16 July 2009

BUAH ANGGUR MUJARAB TURUNKAN KOLESTEROL




Buah cantik berbentuk bulat dengan warna kulit buah merah kehitaman, hijau, kuning keemasan dan ungu memang lezat dan segar dinikmati. Daging buahnya memiliki rasa manis dan kandungan airnya banyak. Rasa manis pada anggur menunjukkan kadar glukosa dan fruktosa yang tinggi. Anggur kaya akan antioksidan dan antimikroba yang mampu menangkal penyakit. Apa saja manfaat anggur? Mari kita simak bersama artikel berikut.

Anggur merupakan tanaman yang merambat dan tumbuh baik di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Dalam buah anggur terkandung berbagai vitamin seperti vitamin A, C dan B6, serta asam folat dan mineral fosfor, magnesium, mangan, kalium, selenium, zat besi dan tembaga. Kalium sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

Anggur juga mengandung serat dan berbagai flavonoid. Flavonoid dapat berperan menurunkan kolesterol. Anggur juga mengandung resveratrol, saponin, anthocyanins, proanthocyanidins dan quercetin yang bersifat anti-imflamasi dan anti-proliferasi sel, yang dapat mencegah kanker terutama kanker kolon dan payudara. Resveratrol juga menekan produksi amyloidal-beta peptides pada penderita Alzheimer's.

Karena itu diduga kuat karena kebiasaan makan anggur turut melindungi kesehatan syaraf otak. Anggur juga mengandung air juga karbohidrat terutama fruktosa dan glukosa yang berguna bagi stamina tubuh.

ANTIOKSIDAN

Buah anggur mengandung antioksidan polyphenolic seperti anthocyanin flavan-3-ols.
Kandungan anthocyanin lebih banyak terdapat di anggur merah. Adanya antioksidan dalam anggur ini dapat membantu untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, kerusakan sel ini yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti sakit jantung dan kanker.

Biji anggur juga mengandung antioksidan antara lain: antrocyanidin, tannin dan polyphenol yang bermanfaat mencegah penyakit kanker dan jantung. Pada bagian kulit anggur mengandung polyphenols ( resveratrol), yang merupakan antioksidan yang mempunyai efek dalam membantu untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, seperti kerusakan dinding sel pembuluh darah dan membantu dalam menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.

Manfaat lain dari resveratrol sebagai antioksidan adalah membantu menurunkan resiko terkena penyakit kanker, sakit jantung, alzheimer.

KATARAK

Kandungan asam elegat pada anggur, mampu menghancurkan hidrokarbon, senyawa penyebab kanker yang disebabkan rokok. Vitamin C, karetoniod, selenium dan berbagai flavonoids yang terkandung dalam buah anggur mempunyai kemampuan antioksidan ( penangkal radikal bebas ) yang baik. Berbagai antioksidan dari anggur tersebut dapat mencegah katarak. membuat bola mata lebih cantik.



Semoga bermanfaat, salam......
Sumber:infoKecantikan

No comments:

Post a Comment

Loading...