDITASI
Yang ini adalah metode membuang racun-racun dalam pikiran.



Selamat mencoba, Semoga bermanfaat….
Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...