14 July 2009

CEGAH KERIPUT DENGAN LECI, BAYAM , WORTEL

Usia boleh saja bertambah, tapi setiap wanita rasanya tidak ingin terlihat tua dengan kerutan-kerutan halus di wajah. Kerutan sedikit saja membuat sang empunya wajah merasa panik. Treatment dengan tehnologi modern memang banyak dijumpai di berbagai klinik kecantikan. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba bahan-bahan alami, seperti leci, bayam dan wortel. Dijamin kerutan tidak segera datang meski usia sudah menginjak kepala 3 atau 4. Bagaimana pemanfaatannya? Simak artikel yang saya dapatkan ini....

Anda tentu ingin terlihat awet muda lebih lama bukan? Semakin hari, usia semakin merangkak naik memang tidak bisa dicegah. Tapi, penuaan seiring bertambah usia bisa diantisipasi.

Keriput, salah satu tanda penuaan, merupakan proses yang dialami setiap orang. Perubahan yang terjadi pada kulit menua dapat terjadi akibat 2 proses.

Pertama: Perubahan kulit menua yang terjadi secara alamiah pada seluruh permukaan kulit sesuai perubahan usia (true aging ).
Kedua : Perubahan kulit menua dini yang terjadi pada daerah tertentu seperti wajah, leher, dada atas, punggung lengan dan tangan akibat terpapar sinar matahari yang berlebihan ( premature aging ).
" Proses true aging tidak dapat dicegah, tapi premature aging dapat dicegah.

Kulit terlihat menua jika timbul perubahan-perubahan seperti berikut:

1. Kulit kering

KOndisi terjadi karena menurunnya produksi kelenjar minyak dan keringat pada kulit sehingga air di dalam kulit mudah menguap.

2. Permukaan kulit kasar dan bersisik.

Kondisi ini terjadi karena melambatnya proses pertandukan pada epidermis ( lapisan kulit paling atas ) sehingga lapisan tanduk menebal menjadi kasar dan mudah lepas menjadi sisik.

3. Kulit berkerut.

Hal ini terjadi karena produks kolagen oleh fibroblast di dermis ( lapisan kulit bagian tengah) menurun.

4. Bercak pigmentasi yang tidak merata akibat fungsi melanosit pada epidermis menurun.

Kerutan terbagi dua yaitu: Kerutan halus dan kerutan dalam.

Kerutan halus biasanya muncul di bagian kulit yang jaringan kolagennya berkurang 1% setiap tahunnya.
Sementara kerutan dalam muncul karena ekspresi, misalnya di dahi dan sekitar mata, yang akan membentuk kerut dalam di bagian otot.
Dilihat juga dari tanda kulit yang tidak rata, munculnya tumor jinak seperti tahi lalat yang menonjol munculnya vlek, serta cherry angioma atau garis-garis merah.


MEMPERLAMBAT PENUAAN

Proses menua tidak bisa dihambat tetapi bisa diperlambat.Kulit merupakan organ yang paling luar dari dalam tubuh. Bila tubuh mengalami proses penuaan, maka perubahan yang terlihat pertama kali adalah kulit.
Salah satu cara untuk peremaaan kulit adalah memberikan krim peremajaan setiap hari. Bisa juga dengan melakukan peeling agar permukaan kulit yang menua dikelupas dengan menggunakan cairan peeling.
Cara alaminya dengan menghindari matahari karena ultraviolet akan merusak dermis sehingga akan mengeluarkan racun yang disebut radikal bebas.
Radikal bebas ini sangat reaktif dan akan masuk ke dalam jaringan protein dalam kulit dan menyebabkan jaringan protein rusak sehingga kulit akan mengalami penuaan.

Bahan alami : Bahan alami seperti sayur-sayuran dan buah-buahan sangat bagus untuk perawatan kecantikan bila dilakukan secara rutin.


1. LECI/ LEYCHEE

Leci mengandung antioksidan, vitamin C dan kalium. Leci juga mengandung aromatik yang sangat lembut dan berkhasiat bagi wajah, serta memberikan kelembaban bagi wajah. Dari manfaat itulah treatment leci dapat Anda pilih untuk membuat wajah awet muda.
Treatment lichi hydro revitalizing facial bermanfaat untuk melembabkan kulit, mengatasi kekeringan dan kerutan-kerutan di dahi, garis kering di sekitar bibir, pipi serta pigmentasi akibat kulit terlalu kering dan sering menggunakan produk yang mengandung alkohol. Jika dilakukan secara teratur, maka kulit akan lebih kenyal, lembab, warna merata, garis-garis kulit menipis dan kulit halus.
Dalam treatment ini digunakan cleansing milk yang mengandung leci, beras, vitamin E dan C dengan pH balance. Untuk maskernya ada 2, yaitu:

1. Untuk menstimulasi, membentuk dan mencerahkan kulit yang mengandung ekstrak licorice, centella dan butcher's broom.
2. Masker leci untuk mengencangkan dan memberi air pada kulit wajah.

Sebaiknya treatment ini dilakukan seminggu sekali selama 4 kali.
Untuk membuat masker leci sendiri dirumah, resepnya:
3 buah leci dihaluskan, lalu tambahkan 2 sendok makan yoghurt dan 1 sdm bubuk gandum. Aduk rata dan dioleskan pada wajah sebagai masker, biarkan selama 15-20 menit, kemudian basuh dengan air bersih.


2. BAYAM

Bayam bermanfaat untuk mengganti sel-sel kulit yang rusak. Konsumsi 1 porsi bayam bisa membuat kulit segar, mencegah jerawat dan kekeringan. Pemanfaatannya dibuat jus wortel ditambahkan 2 ikat bayam.
Bayam juga bisa digunakan untuk mencuci wajah. Caranya: Masukkan seikat bayam yang sudah dibersihkan ke dalam juicer, kemudian jus bayam digunakan untuk menggosok seluruh bagian wajah di sekitar sudut mata, dahi, bibir, dan dagu. Lakukan selama 5 menit ketika bangun pagi dan malam menjelang tidur, kemudian bilas dengan air dingin.


3. WORTEL

Wortel mengandung vitamin A dan E sangat baik untuk peremajaan kulit seperti menghilangkan keriput, melembabkan dan membersihkan flek-flek yang ada pada wajah.
Pemanfaatannya: Konsumsi secara rutin, misalnya dibuat jus dan masker wortel.
Untuk membuat jus wortel diperlukan 4 buah wortel, 1 buah pir, 6 lembar daun seledri dan segenggam peterseli, potong kecil-kecil, dicampur dan dimasukkan dalam juicer.

Untuk masker wortel: dibutuhkan 2-3 buah wortel ukuran besar, 4,5 sendok makan madu.
Cara membuatnya: Rebus wortel dan haluskan sampai lembut, setelah itu tuang madu. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 10 menit. Bersihkan wajah dengan handuk.

Facial wortel juga bisa dilakukan di salon.
Untuk masker wortel pemanfaatannya yaitu: 2 sendok makan ramuan wortel, tambah 1 sedok makan air mawar dan madu, serta jeruk purut, lalu di-steam selama 10 menit, kemudian dibersihkan sambil dipijat selama 45 menit. Kemudian dilulur selama 15 menit, lalu digosok. Lama treatment kurang lebih 1 jam. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya dilakukan seminggu sekali, selama 10 kali treatment.

EFEKTIF KURANGI KERUTAN

Semua sayur-sayuran sangat efektif untuk mengurangi kerutan pada kulit. Karena sayur-sayuran mengandung vitamin C dan antoksidan, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
Pemanfaatannya dengan dikonsumsi langsung atau dibuat masker.
Untuk buah-buahan dalam 1 minggu porsinya 20 porsi, sedangkan untuk sayuran minimal 1 porsi sekali makan. Jika rutin, maka dalam waktu 2 bulan hasilnya sudah terlihat, yaitu kulit lebih cerah karena jaringan prekolagen terbentuk. Bahan alami seperti sayur-sayuran dan buah-buahan berfungsi untuk mengubah lapisan pre-kolagen menjadi kolagen. Efeknya, hanya diare jika konsumsinya berlebihan.



Semoga bermanfaat, salam
sumber:info kecantikan

No comments:

Post a Comment

Loading...