21 August 2009

MANFAAT BUAH PLUM DAN BELUT

PLUM

Pencegahan osteoporosis dapat dicegah dengan mengonsumsi buah plum secara teratur. Ferulic Acid dalam plum, diketahui dapat mencegah osteoporosis.
Studi di Oklahoma State of University dan University of Oklahoma menunjukkan, konsumsi plum kering dapat mencegah osteoporosis dan membentuk tulang kuat.

Menurut Brenda Smith, dan kawan-kawan, yang melakukan penelitian tersebut, konsumsi plum selama 90 hari berturut-turut dapat meningkatkan massa tulang secara cukup nyata, meskipun dalam dosis sangat rendah. Ini karena dalam plum terdapat komponen fenolik yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Kandungan komponen fenolik berkisar 140 mg/100 gram plum kering.

BELUT

Belut juga sangat baik untuk kesehatan tulang. Sebuah penelitian di Jepang membuktikan, belut kaya akan kalsitonin, yaitu hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid kita. Hormon ini berfungsi memelihara kadar kalsium dalam tulang pada tingkat yang seharusnya.

Dengan demikian, hilangnya mineral tulangdalam jumlah berlebihan dapat dicegah.
Wanita memproduksi kalsitonin lebih sedikit daripada pria. Pada keadaan tertentu seperti usia tua, jumlah ini bahkan dapat berkurang lagi.

Pada tahun 1984, penggunaan hormon ini telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) untuk dipakai sebagai pengobatan.
Pemberian dapat dilakukan melalui suntikan atau semprot hidung. Untuk pengobatan, kalsitonin diberikan sebagai suntikan harian bersama dengan pemberian 1.500 mg kalsium dan 400 IU vitamin D.

Kalsitonin digunakan sebagai terapi alternatif hormon estrogen, mengurangi nyeri tulang, dan maningkatkan massa tulang belakang. Kalsitonin dapat membawa manfaat dalam terapi osteoporosis.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...