03 May 2009

INGIN LANGSING? KONSUMSI NANAS & PEPAYA

Cara yang paling aman untuk melangsingkan tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Selain aman, buah-buahan juga menyegarkan tubuh dan menurunkan berat badan. Diantara buah-buah yang berkhasiat menurunkan berat badan adalah nanas dan pepaya. Apa sebenarnya yang terkandung dalam buah tersebut sehingga bisa menurunkan berat badan? Bagaimana pemanfaatannya? Baca selengkapnya........

Mereka yang sedang menjalankan program diet, umumnya dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan, dapat mengurangi intake hingga 20%. Nanas dan pepaya adalah salah satu buah yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Umumnya, nanas dan pepaya bisa dkonsumsi langsung tanpa diolah.

NANAS


Nanas mengandung vitamin A, vitamin C,kalsium,fosfor,magnesium,zat besi,natrium,kalium dan serat, dekstrosa, sukrosa (gula tebu), dan enzim bromelain.
Sedangkan yang berperan menurunkan berat badan yaitu kandungan serat, vitamin C ( aktioksidan) dan vitamin A.
Jika serat ini dikonsumsi akan membuat penyerapan lemak dalam tubuh lebih terkontrol, karena serat nanas mengikat lemak makanan. Ikatan antara lemak dan serat ini akan membantu melembekkan feces, sehingga kondisi seperti ini akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lancar. Itu sebabnya nanas berfungsi untuk menurunkan berat badan.
Selain membantu untuk menurunkan berat badan, nanas juga bermanfaat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, sebagai diuretik atau pencahar, anti radang, membersihkan kulit, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan menghambat penggumpalan trombosit.
Kandungan dalam nanas juga meluruhkan lemak yaitu asam sitrat. Kandungan asam inilah yang dapat meluruhkan lemak.


PEPAYA


Dalam 100 gram pepaya mengandung 86,6 gr air, 12,1 gr karbohidrat, 0,5 gr protein, 0,7 gr serat, 0,3 gr lemak, 0,5 gr abu, 34 mg Ca, 11 mg fosfor, 1 mg Fe, 3 mg K, 450 mg vit.A, 75 mg vit.C, 0,03 mg tiamin, 0,5 mg Niasin, 0,04 mg roboflavin, dan energi 40 kal. Yang lebih ditekankan disini adalah serat dan vitaminnya.
Vitamin baik untuk kulit sedangkan serat baik untuk mengikat kolesterol atau lemak dan gula sehingga dapat menyebabkan metabolisme lebih lancar. Berat badanpun berkurang karena tubuh membuang yang tidak dibutuhkan.
Pepaya selain kaya akan kandungan serat, vit.C, vit. A, vit. B kompleks, vit.E dan mineral juga mengandung enzim papain yang berfungsi untuk melunakkan feces dan membantu kerja usus. Itu sebabnya pepaya berfungsi menurunkan berat badan.

DIKONSUMSI SEBELUM MAKAN

Untuk menurunkan berat badan maka jumlah serat yang harus dikonsumsi dalam tubuh yaitu sekitar 25-30gram setiap hari. Dengan waktu konsumsi sebaiknya setiap setelah makan dan dapat dikonsumsi sebagai snack. Kira-kira dalam sehari bisa dihitung 5 piring.

Buah-buahan seperti nanas dan pepaya sebaiknya dikonsumsi setengah jam sebelum makan.Alasannya, penyerapan fruktosa yang paling baik pada saat perut kosong, sehingga penyerapan kedalam tubuh tidak membutuhkan insulin.
Insulin berfungsi untuk memasukkan gula dari dalam darah ke sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.
Dengan mengonsumsi buah terlebih dulu, maka Anda akan lebih kenyang, sehingga berdampak pada porsi makan yang akan dikonsumsi.
Mengenai takarannya, konsumsi buah tergantung kebutuhan dan kondisi tubuh setiap orang. Sebaiknya dikonsumsi dengan dosis 100gr setiap harinya, karena jika konsumsinya berlebihan dapat menyebabkan efek samping.
Semua jenis nanas dan pepaya memiliki fungsi yang sama dalam menurunkan berat badan. Yang penting hitungan per 100 gram saja. Namun disarankan mengonsumsi pepaya bangkok.

KONSUMSI LANGSUNG

Nanas dan pepaya sebaiknya dikonsumsi secara langsung, yaitu buah dipotong-potong dan langsung dimakan. Akan lebih baik lagi bila dikonsumsi dengan seratnya, sehingga tidak dianjurkan dijus menggunakan juicer.
Jika sibuk, boleh diblender tapi bukan di juicer.
Meski telah mengonsumsi nanas dan pepaya bukan berarti tidak mengonsumsi makanan lainnya. Pola hidup seimbang juga harus diterapkan. Asupan lemak, protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat tetap dibutuhkan,hanya saja harus diperhatikan seberapa banyak porsinya. semua tergantung dari usia, aktivitas yang dilakukan dan berat badan.

TURUN 1 kg
Jika rutin mengonsumsi nanas dan pepaya setiap harinya selama 1 bulan, maka berat badan bisa turun 1kg per bulan. Tetapi Anda harus membatasi konsumsi nasi, 1 hari sekali pada siang hari. Jika Anda menginginkan berat badan turun hingga 5 kg per bulan,Anda bisa melakukan detoksifikasi dengan mengonsumsi buah-buahan selam 3 hari berturut-turut.

Sayangnya, tidak semua orang bebas mengonsumsi nanas. Nanas muda mengandung asam sehingga berpotensi memacu eksim pencernaan, diuretic, atau pencahar, dan abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan.

Nanas yang manis memiliki kandungan fruktosa lebih banyak sehingga dapat pula meningkatkan gula darah. Sedangkan bagi penderita maag, jika ingin mengonsumsi nanas sebaiknya dicoba dengan takaran yang sedikit.Jika lambung dirasa sakit, sebaiknya konsumsi nanas dihentikan.
Nanas dapat menimbulkan efek samping iritasi lambung. Dengan demikian konsumsi nanas pada penderita maag sangat dilarang, karena sifat asam yang terdapat dalam nanas akan memperparah sakit maag.

Berbeda dengan pepaya yang mengandung kadar asam yang rendah, sehingga dapat dikonsumsi oleh siapapun dan usia berapapun.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: info kecantikan

No comments:

Post a Comment

Loading...