26 May 2009

ROTI GANDUM MEMPERKECIL RISIKO SAKIT JANTUNG



Roti gandum lebih menyehatkan dibandingkan dengan roti putih. Selain unggul dalam berbagai zat gizi, roti gandum dapat menurunkan kolesterol dan resiko terkena terkena penyakit jantung, serta baik dikonsumsi untuk diabetesi.
Bagaimana ciri-ciri roti gandum itu? Roti gandum terlihat seperti roti tawar namun berwarna kecoklat-coklatan, biasanya berlabel " 100% Whole Wheat Flour " itulah roti gandum.
Dibandingkan dengan roti putih yang banyak beredar di pasaran, roti gandum memang kurang populer. Selain roti gandum lebih mahal dan sulit didapat, secara psikologis roti putih dianggap lebih bersih, murni, bebas cemaran, dan lebih aman untuk dikonsumsi.
Roti putih juga memiliki tekstur yang lebih lembut daripada roti gandum . Namun,seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen tentang pengaruh kesehatan dari makanan, roti gandum mulai digemari karena lebih menyehatkan daripada roti putih.

GANDUM UTUH

Sebenarnya roti gandum dan roti putih tidak jauh berbeda. Keduanya berasal dari gandum.Perbedaannya, roti putih terbuat dari tepung terigu, sedangkan roti gandum dari tepung gandum.
Tepung terigu merupakan hasil penggilingan biji gandum yang paling dalam (endosperm), sedangkan tepung gandum hasil penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, sehingga kandungan seratnya lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu putih.Itu sebabnya makan roti gandum akan terasa lebih cepat kenyang dan dapat menahan rasa lapar lebih lama.
Cara pembuatan roti putih dan roti gandum juga tidak jauh berbeda. Tepung gandum dicampurkan dengan menggunakan mixer dengan air, ragi, dan sedikit garam hingga merata. Setelah adonan alis, adonan didiamkan beberapa menit agar gasnya keluar.Setelah itu roti siap untuk dipanggang.

TIPS MEMBELI ROTI GANDUM

Jika hendak membuat roti gandum, sebaiknya perhatikan label kemasan dengan baik karena terdapat banyak jenis roti gandum. Ada yang 100% terbuat dari tepung gandum, ada yang 50% tepung terigu, dan ada pula yang terbuat dari tepung terigu ditambah tepung gandum dalam jumlah sedikit. Ada juga yang menambahkan kaaramel agar terlihat seperti roti gandum. Roti gandum asli adalah roti yang terbuat dari 100% tepung gandum. Roti gandum yang berkualitas baik dapat dilihat dari remah berwarna gelap dan memiliki butiran-butiran cokelat dari kulit ari biji gandum.
Roti gandumasli juga dapat dilihat dari kulit roti (crust) yang lebih gelap dan kasar, sedangkan roti putih cenderung berwarna putih keemasan.

KAYA SERAT PANGAN

Dibanding nasi dan mie yang sering kita konsumsi, roti sebenarnya merupakan sumber energi yang baik. Kandungan energi per 100 gram nasi adalah 178 kkal, per 100 gram mie 86 kkal, sedangkan per 100 gram roti dapat mencapai 248 kkal.
Kandungan seratnya juga lebih baik,sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama. Namun, faktor psikologis yang mengatakan " tidak makan nasi berarti belum makan " membuat orang setelah mengonsumsi roti tetap saja belum merasa kenyang.

Kandungan gizi roti gandum lebih unggul dibandingkan dengan roti putih. Kandungan serat pangan ( dietary fiber )pada roti gandum hampir 6x lipat kandungan serat pada roti putih.
Konsumsi 100 gram roti gandum atau setara dengan 4 keping roti, mengandung serat sebanyak 12,2 gram. Sementara 100 gram roti putih hanya mengandung 2,7 gram serat, atau hanya 1/6 dari serat yang terdapat pada roti gandum.
Selain itu, roti gandum mempunyai kandungan karbohidrat dan energi sedikit lebih rendah dibandingkan dengan roti putih. Hal itu yang menyebabkan roti gandum lebih baik untuk tujuan diet. Roti gandum dapat membantu menahan rasa lapar lebih lama karena kandungan seratnya tinggi.

Menurut Dietary Guidelines for American, kandungan serat yang tinggi juga dapat menghindari kelebihan lemak, lemak jenuh, dan kolesterol; gula dan natrium;serta membantu mengontrol berat badan.
Makanan kaya serat juga dapat memperlambat proses penyerapan energi lebih lama.Hal itu disebabkan makanan kaya serat meningkatkan intensitas pengunyahan, memperlambat proses makan, dan menghambat laju pencernaan makanan. Akibatnya energi yang masuk dalam tubuh lebih efisien, sehingga tidak berubah menjadi lemak. Serat juga meningkatkan ekskresi lemak, sehingga dapat membantu mengurangi berat badan.
Roti gandum juga sangat baik bagi penderita sembelit. Menurut Linder (1992), serat pangan dapat melembekkan feses, sehingga mengurangi tekanan pada dinding kolon dan mempercepat pengeluarannya karena gerakan peristaltik usus besar menjadi lebih cepat.

Meski demikian roti gandum sebaiknya dibatasi konsumsinya pada anak-anak balita karena mereka belum memiliki saluran pencernaan yang cukup baik, sehingga belum mampu mencerna makanan tinggi serat seperti roti gandum.

PENTING BAGI YANG PRAMENOPAUSE

Perempuan yang memasuki usia menopause sebaiknya memperbanyak konsumsi roti gandum yang kaya fitoestrogen. Fitoestrogen menghambat terjadinya menopause,membuat jantung lebih sehat, dan menurunkan risiko kanker.
Menopause terjadi ketika indung telur semakin sedikit menghasilkan hormon estrogen. Selama menopause, fitoestrogen akan mengisi reseptor estrogen yang kosong dan memunculkan efek pro-estrogenik. Makanan kaya fitoestrogen juga meningkatkan kandungan mineral pada tulang.

Makanan kaya fitoestrogen adalah alternatif untuk pengganti terapi sulih hormon, sebagai salah satu upaya pencegahan osteoporosis.
Kejadian penyakit jantung dikalangan wanita usia subur relatif rendah, tetapi angkanya meningkat tajam pada wanita menopause. berkurangnya estrogen berakibat pada menurunnya peran protektif terhadap jantung. Studi membuktikan, fitoestrogen menurunkan proses aterosklerosis dan menghambat oksidasi kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein ). fitoestrogen yang berperan mempertahankan level estrogen, diduga menurunkan resiko kanker payudara dan indung telur.

Riset tentang fitoestrogen masih terus berlanjut untuk lebih memantapkan keuntungan dan kerugiannya. Penggunaan fitoestrogen yang bersumber dari makanan diyakini merupakan cara aman untuk mempertahankan aktivitas hormon estrogen di dalam tubuh wanita.

UNGGUL VITAMIN DAN MINERAL

Dibandingkan dengan roti putih, roti gandum memiliki keunggulan dalam hal vitamin B2, B6, E,Niasin, Asam folat, magnesium, besi, tembaga, seng, mangan. Zat besi roti gandum 3x lebih banyak daripada roti putih yang belum diperkaya aneka zat gizi, sedangkan vit-E nya 16x lebih banyak.
Kandungan riboflavin (vit B2) juga 2,5x lebih banyak.Niasin 94x), vit B-6 (7,5)x, dan asam folat (16)x.

Tingginya nilai gizi roti gandum membuatnya tidak kalah dari roti putih yang telah difortifikasi. Namun, lebih baik membeli roti gandum yang telah ditambah kalsium dan berbagai vitamin. Belakangan ini, roti diperkaya asam lemak tidak jenuh ganda (PUFA), terutama kelompok omega-3 seperti EPA ( Asam eikosapentaenoat) dan DHA ( Asam dokosaheksaenoat ). Penelitian membuktikan, PUFA dapat meningkatkan kemampuan anak untuk memusatkan perhatian dan penglihatan (visual), serta memecahkan masalah.



TURUNKAN KOLESTEROL, REDUKSI PENYAKIT JANTUNG

Roti gandum juga disarankan bagi mereka yang kadar kolesterolnya tinggi. Serat pangan dapat menurunkan kolesterol darah karena serat mampu mengikat asam empedu. Ikatan ini akan keluar bersama feses, lemak, dan kolesterol. Semakin banyak serat pangan dikonsumsi, semakin banyak pula asam empedu, lemak dan kolesterol yang dikeluarkan dari tubuh bersama feses.

Serat pangan dapat mengurangi resiko penyakit kanker yang diseabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna. Serat pangan mampu menurunkan transit time, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga makin pendek, sehingga kesempatan untuk membahayakan tubuh juga semakin kecil.

Roti gandum juga dapat mereduksi resiko penyakit jantung. Menurut riset yang dilakukan oleh University of Washington dan dipublikasikan dalam Journal of The American Medical Association, konsumsi roti gandum dapat mereduksi penyakit jantung hingga 20%.


ROTI GANDUM, BAIK BAGI DIABETESI

Sebuah publikasi yang dikeluarkan American Journal of Public Health, wanita yang mengonsumsi lebih banyak produk gandum utuhseperti roti gandum, resikonya menderita diabetes tipe-2 lebih rendah dibandingkan dengan yang mengonsumsi lebih banyak gandum olahan.
Gandum olahan menghasilkan kadar gula darah lebih dari 2x lipat jumlah yang dihasilkan gandum utuh. Karena gandum utuh menghasilkan kadar gula darah lebih rendah, tubuh tidak mperlu memproduksi insulin lebih banyak untuk mengolah makanan tersebut. Tentu saja ini sangat bermanfaat bagi penderita Diabetes Melitus.

Selain itu, gandum utuh mengandung berbagai vitamin dan zat gizi yang berperan penting dalam memperkecil risiko penyakit tersebut. Menurut Dr. Simin Liu dari Harvard Medical School di Boston, Amerika Serikat, konsumsi 2 potong roti gandum sama dengan semangkuk beras merah (brown rice) yang dapt menurunkan resiko diabetes hampir sepertiganya.
Diabetes type-2 terjadi kalau tubuh tidak sanggup memberikan respon terhadap insulin, yaitu hormon yang membersihkan gula darah setelah makan dan menyimpannya di dalam sel-sel untuk digunakan sebagai energi. Kadar gula darah yang tinggi dapat mempertinggi resiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, gagal ginjal dan kebutaan.


TABEL KOMPOSISI GIZI PER 100 GRAM ROTI GANDUM & ROTI PUTIH


ZAT GIZI = ROTI PUTIH = ROTI GANDUM

Energi (kkal) = 248 = 249
Protein (g) = 8,0 = 7,9
Total Lemak (g)* = 0,98 = 1,9
Karbohidrat (g) = 50,0 = 49,7
Kalsium (mg) = 10 = 20
Air (g) = 40 = 40
Serat pangan (g)* = 2,7 = 12,2
Besi (mg)* = 1,2 = 3,6
Magnesium (mg)* = 22 = 124
Fosfor (mg)* = 106 = 332
Kalium (mg)* = 107 = 340
Seng (mg)* = 0,7 = 2,8
Tembaga (mg)* = 0,1 = 0,4
Mangan (mg)* = 0,7 = 4,1
Selenium (mkg)* = 33,9 = 70,7
Vitamin B1 (mg)* = 0,1 = 0,5
Vitamin B2 (mg)* = 0,04 = 0,1
Niasin (mg)* = 1,3 = 5,7
Asam pantotenat(mg)* = 0,4 = 0,9
Vit B6 (mg)* = 0,04 = 0,3
Asam folat (mkg)* = 26 = 43
Vit E (mg)* = 0,06 = 1

Sumber tabel gizi:Direktorat Gizi Depkes RI (1992)
* USDA (2004)



Semoga bermanfaat
Sumber:GHS

6 comments:

  1. Dimana bisa beli roti gandum yang 100% whole wheat. Thank you sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Baca juga artikel tentang gandum biar lbh tau manfaat gandum :)
    https://agrarisindonesia.wordpress.com/

    ReplyDelete
  3. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

    KAMI BELI BARANG BEKAS ANDA DENGAN HARGA KOMPETITIF & INFO VALID :

    1. FILM BEKAS OFFSET / PERCETAKAN KORAN :
    FILM NEGATIVE 35000/KG
    FILM POSITIF 5000/KG

    2. CAIRAN FIXER BEKAS RP. 10000/LITER
    ( SAMPEL HARUS SY TERIMA UNTUK DITES )

    3. PLASTIK BEKAS RONTGEN RP.10000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    4. KONTAKTOR LISTRIK BEKAS RP.10000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    5. BREAKER LISTRIK RP. 8000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    6. PLASTIK KEYBOARD KOMPUTER ( YG ADA JALUR ) RP.30000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    7. RELAY BEKAS RP.15000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    8. KOMPONEN MESIN : PCB , PANEL PAPAN RP.3000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    9. KEPALA RESLETING / KEPALA GESPER / MIKRON WARNA KUNING
    ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG , APA BAHANNYA & SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    10. PANEL TELKOM RP.17000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    11. MODUL NOKIA / ERICSSON / HUAWEI ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG & JUMLAHNYA )

    12. PANEL JARUM / PAPAN JARUM “ ADA TULISAN SIDE 1 & SIDE 2 “ ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG & JUMLAH BRP KG )

    13. STAINLESS LAPISAN PERAK / PLATING ( BEKAS PERALATAN DAPUR HOTEL / MASKAPAI PENERBANGAN ) “ SEBUT JUMLAH ADA BRP KG & HARGA JUAL LANGSUNG “

    14. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI RP. 4000 / BUAH.


    15. DIBELI KAYU GAHARU ASLI ALAM / KAYU GAHARU TENGGELAM ! ! ! SEBUTKAN NAMA JENIS KAYU GAHARU TSB , HARGA JUAL , JUMLAHNYA , BARANG LEGAL .. SAMPEL HARAP KIRIM KERUMAH SAYA ( JANGAN CUMA MODAL GAMBARNYA DOANK.. )

    16. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI RP.5500 / KG.


    17. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
    SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
    RP. 3500 / KG
    HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.

    18. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, TOWER BTS TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.


    19. DIBELI PULUHAN / RATUSAN / RIBUAN PERALATAN EX KANTOR, PABRIK, HOTEL, DLL YG MATI / RUSAK BERUPA: HANDPHONE, PABX, KOMPUTER SET, MONITOR, SCANNER, PRINTER, UPS, AC BEKAS, SERVER, LAPTOP, GENSET,( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

    20. DIBELI HARGA MIRING & INFO VALID :
    RINSO KILOAN
    PEWANGI PAKAIAN
    SABUN MANDI
    KECAP ABC / BANGO / SEDAAP
    POP ICE
    ODOL
    TEPUNG TERIGU SEGITIGA BIRU
    MINYAK GORENG REFILL
    MARGARIN KILOAN
    OLI MESIN BARU ( BARANG RESMI & BUKAN CURIAN )
    SUSU KALENG INDOMILK / BENDERA
    KEJU KRAFT CHEDDAR / PROCHIZZ BATANGAN
    SUSU SACHET BENDERA
    SUSU BUBUK DANCOW
    MAKANAN KADALUARSA

    21. DIBELI GELAS PLASTIK 8/10/12/14/16oz ( BEKAS PABRIK BANGKRUT / USAHA BUBBLE ICE BANGKRUT / GUDANG BANGKRUT / SALAH CETAK , MINIMAL GRAMATUR 1 GELAS = 8 KEATAS , SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    22. DIBELI KULIT KABEL “ PE GILA “ ( SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    23. DIBELI PLAT BAJA TEBAL 1,5 – 2 & 3 MM ( TDAK MELAYANI INFO ABAL2 , SAMPEL HARUS SY TERIMA , DOKUMEN LENGKAP , BARANG LEGAL )

    24. DIBELI CHIKI , BISKUIT , MIE KERING , SUSU BUBUK / CAIR , ROTI KERING YANG KADALUARSA ( SAMPEL HARUS SY TERIMA , BARANG DIANTAR KE TEMPAT SY )

    25. DISEWAKAN DUMPTRUK KAPASITAS 24M3 , 2012 UP , KHUSUS SEWA BULANAN ( KIRIM LOI ANDA KE EMAIL SY : pengusaha21@gmail.com )


    >>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
    1. DIJUAL KAYU GAHARU TENGGELAM , AB , KEMEDANGAN , CHIPS , DEKOR , DLL

    KETERANGAN:
    SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG..
    KIRIM GAMBAR & DATA LENGKAP..
    KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS YANG CUMA CEK HARGA..

    HUBUNGI SEGERA
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    WHATS”APP 089650091317
    DHONY & TEAM

    ReplyDelete

Loading...