10 July 2009

WASIR/ AMBEIEN/ HAEMORRHOID BISAKAH DICEGAH??

Banyak orang mengeluh sakit wasir. Tidak mungkin diobati, selain harus operasi. Wasir tidak sampai menyebabkan kematian, tetapi rasa tidak enak setiap habis buang air besar, sering mengganggu.

HIDUP DENGAN WASIR

Wasir memang bukan penyakit berat, sudah puluhan tahun diderita, tetap saja tidak membaik. Parah tidaknya wasir seseorang tergantung bagaimana hidup damai berdampingan dengan penderitaan wasirnya.
Tentu tidak semua orang terserang wasir. Hanya pada mereka yang ada gangguan organ hati, yang buang air besarnya sering keras, dan sering mengejan, pembuluh darah balik dinding duburnya berangsur-angsur membengkak. Pembengkakan pembuluh balik ini yang kemudian membentuk wasir.

Sekali sudah membengkak, berarti ada titik lemah di bagian pembuluh itu. Setelah mereda, pembuluh akan mengempis kembali dengan sendirinya. Apalagi bila dibantu dengan obat minum, selain obat supositoria yang dimasukkan ke liang dubur.
Namun, wasir berpotensi membengkak kembali bila terulang buang air besar keras dan mengejan kelewat kuat.

Pasien wasir sudah amat berpengalaman dengan kejadian kambuh penyakitnya. Acara setiap pagi berhadapan dengan kejadian wasir. Sering kambuh bila 1 hari saja terlambat buang air besar.
Kambuhnya wasir, belum tentu berdarah, adakalanya hanya menyisakan rasa nyeri di liang dubur.Mungkin hanya membuat lecet liang dubur saja. Parah tidaknya penyakit wasir tergantung di mana lokasi wasirnya

Wasir bagian luar lebih nyeri bila dibandingkan dengan wasir di bagian dalam. Wasir yang pernah berdarah menyisakan peradangan di sekitar. Tidak jarang terinfeksi karena bersentuhan dengan tinja.
Tinja bisa ada bibit penyakitnya. Jangan lupa, perdarahan wasir sering membuat anemia juga. Perhatikan bila pengidap wasir terlihat pucat, bisa jadi sudah kurang darah.

BISA DICEGAH

Sesungguhnya wasir yang belum terbentuk bisa dicegah. Orang yang mempunyai gangguan hati, sebaiknya mengatasi penyakitnya sebelum berkomplikasi menjadi wasir.
Yang sudah terlanjur wasir, rawatlah agar tidak sering kambuh. Makin sering wasir kambuh, makin membesar wasirnya. Wasir yang makin membesar makin bermasalah. Akhirnya diperlukan tindakan operasi karena obat saja sudah tidak mungkin menolong.

Merawat wasir itu perlu 2 hal:

Pertama : Buang air besar wajib teratur setiap hari sekurang-kurangnya satu kali.
Kedua : Agar bisa buang air besar teratur, tinja dibuat lembek dan tidak kering, untuk itu perlu kecukupan konsumsi buah dan sayur.

Pepaya paling ideal untuk pengidap wasir.Supaya tinja tidak keras, cukup minum air putih.Bila dengan kedua cara itu gagal untuk membuat tinja agar mudah dikeluarkan, ada obat untuk pelembek tinja.
Seringkali sebab pembentukan tinja tidak sempurna. Ini sering karena kekurangan unsur probiotik. Kita tahu, ada kuman baik ( flora usus ) dalam usus. Kuman baik dibutuhkan untuk membentuk tinja yang sehat, selain menghilangkan kuman penyakit di usus. Bila probiotik kurang, tinja sering tidak normal, dan usus sering terinfeksi.

Probiotik perlu disuburkan dengan menu yang memberi makan kuman atau probiotik. Bawang-bawangan dan kacang-kacangan membantu menyuburkan kuman usus. Menu harian perlu dilengkapi dengan jenis itu. Jangan lekas minum pencahar karena hanya probiotika solusi alamiah melancarkan saluran pencernaan.

Selain kekurangan asupan buah-sayur-air putih-atau flora usus terganggu, tidak jarang sembelit terjadi karena kurang bergerak badan. Banyak berdiam diri, kurang aktivitas fisik, membuat terjadinya sembelit .
Jenis buah-buahan seperti salak, jambu biji, dan kulit apel tergolong yang bikin sembelit. Keseringan sembelit menghambat tertibnya buang air besar, dan itu yang kerap mencetuskan kambuhnya wasir.

Jenis menu pedas, banyak bumbu merangsang, daging-dagingan, dan sosok tinja lebih kasar bisa juga membuat wasir kumat.Gesekan tinja yang kasar dan keras membuat luka baru pada pembuluh darah liang dubur, sehingga wasir kambuh.
Jangan lupa, sehabis minum antibiotika bisa juga terjadi sembelit juga. Flora usus yang menyehatkan itu ikut terbunuh selama minum antibiotika. Agar sembelit tidak sampai terjadi, segera minum probiotik (yoghurt) untuk menyuburkan kembali kuman usus.


KALAU WASIR KUMAT

Sewaktu-waktu wasir bisa kambuh.Selama perjalanan liburan, bermalam di hotel, atau wisata mancanegara, buang air besar kerap bermasalah. Ada orang yang tidak bisa buang air besar pada hari-hari pertama di tempat yang baru. Bagi yang mengidap wasir, hal itu perlu diwaspadai. Perlu lebih banyak buah dan sayur,tidak boleh kurang air putih, dan bila diperlukan minum yoghurt juga agar pencernaan lancar mendorong tinja. Baru kalau terpaksa, perlu minum obat pencahar demi tidak tertundanya buang air besar lebih dari sehari.

Andai wasir terlanjur berdarah, tentu lebih cermat merawat. Bila hanya kecil saja robeknya wasir, biasanya darah akan mereda sendiri. Perhatikan kebersihan sekitar dubur dengan cebok memakai sabun. Kalau ada pakailah sabun aseptik.

Idealnya memakai obat wasir yang di masukkan ke liang dubur agar mempercepat luka mereda, dan tidak membengkak. Bila sekitar liang dubur masih bengkak sampai keesokan harinya, tinja akan sukar keluar dan akibat perlu mengejan keras, wasirnya bisa berdarah lag.
Upayakan agar tidak mengejan kelewat keras. Selain minum obat wasir, tinja dibuat selembek mungkin seperti cara-cara yang sudah disebut di atas.Kalau sampai gagal timbul dorongan untuk buang air besar, obat pencahar selalu sudah siap, sehingga buang air besar tidak sampai tertunda keesokan harinya.

Tinja yang tertahan 1 hari saja menjadi lebih keras, dan lebih sukar dikeluarkan keesokan harinya.Kalaupun berhasil dikeluarkan, tinja yang keras biasanya akan melukai ( mencederai ) pembuluh darah yang sudah bengkak di sekitar liang dubur itu. Akibatnya wasirnya kambuh lagi.

Wasir yang bolak-balik kumat terus bertambah besar ukurannya. Makin sering kumat, makin lekas membesar. Awalnya wasir yang menonjol masih bisa didorong masuk. Lama kelamaan bila bertambah besar, pada akhirnya wasir sudah tidak mungkin bisa masuk kembali ke liang dubur ( irreponable). Pada saat itu wasir tidak punya pilihan lain kecuali diperasi.

Selama wasir kambuh, tentu perlu perawatan liang dubur yang bersih dan aseptik. Perlu minum obat antiwasir selain memasukkan supositoria ke liang dubur setiap kali selesai buang air besar. Menu wajib bebas pedas, kasar, dan keras, selain menambah asupan porsi buah dan sayur, serta memperbanyak hanya minum air putih. Teh dan kopi bisa membuat sembelit juga.


Semoga bermanfaat, salam....
Sumber:GHS

3 comments:

  1. nice share, ak jg punya ambeien tp udah dioperasi. namun belakangan ak lupa bab karena demam. sampai akhirnya ngeden tak terhindarkan, berdarah dan duburku bengkak diluarnya. ak putusin pake obat dari apotik yang dimasukkan namun bengkaknya gk hilang-hilang saudah 2 mungguan. apa ya kira-kira obat yang manjur untuk mengatasi hal ini? terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. Wah...harus cek up lagi tu ke dokter...sebelum menjadi lebih parah lagi...ga boleh sembarang obat...

    ReplyDelete
  3. alternatif lain biasanya TCM obat wasir( Traditional China Medicine) ...sobat...

    ReplyDelete

Loading...