27 September 2009

KENCING BATU, DAPATKAH DICEGAH???

Jenis batu saluran kemih lebih dari satu. Kebanyakan terbentuk dari kalsium. Penyebabnya pun beragam. Selain gangguan metabolisme kalsium, faktor air minum, juga jenis menu harian kita. Menu banyak protein hewani, tinggi garam dapur, meningkatkan resiko terkena kencing batu. Aspek peran menu terungkap bahwa menu nenek moyang kita, yakni lebih banyak sayur alami ( plant-base diet) justru mampu mencegah terbentuknya batu di saluran kemih.

Orang yang berdomisili di lokasi yang kadar kalsium air tanahnya tinggi, berpotensi terkena kencing batu. Begitu juga jika ada gangguan metabolisme kalsium dalam tubuh. Bila fungsi kelenjar anak gondok ( parathyroid) yang mengatur metabolisme kalsium kacau, risiko terbentuknya batu saluran kemih juga meningkat.

Kalsium bukan satu-satunya faktor pembentuk batu kemih. Baru-baru ini disebut peran jenis menu harian kita. Dari studi yang dilakukan selama lebih dari 5 tahun terungkap, menu harian model nenek moyang kita mampu mengurangi terebentuknya batu kemih.

THE DASH STYLE DIET

Dr. Eric N.Taylor dari Harvard Medical School mengungkapkan, jenis diet banyak sayuran dan buah-buahan bermanfaat mencegah batu kemih ( Journal of The American Society of Nephrology).
Diet Dash atau dietary Approach to Stop Hypertension awalnya cara berdiet bagi pasien hipertensi, kemudian berkembang setelah melihat kenyataan diet ini bisa meredam risiko terkena kencing batu. Jenis diet yang kaya sayur mayur dan buah, rendah lemak produk susu dan asupan protein hewani ini ternyata mampu mencegah terbentuknya batu di saluran kemih.

Pembentukan batu kalsium dihambat oleh meningginya urin yang mengandung citrate tinggi. Selain itu, asupan natrium yang banyak dalam garam dapur perlu diturunkan sebagaimana disarankan kepada pengidap tekanan darah tinggi. Termasuk perlu menambah asupan vitamin C. Jadi kita memetik banyak keuntungan bila mempertahankan menu harian nenek moyang kita.



INFEKSI SALURAN KEMIH

Faktor infeksi saluran kemih (ISK) juga memudahkan terbentuknya batu saluran kemih. Sebaliknya, terbentuknya batu di saluran kemih akan lebih memudahkan kekambuhan infeksi di sana. Oleh karena itu penting memperhatikan setiap kali ISK menyerang, baik bagi yang pemula maupun yang menderita gangguan berulang.

Setiap kehadiran infeksi, khususnya saluran kemih bagian atas, harus dicurigai bakal mengawali pembentukan batu saluran kemih. Mungkin di ginjal, kalau bukan di saluran ureter ( pipa penghubung ginjal dan kandung kemih ) atau terbentuk di kandung kemih sendiri.

ISK lebih rentan terjadi pada kaum wanita karena saluran kemih bagian kemaluan (uretra) wanita lebih pendek dan mudah tercemar infeksi dari dunia luar daripada milik kaum pria. Anyang-anyangan ( perasaan ingin buang air kecil, namun tidak bisa dikeluarkan )misalnya, yakni infeksi saluran kemih bagian bawah, lebih kerap dialami kaum ibu dibanding kaum bapak.

Dari mana ISK diperoleh? Pada wanita umumnya dari "bawah". Saat bercebok dengan air tercemar bibit penyakit, sehabis hubungan seksual yang kurang bersih, sehabis haid karena terlambat mengganti pembalut wanita, atau arah cebok yang seharusnya dari depan ke belakang ).

ISK bawah yang berulang dan tidak disembuhkan, berpotensi naik ke atas, hingga bersarang di ginjal. Pada saat infeksi di ginjal inilah pembentukan batu ginjal terpicu.

ISK juga bisa berasal dari kuman usus. Lewat aliran darah, kuman bisa singgah di ginjal juga. Sering demam, nyeri pinggang, dan sifat urin berubah keruh atau bercampur darah harus dicurigai sebagai infeksi ginjal. Bila ini dibiarkan, tentu berpotensi pada terbentuknya batu ginjal.

Untuk memastikan adanya ISK dapat dilihat dari pemeriksaan laboratorium urin dan darah. Termasuk bila ada resiko pembentukan batu saluran kemih.
Bila ada indikasi ke arah adanya kemungkinan bakal terbentuknya batu kemih, faktor risikonya perlu ditekan atau ditiadakan.


TIDAK UNTUK BATU URAT

Berbeda halnya dengan gangguan pembentukan batu urat. Dietary Approach to Stop Hypertension atau diet DASH tentu saja ada perannya dalam menekan kemungkinan meningginya kadar asam urat dalam darah ( sedikit jeroan, daging, serta ikan ).

Kita tahu, pada mereka yang berbakat, asam urat dalam darahnya tinggi tidak selalu karena faktor diet penyebabnya. Faktor keasaman urin, kecukupan minum harian, apakah mengonsumsi alkohol, juga ikut berperan.

Pada tubuh yang asam uratnya tinggi untuk waktu lama, selain menimbulkan kerusakan pada persendian ( encok gout atau pirai ), berisiko berbentuk batu di ginjal juga.
Jenis batu urat juga lebih " ganas " daripada bukan batu urat karena sifatnya runcing bagaikan jarum renik. Kristal urat pembentuk batu urat ini bisa melukai saluran kemih, sehingga terjadi perdarahan saluran kemih atau ginjal. Kencing berwarna seperti air cucian daging.

Pada batu urat, selain sama-sama nyeri pinggang sebagaimana batu ginjal, rasa nyeri umumnya lebih hebat daripada batu bukan urat. Dan karena batu urat terbentuk dari kristal urat, gesekan kristal yang runcing itu yang akan melukai dinding saluran kemih, sehingga terjadi perdarahan di saluran kemih. Selain kencing bercampur darah,nyerinya pun sangat hebat.

Hanya dengan cara menekan kadar asam urat darah yang diatas normal untuk waktu lama, yang dapat mencegah terbentuknya batu urat.
Selama menjalani puasa, karena kekurangan asupan cairan, tidak jarang batu saluran kemih terbentuk, atau serangannya baru muncul.
Proses pembentukan saluran kemih berlangsung tahunan. Selama batu tidak menyumbat saluran kemih, biasanya tanpa keluhan dan gejala. Baru apabila sudah menimbulkan sumbatan, sehingga aliran urin tidak lancar, keluhan dan gejalanya pun muncul. Saat berpuasa misalnya. Bendungan urin yang sudah bersifat total yang menjadikan ginjal terendam urin sendiri, dan ini tergolong kondisi kedaruratan medis saluran kemih, yang memerlukan penanganan segera.

Jadi sebenarnya kita sudah memiliki menu harian yang menyehatkan. Menu menyehatkan bisa membuat kita terhindar dari risiko terkena batu saluran kemih dan sejumlah penyakit metabolisme lainnya.
Namun, karena keliru memilih menu harian, mengekor menu kebarat-baratan yang mereka sendiri sekarang sudah menginsafi kalau itu keliru, kini kita menanggung akibat buruknya. Oleh karena itu, kembalilah ke meja makan nenek moyang kita, dan lupakan menu yang datang dari negeri Barat.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:Gaya Hidup Sehat

No comments:

Post a Comment

Loading...