29 May 2009

HATI-HATI " FRENCH KISSES " BISA MENYEBABKAN HPV MULUT.....!!!!

Ini adalah peringatan bagi mereka yang "doyan" melakukan seks oral maupun french kiss. Awas....!!! 2 perilaku tersebut dapat meningkatkan infeksi Human Papillomavirus atau HPV di mulut. Hal tersebut di utarakan oleh Dr. Maura L. Gillison dalam The Journal of Infectious Diseases.
Gillison dan koleganya dari The Ohio State University, Columbus, menyelidiki infeksi HPV oral dikaitkan dengan perilaku seksual. Penyelidikan dilakukan terhadap 332 orang dewasa dan 210 pria usia tingkat mahasiswa, mereka menjumpai sebanyak 4,8% orang dewasa dan 2,9% pria usia mahasiswa mengalami infeksi HPV oral.

Pada orang dewasa, infeksi HPV oral secara signifikan meningkat dikalangan perokok dan pada individu yang dilaporkan memiliki lebih dari 10 pasangan seks oral atau lebih dari 25 pasangan seks lewat vagina selama hidupnya. Faktor resiko yang sama juga dialami para pria usia mahasiswa.

Pria usia mahasiswa ini setidaknya memiliki 6 pasangan seks oral atau pasangan yang berciuman ala french kiss. Pada mereka perilaku inu secara independen dikaitkan dengan berkembangnya infeksi HPV oral. Sementara itu 28% pria usia mahasiswa yang dilaporkan tidak pernah melakukan seks oral, memiliki 10 atau setidaknya 5 pasangan french kiss, juga memiliki resiko yang secara signifikan lebih tinggi atas terjadinya infeksi HPV oral.

Data yang dikutip Reuters Health menunjukkan bahwa infeksi HPV oral yang kecenderunganya bisa menjadi kanker, dapat ditularkan melalui perilaku seperti french kiss.
Hal tersebut juga dikaitkan dengan gonorrheal pharyngitis, yaitu infeksi yang ditularkan secara seksual terhadap tonsil dan bagian belakang tenggorokan, dan dihubungkan dengan infeksi HPV oral yang bisa memicu terjadinya kanker mulut 10-20 tahun mendatang.

BUKAN CIUMANNYA, TETAPI VIRUSNYA



Apabila Anda/pasangan benar dalam keadaan sehat, tidak terinfeksi oleh salah satu penyakit atau infeksi menular seksual, seks oral tidak akan menimbulkan akibat apapun. Sebaliknya, kalau Anda atau istri mengalami salah satu infeksi menular seksual, seks oral dapat menularkan infeksi itu.

Sebagai contoh, Anda mengidap infeksi Human Papilloma Virus (HPV) pada penis, kalau dalam keadaan terinfeksi ini Anda melakukan hubungan seksual, istri Anda dapat tertular dan mengalami papilloma, dan beresiko terkena kanker mulut rahim.
Virus ini dapat menular ke bagian mulut melalui seks oral yang dilakukan oleh istri. Demikian juga dapat terjadi sebaliknya.

Ada lebih dari 100 jenis HPV. Sebagian hidup di kelamin, sebagian lagi di kulit, dan ada pula di saluran nafas dan mulut.Mengenai ciuman (french kisses), sebenarnya bukan masalah, asal keduanya benar berada dalam keadaan sehat. Jadi bukan ciumannya yang harus ditakuti, melainkan virus itu. Artinya, kalau pasangan itu tidak mengidap infeksi HPV atau infeksi lainnya, tidak ada yang mesti ditakuti.

Masalahnya, apakah seseorang yang merasa sehat, memang benar sehat/tidak? Ada kalanya seseorang tidak mengetahui dirinya sedang mengidap suatu infeksi karena tidak jelas merasakan gejala. Padahal, dalam keadaan terinfeksi, dia dapat menulari pasangannya melalui hubungan seksual atau aktivitas seksual yang lain.

Karena itu, perilaku seksual sangat menentukan dalam kaitan dengan penularan infeksi atau penyakit. Hubungan seksual dengan banyak pasangan tanpa pencegahan, meningkatkan risiko tertular infeksi, termasuk HPV. Demikian juga ciuman dalam yang dilakukan dengan banyak pasangan, bisa meningkatkan resiko tertular HPV pada mulut.

Namun, sekali lagi kalau Anda dan istri memang benar sehat, janganlah khawatir tertular HPV melalui ciuman dalam dan seks oral.


Semoga bermanfaat
Sumber:GHS

1 comment:

Loading...