18 May 2009

3 FUNGSI CAIRAN TUBUH

Sebagian besar komponen dalam tubuh kita berupa cairan. Karena itu asupan cairan yang sehat sangat penting bagi kelangsungan hidup yang sehat.
Sebenarnya seberapa besar peran cairan bagi kehidupan kita? Jika diuraikan tentu saja sangat banyak, namun secara garis besar fungsi cairan ada 3, diantaranya:

1.MENGATUR SUHU TUBUH

Seseorang yang mengalami kekurangan cairan, suhu tubuhnya akan meningkat atau menjadi panas. Bila kebutuhan konsumsi cairan itu tercukupi, suhu tubuhpun akan normal kembali.

2. MENJAGA KELEMBABAN DAN METABOLISME

Bila organ di dalam tubuh kekurangan air, bentuknya akan mengempis akibat kehilangan kelembaban. Kondisi kulit sebagai pembungkus tubuh juga sangat bergantung pada kecukupan cairan tubuh. Kulit bisa menjadi kasar, keriput, dan cepat tua bila tubuh kekurangan cairan. Seimbangnya cairan di dalam tubuh juga memberikan kondisi yang ideal bagi metabolisme yang baik.

3. TRANSPORTASI NUTRISI DAN OKSIGEN

Cairan tubuh diperlukan untuk memperlancar distribusi berbagai zat gizi atau nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh. Jika konsumsi cairan tidak memenuhi kebutuhan, organ-organ tubuh akan kekurangan pasokan nutrisi serta oksigen dan akibatnya bisa terjadi gangguan kesehatan.


KADARNYA BERBEDA


Pemenuhan cairan tubuh harus memperhatikan tingkat usia, jenis kelamin, dan kadar lemak dalam tubuh. Menurut para ahli kebutuhan cairan bagi tubuh bayi sebanyak 80%, pada anak-anak sekitar 70%, kemudian pada wanita dewasa terdapat 55% cairan, pada pria dewasa terdapat 60%, sedangkan orangtua atau lanjut usia sekitar 52%.

Sehari-hari pasokan cairan dalam tubuh umumnya didapat dari minuman ( sekitar 1.500 ml/hari), dari makanan yang mengandung air ( 500ml/hari), dan juga dari hasil metabolisme makanan (400 ml/hari).
Sementara cairan tubuh juga bisa setiap harimenghilang, biasanya lewat paru-paru,karena pernapasan sekitar 400 ml/hari, melalui kulit sebanyak 400 ml/hari, lewat feses sebanyak 100 ml/hari, dan dalam rupa urin sebanyak 1.500 ml/hari.

Melihat banyaknya cairan yang bisa menguap dari tubuh, mesti menjadi perhatian kita untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, tentu dengan mencukupi kebutuhan setiap hari. Cara yang baik yaitu mengonsumsi minuman yang sehat dan mudah diserap tubuh, sehingga mampu mengganti cairan tubuh secara tepat.



Semoga bermanfaat
Sumber:GHS


No comments:

Post a Comment

Loading...