10 August 2009

TEKUK AMBEIEN DENGAN BUAH PISANG



Masyarakat sudah sering menemukan kasus penyakit ambeien/ wasir yang dalam istilah kedokteran disebut Hemorrhoid. Penyakit ini tidak mudah disembuhkan dan biasanya ditandai nyeri disekitar dubur, pendarahan dan benjolan. Mereka yang menghabiskan waktu seharian dengan duduk lama harus waspada terhadap penyakit ini. Terlebih lagi kalau mereka hanya mengonsumsi sedikit air dan sayuran. Kalangan inilah yang berpotensi besar terserang penyakit wasir/ ambeien.


FAKTOR PENYEBAB

Faktornya antara lain saat buang air besar yang dipaksakan untuk mengeluarkan kotoran. Penyebab susah buang air ini adalah kurang minum, kurang makan makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, kurang olahraga atau banyak duduk dan mengangkat berat-berat.

SOLUSI

Solusi penyakit wasir adalah dengan mengubah pola hidup. Bagi mereka yang dalam profesinya banyak duduk seperti sekretaris atau supir, disarankan melakukan gerakan-gerakan lain, bukan hanya duduk saja. Karena itu, waktu istirahat sangat penting untuk dimanfaatkan.

Solusi yang lainnya adalah mengubah ola makan dari rendah serat ke makanan kaya serat. Serat makanan adalah substansi makanan yang berasal dari nabati yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia. Substasi tersebut berasal dari dinding sel atau bagian lain. Meski tidak tergolong sebagai zat gizi, makanan berserat merupakan komponen penting dalam makanan sehari-hari. Ini disebabkan serat bisa menjaga kesehatan gusi dan gigi, mengendalikan berat badan, mengendalikan kadar gula dan lemak darah, meningkatkan penyerapan kalsium dan memperlancar buang air besar. Yang terakhir ini paling erat hubungannya dengan wasir.

Beberapa jenis makanan yang merangsang, seperti cabe dan rempah-rempah pun dapat memicu wasir. Karena zat dalam makanan tersebut membuat pembuluh darah gampang melebar. penyakit diare kronis juga bisa menimbulkan wasir. Saat diare, kita buang air besar berulang-ulang sehingga pembuluh darah melebar dan tertutup selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.

ADA 2 MACAM WASIR

Yaitu wasir dalam dan wasir luar. Keduanya sama bahayanya.

WASIR DALAM

Pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Awalnya wasir dalam tidak terlihat dari luar, tapi kalau sudah membesar bisa menonjol keluar.
Gejala umum wasir dalam adalah: keluar darah apabila buang air, karena tonjolan wasir yang menempel di dinding dalam anus tergesek oleh feses (tinja) yang sulit keluar.
Khusus untuk wasir dalam ada beberapa stadium, yaitu :

1. STADIUM I, tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap buang air besar.
2. STADIUM II, tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri.
3. STADIUM III, tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya usai buang air, tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan.
4. STADIUM IV, tonjolan bisa sebesar bola tenis. Tonjolan tidak bisa didorong masuk dan harus dioperasi.


WASIR LUAR

Pada wasir luar, kulitlah yang menutupi pembuluh darah. Karena posisinya diluar anus, wasir luar lebih gampang terlihat.

GEJALA UMUM

Gejala umum wasir luar berbeda dengan wasir dalam, karena berada diluar dan tidak dilalui kotoran, keluhannya adalah rasa sakit atau nyeri akibat pembuluh darah yang pecah. Setelah pecah, darah tidak keluar tapi mengumpul dan menjadi trombus ( bekuan darah). Adakalanya wasir pecah, tapi tetap menonjol dan menjadi bekuan darah.

Langkah pertama jika punya keluhan wasir adalah langsung periksa ke dokter. Terkadang penyembuhannya memakan waktu lama antara sembuh dan kambuh terus berulang. Sembuhnya ambeien disini biasanya belum tuntas, dalam arti masih menyisakan benjolan di dubur dan sewaktu-waktu pendarahan muncul lagi.

Salah satu alternatif dalam proses penyembuhan wasir dengan mempergunakan ramuan dari pisang "kluthuk" ( pisang yang banyak bijinya; biasanya dijumpai di daerah jawa dan digunakan untuk campuran rujak buah ).
Resep ramuan pisang kluthuk yang biasa digunakan untuk proses penyembuhan wasir adalah:

Resep 1
Bahan : Buah pisang kluthuk yang masih mentah, adas pulasari secukupnya dan 1 potong gula merah.
Cara membuat: Buah pisang kluthuk diparut untuk diambil airnya. Kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diaduk sampai rata.
Cara menggunakan: Disaring dan diminum.

Resep 2

Bahan : Daun ungu 20 gram, daun andong 5 gram, daun bandotan 3 gram serta kunyit 100 gram. Keempat bahan tersebut direbus dengan 5 gelas air sehingga tinggal setengahnya untuk diminum 3 kali.Pagi, siang, dan malam.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber: Majalah Ghoib edisi 46

No comments:

Post a Comment

Loading...