09 July 2009

TANGAN BEBAS KUMAN....???

Perilaku apa yang paling baik untuk kesehatan selama di toilet? Berikut saran dari Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwongso:

Bila Anda berada di toilet pribadi :

1. Cuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk ke WC karena mungkin tangan Anda penuh kuman setelah memegang berbagai macam benda.
2. Bila WC dalam keadaan kotor, bersihkan lebih dulu, lap bagian dudukan hingga kering,barulah Anda duduk dan buang air.
3. Bagi wanita, bersihkan daerah kewanitaan Anda menggunakan air dari arah depan, setelah itu keringkan dengan tisu.
4. Jangan meninggalkan jejak. Pada saat akan menyiram urin atau feses, pastikan Anda menutup WC lebih dahulu baru disiram. Hal ini penting,mengingat kuman atau bakteri bisa lompat sampai sejauh 5 meter. Siapa tahu bakteri itu lompat ke sikat gigi misalnya.
5. Jangan lupa Anda kembali mencuci tangan menggunakan sabun.


Bila Anda berada di toilet umum :

1. Jika toilet itu jongkok dan ada bak airnya, jangan pernah menggunakan air dari bak tersebut untuk cebok. Lebih-lebih jika bak air itu begitu rendahnya. Kita tidak pernah tahu,mungkin air di bak itu terkena cipratan air urin pria ( karena kencing sambil berdiri) yang berpenyakit menular. Lebih baik Anda membawa air dalam botol sendiri.
2. Untuk toilet duduk, bersihkan lebih dahulu tempat dudukan menggunakan tisu. Ambil tisu baru, letakkan di tempat dudukan sebagai alas Anda meletakkan pantat.
3. Usahakan tidak menggunakan jari tangan untuk memencet tombol air penggelontor, membuka/menutup tutup WC, dan mengunci/membuka pintu kamar kecil. Gunakan siku atau alasi jari dengan tisu.


Semoga bermanfaat, salam....
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...