08 May 2009

FAKTA LEMAK PERUT

Terkadang Anda bermimpi punya perut rata, padahal usia tak muda lagi, pernah hamil, atau banyak minum bir? Bagaimana strategi melenyapkan lemak perut? Coba baca penjelasan para ahli berikut ini.

Tidak ada diet, makanan ajaib, atau latihan yang secara spesifik dimaksudkan untuk melenyapkan lemak perut. Lemak perut adalah sasaran utama orang untuk mengurangi berat badan. Demikian diungkapkan Michael Jensen, MD, ahli endokrinologi dari Mayo Clinic.
" Lemak visceral yang ada di pinggang secara metabolik lebih aktif dan lebih mudah dikikis daripada lemak dibawah kulit," ujar Penny Kris Etherton, Ph.D,RD peneliti dari Penn State.

Mengonsumsi sumber biji-bijian dan mengurangi karbohidrat sederhana seperti roti putih, akan mengubah glukosa dan respon insulin, sehingga sebagai lemak lebih mudah dimobilisasi.
Makan roti putih akan memicu naiknya gula darah lalu respon insulin meningkat, dan lemak lebih siap ditimbun.

BISAKAH LEMAK TAK JENUH TUNGGAL MEMBUANG LEMAK PERUT?

Dalam buku The Flat Belly Diet disebutkan, lemak perut akan luruh dengan diet 1.600 kalori yang kaya lemak tak jenuh tunggal ( MUFA-Monounsaturated Fats). MUFA terdapat dalam alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, kedelai, cokelat.Namun para ahli mengingatkan, MUFA mengandung lemak 9 kalori/gram, lebih banyak ketimbang karbohidrat dan protein yang 4 kalori/gram. Yang penting, kontrol asupan lemak.

OLAHRAGA MERATAKAN PERUT??

Ratusan kali Cruch setiap hari hanya sia-sia jika berat badan tidak dikurangi. Jika otot perut tidak diliputi lemak,menguatkannya bisa membuat perut kencang dan ramping. Agar berat badan ideal, Anda harus berpola makan sehat dengan diet kalori terkontrol plus olahraga 60 menit sehari seperti jalan cepat. Jensen menyarankan aerobik intensitas tinggi supaya menjadi langsing/singset.

BAHAYA LEMAK PERUT!

Tumpukan lemak di perut lebih berbahaya dari lemak di paha dan pinggul. " Tumpukan lemak perut berkaitan dengan peradangan dan resiko penyakit kardiovaskular, diabetes, sindroma metabolik". ujar Jensen. Sebuah studi baru menunjukkan, lemak perut bisa meningkatkan peradangan dan pengerasan pembuluh arteri.

APAKAH TUBUH BAGIAN TENGAH TERLALU BESAR??


Ukuran lingkar pinggang bisa memberi sinyal kondisi kesehatan, status berat badan, dan lemak yang tersembunyi. Jika pinggang lebih dari 101 cm ( pria) dan 89 cm ( wanita ), berarti simpanan lemak Anda keterlaluan dan ada resiko penyakit jantung dan lainnya.

APA YANG MENDASARI PEMANGKASAN LEMAK PERUT???


Rahasia meluruhkan lemak perut adalah menurunkan berat badan melalui diet seimbang dengan pembatasan kalori dan olahraga teratur.


Semoga bermanfaat

Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment