23 July 2009

DETOKS DENGAN MENGGUNAKAN AIR KELAPA

Air kelapa selama ini sering dianggap limbah saja, padahal cairan ini sebetulnya merupakan sumber nutrisi yang baik.
Mengutip Ir. Hieronymus, air kelapa merupakan sumber beragam mineral, vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat, biotin, riboflavin, dan sebagainya.

Unsur karbon dalam air kelapa adalah glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain, sedangkan unsur nitrogen berupa protein.Kadar asam amino air kelapa bahkan lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

Dalam riset yang dilakukan oleh Litbang Departemen Kesehatan,seperti yang dilaporkan Solehah Catur Rahayu, air kelapa muda terbukti dapat digunakan untuk detoksifikasi dan menyembuhkan urtikaria ( kulit berbercak kemerahan ).
Air kelapa muda juga bermanfaat sebagai pembersih darah, obat TBC, obat sifilis, obat demam, dan untuk meredakan gangguan pada saluran kencing.

Para ahli di bagian Ilmu Kesehatan Fakultas Kedokteran UNPAD/ RS Hasan Sadikin Bandung, bahkan telah menggunakan air kelapa sebagai bahan untuk rehidrasi oral ( mengatasi kasus kekurangan cairan ) yang mengandung mineral. Mineral tersebut adalah natrium 1,15-1,67 mEq/L, dan klorida 22,5-40 mEq/L dengan pH rata-rata 5,5 (5,6).

Selain mineral, air kelapa muda juga mengandung glukosa, sakarosa, zat putih telur, asam arang, enzim osidase, dan katalase yang membuat gula serta zat samak.

Dengan khasiat sebagai penetral racun, diduga air kelapa muda juga dapat menetralkan zat-zat penyebab alergi.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...