25 September 2009

MALARIA TIPE BARU, LEBIH MEMATIKAN...!!


Sebuah penelitian mengungkap adanya malaria tipe baru yang menebarkan ancaman mematikan bagi manusia jika tidak dirawat dengan segera.
Parasit Plasmodium Knowlesi itu semula hanya menginfeksi monyet, tapi baru-baru ini ditemukan sudah tersebar luas pada manusia di Malaysia. Hasil penelitian tersebut muncul dalam jurnal Clinical Infectious Disease dan dikutip BBC News.

Penyakit malaria membunuh lebih dari satu juta orang setiap tahun!

CARA PENULARAN

Parasit malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk. Dari 4 jenis parasit malaria, yang sering menyebabkan penyakit pada manusia adalah P. Falciparum ( terbanyak di Afrika ) dan P. Malariae ( banyak di daerah tropis dan subtropis ).

P. Knowlesi semula hanya menginfeksi kera ekor panjang dan kera ekor babi, tapi tim dari University Malaysia, Sarawak, telah menemukan kasusnya pada manusia. P. Knowlesi berpotensi mematikan karena memiliki kemampuan untuk bereproduksi setiap 24 jam di dalam darah.

Ini berarti deteksi dini dan perawatan segera, sangatlah krusial, kata Prof. Balbir Singh, salah seorang peneliti.
Para peneliti melakukan tes pada lebih dari 150 pasien yang terinfeksi malaria dan dirawat di rumah sakit di Sarawak, Malaysia, antara Juli dan Januari 2008. Sebagian kasus itu mudah diobati, termasuk dengan klorokuin dan primakuin.

Namun 1 dari 10 pasien mengalami komplikasi, berupa kesulitan bernafas dan gangguan ginjal. Meskipun tingkat kematian hanya 2% ( 2 orang meninggal ), P. knowlesi lebih mematikan.
Para peneliti menemukan bahwa pasien yang terinfeksi P. knowlesi memiliki platelet darah yang rendah. Lebih rendah daripada yang biasa ditemukan pada malaria jenis lain. Itu artinya, rendahnya jumlah platelet darah dapat digunakan untuk mendiagnosis infeksi P. knowlesi.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...