28 August 2009

BEBASKAN DIRI DARI KECANDUAN GULA

Konsumsi gula berlebihan, tidak hanya bikin gemuk, tetapi juga kecanduan. Manisnya gula memang membuat perasaan kita senang. Namun, gula menurunkan produksi endorfin dalam tubuh. Padahal, endorfin adalah zat yang memacu rasa bahagia juga.

Kekurangan endorfin ini bisa membuat kita depresi dan menginginkan lebih banyak gula lagi dan lagi. Kita pun terus mencari gula dalam minuman ringan, roti manis, cokelat, permen, dan lain-lain. Proses ini mirip kecanduan alkohol.

Penelitian di Princeton University membuktikan, gula bikin kecanduan. Tikus-tikus yang diberi banyak gula mengalami kecanduan ketika tidak diberi gula lagi. Memang, penelitian serupa itu belum dilakukan pada manusia, tetapi tidak ada salahnya kita tahu cara mengatasi kecanduan gula.

CARA-CARA MENGATASI KECANDUAN GULA

1. Jangan lewatkan waktu makan

Melewatkan waktu makan justru membuat tingkat energi menurun. Akibatnya, tubuh mulai " ngidam" makanan kaya energi, termasuk gula. Strateginya, makanlah porsi kecil tetapi sering agar energi tubuh tidak drop.

2. Pilih gula alami

Saat " ngidam" es krim, cokelat, permen, atau cake, ambil saja potongan buah manis. Buah mengandung serat yang akan menurunkan penyerapan gula dan akan menjaga gula darah tidak meroket secara tiba-tiba.

3. Cari pengganti yang sehat

Ada sejumlah pengganti gula di pasaran seperti aspartam. Pemanis buatan ini secara umum aman dikonsumsi, jika sesuai takaran.

4. Sikat gigi dan kumur

Segera sikat gigi dan kumur setelah konsumsi makanan manis. Selain mencegah gigi berlubang, makanan manis tidak terasa enak setelah kita gosok gigi. Ini akan bikin kita malas makan lagi.

5. Jangan simpan yang manis

Kalau ada " si manis " di kulkas, godaan untuk makan kian besar.

6. Jalan-jalan

Ketimbang makan cake ketika usai bersantap, lebih baik jalan-jalan. Konsumsi gula dapat menaikkan kadar serotin yang bisa memicu rasa bahagia. Jalan-jalan juga punya efek sama, malahan lebih sehat.


15 ALASAN HARUS KURANGI GULA

1. Gula dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam memerangi infeksi bakteri.
2. Gula meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.
3. Gula memangkas kadar kolesterol baik alias HDL.
4. Gula mengurangi sensitivitas insulin, sehingga bisa memicu penyakit diabetes.
5. Gula meningkatkan kadar glukosa ( gula darah ) puasa.
6. Gula menghalangi penyerapan kalsium dan magnesium.
7. Gula menyebabkan penuaan dini.
8. Gula menyebabkan gigi berlubang.
9. Gula menyuburkan pertumbuhan bakteri penyebab inveksi vagina.
10. Gula menyebabkan penyakit gusi.
11. Gula menyebabkan kulit jadi kusam.
12. Gula menyebabkan depresi.
13. Terlalu banyak gula menyebabkan tubuh penuh radikal bebas, sehingga mudah terkena berbagai macam penyakit.
14. Gula adalah makanan lezat untuk sel kanker.
15. Gula menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak cairan dan garam.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...