23 May 2009

ANEKA KHASIAT TEH

Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat teh diantaranya adalah mencegah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol darah. Teh juga bisa bekerja sebagai anti mikroba.
Berikut ini sejumlah manfaat teh seperti dikutip WebMD.

TEH HIJAU

Mengandung konsentrasi EGCG yang tinggi. Antioksidan dalam teh hijau dapat mencegah penyumbatan arteri,membakar lemak, menurunkan resiko gangguan syaraf,mencegah kanker kolorektal, pankreas, lambung, serta mengurangi resiko stroke dan memperbaiki kadar kolesterol darah.


TEH HITAM

Dibuat dari fermentasi daun teh, teh hitam memiliki kandungan kafein tertinggi. Studi menunjukkan bahwa teh hitam dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan asap rokok. teh hitam ini juga dapat menurunkan resiko stroke.

TEH PUTIH

Merupakan teh yang tidak mengalami fermentasi. Satu penelitian menunjukkan, teh putih memiliki bahan antikanker yang manjur dibandingkan dengan teh yang sudah lebih banyak mengalami proses.

TEH OOLONG

Studi terhadap hewan menunjukkan, binatang yang diberi antioksidan dari teh oolong, kadar kolesterol jahatnya lebih rendah.

TEH HERBAL

Dibuat dari herbal, buah, biji, atau akar. Konsentrasi antioksidan teh herbal lebih rendah ketimbang teh hijau, putih, hitam, maupun oolong. Komposisi kimia teh herbal beragam, tergantung tanaman yang digunakan: jahe, ginseng, melati, mint, chamomile, echinacea, dan lain-lain.


TEH CHAMOMILE

Antioksidannya dapat membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti menurunnya fungsi penglihatan, kerusakan saraf dan ginjal, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

TEH ECHINACEA

Kerap digunakan sebagai terapi untuk melawan flu.



Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment

Loading...