07 August 2009

KUBIS, UNTUK MEMBERSIHKAN USUS BESAR



Sebelum berpesta, orang-orang Yunani dan Romawi kuno minum jus kubis. Tujuannya untuk menghindari mabuk usai berpesta pora dengan minuman keras. Orang Yunani kuno juga menggunakan jus kubis untuk mengobati sakit mata, sedangkan jus batang kubis dimanfaatkan sebagai obat sakit maag.

Ada 3 jenis kubis : yaitu hijau, putih, dan merah. Ketiganya mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Namun, dari ketiga jenis itu, kubis hijau yang paling tinggi nilai gizinya.

Manfaat : Ingin membersihkan usus?Konsumsilah kubis, sebab sayuran ini mampu membersihkan usus besar. Kubis membantu mendorong gerak peristaltik usus, sehingga urusan buang air besar jadi lancar. Racun-racun akibat sembelit jangka panjang akan ikut terbuang berkat konsumsi kubis.

Sayuran ini baik untuk sakit maag karena mengandung zat yang disebut S-Methylmethionine, yang mampu mempercepat kesembuhan luka di lambung dan mengurangi nyeri.
Kubis juga mengandung sejumlah mineral penting. Ada kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan iodium. Selain itu kubis juga mengandung vitamin C. Namun, vitamin ini hanya bisa diperoleh jika dikonsumsi mentah. Pemasakan akan membabat kadar vitamin C sampai separuhnya.

Kandungan gizi: Vitamin C, E, K, betakaroten, folat, tiamin.

Ingat: Sayuran ini bisa membuat kembung karena membentuk gas di dalam perut. Jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena dapat menyebabkan kekurangan zat besi di dalam tubuh.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...