07 August 2009

PIR UNTUK MENGATASI SEMBELIT




Buah dengan bagian bawah membulat ini sempat disebut anugerah dari Tuhan oleh Homer dalam epiknya, The Odyssey. Pir, dulu juga merupakan salah satu barang mewah kesukaan Raja Louis XIV, yang terkenal boros itu.

Buah ini termasuk salah satu makanan paling hipoalergenik alias tidak menimbulkan reaksi alergi. Karena itu, jus pir sering direkomendasikan untuk diberikan pada bayi sebagai perkenalan rasa buah untuk si kecil.

Manfaat: Buah pir sumber vitamin C, meskipun untuk mendapatkan asupan yang cukup bagi orag dewasa diperlukan 5-6 buah ukuran sedang. Kandungan serat bernama pektin dalam buah pir juga membantu mengatasi sembelit. Serat itu didalam usus berguna membantu mengikat garam dan membuangnya. Pada akhirnya, kolesterol tubuh akan terjaga kadarnya. Di samping itu kandungan potasium dalam pir bermanfaat membantu menjaga tekanan darah.

Kandungan gizi: Potasium, serat pektin, vitamin C.
Ingat: Buah pir yang sudah dikupas cepat teroksidasi, sehingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Hindari dengan cara mengoleskan perasan jeruk lemon pada buah pir yang sudah dikupas.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...