16 July 2009

BELIMBING/ STAR FRUIT EFEKTIF MENGURANGI MINYAK PADA WAJAH





Kulit wajah yang berminyak identik dengan wajah kusam dan mengkilap. Hampir sebagian besar wanita menganggap kulit wajah berminyak adalah masalah. Karena, mereka yang memiliki kulit wajah yang berminyak rentan mengalami masalah jerawat dan noda hitam. Ternyata ada cara murah untuk mengurangi minyak pada wajah dengan menggunakan buah belimbing. Bagaimanakah pemanfaatannya? Seberapa ampuhkah? Simak artikel yang saya dapatkan ini.....

Setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda, yaitu kulit kering, normal hingga berminyak. Kulit manusia terdiri dari beberapa lapisan, mulai dari lapisan terluar yaitu lapisan epidermis, lapisan dermis dan subkutis.
Kulit juga terdiri dari jaringan penunjang, seperti kelenjar keringat yang berfungsi mengatur suhu tubuh.
Selain itu, kulit juga memiliki kelenjar minyak yang memproduksi sebum sehingga kulit akan lembab, kenyal, dan tidak mudah keriput.
Produksi kelenjar minyak yang berlebihan akan membuat kulit menjadi berminyak.

Penyebab kulit berminyak terdiri dari 2 jenis lemak yang ada di dalam tubuh manusia, yaitu lemak darah dan lemak depo.
Lemak darah adalah lemak yang bercampur dengan darah dan mengikuti peredaran darah.istilahnya HDL (High Density Lipoprotein) atau lemak darah densitas tinggi dan LDL ( Low Density Lipoprotein )atau lemak darah densitas rendah pembentuk kolesterol. Seringkali lemak darah keluar dari dalam tubuh melalui pori-pori kulit dalam bentuk cairan berupa minyak.

Lemak depo adalah lemak yang disimpan di bawah kulit, yang bisa dikenal dengan sebutan lemak atau gajih. Seseorang yang memiliki lemak darah dalam jumlah cukup tinggi, tidak secara otomatis menjadi gemuk.
Gejala penderita lemak tinggi adalah rambut dan wajahnya berminyak dan selalu berjerawat, beresiko ketombe juga, karena ketombe adalah jamur yang tumbuh di tempat yang berminyak.

BAHAN ALAMI
Untuk mengurangi atau menghilangkan lemak di wajah bisa menggunakan bahan-bahan alami yang cara kerjanya menciutkan pori-pori kulit sehingga lemak darah berupa minyak di dalam darah sulit menerobos keluar dari kulit.
Bahan penciut pori-pori dikenal dengan astringent.
Beberapa bahan alami yang bersifat astringent adalah: kayu rapet ( Parameria Barbata ), mahkota dewa ( Phaleria Macrocarpa ), dan buah pinang ( Areca Catechu ).
Cara lainnya adalah menggunakan bahan pembersih wajah seperti sabun, milk cleanser dan facial foam. Bisa juga menggunakan cairan penetral yang diusapkan pada wajah ( penggunaan luar ) misalnya: asam jawa encer ( Tamarindus Indica , air jeruk nipis encer ( Citrus Aurontifolius ) dan tomat buah ( Tomatum Lycopersicum).

BELIMBING

Buah belimbing dipercaya dapat mengurangi minyak pada wajah. Buah yang berwarna kuning kehijauan ini kaya Vitamin C dan antioksidan.Dengan mengonsumsi buah belimbing lingir ( Averrhoa Carambola ) dan belimbing dapur ( Averrhoa Bilimbi ) yang rasanya masam dianggap dapat mengatasi kulit berminyak. Karena belimbing banyak mengandung air dan asam sehingga baik untuk membersihkan minyak berlebih di wajah.
Asam pada buah belimbing juga banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kebaikan kulit dari radikal bebas.
Selain itu kandungan niasin pada belimbing berguna untuk menurunkan lemak darah, antialergi pada tubuh dan menurunkan gula darah. Kandungan zinc (seng) pada belimbing bermanfaat untuk menurunkan lemak darah, mencegah timbulnya jerawat dan mencegah timbulnya jamur ketombe.
Sementara kandungan kalsium berguna untuk mengaktifkan senyawa lain senyawa lain untuk mengaktifkan lemak darah pembentuk kolesterol.
Asam sinapat sebagai antioksidan.
Asam askorbat (vitamin C) tujuannya untuk mengaktifkan senyawa lain untuk menurunkan lemak darah pembentuk kolesterol, antioksidan, dan pengendali kekebalan tubuh.
Kandungan asam sitrat yang bisa membuat suasana tubuh cenderung asam.


PEMANFAATAN SARI BELIMBING UNTUK KURANGI MINYAK DI WAJAH



Caranya:
1. Peras buah belimbing hingga keluar air sari belimbing, atau mengiris tipis belimbing.
2. Air atau sari pati belimbing dan irisan belimbing disapukan kekulit wajah selama 15 menit.
3. Untuk hasil maksimal digunakan 2 hari sekali. Khasiatnya akan terasa setelah pemakaian selama 2 minggu.

Selain mengaplikasikan pada wajah, khasiat belimbing juga bisa diperleh jika mengonsumsi buah belimbing setiap hari. Tidak ada efek samping dari pemakaian buah belimbing, namun untuk kulit yang sensitif, terluka atau iritasi hindari pemakaiannya karena kandungan asamnya akan menyebabkan kulit terasa terbakar.


TIPS AGAR KULIT TIDAK TERLALU BERMINYAK


Kandungan minyak juga dibutuhkan kulit. Minyak diproduksi kelenjar sebaceous yang bermanfaat untuk melicinkan kulit dan menjaga kelembaban kulit. Tapi, jika terlalu berminyak membuat kulit wajah menjadi kusam. Berikut tipsnya:

1. Mencuci wajah mungkin cara mudah untuk menghilangkan minyak. Tetapi jika terlalu sering mencuci wajah maka akan mengakibatkan reactive seborrhea yang akan menghilangkan sebum, sehingga kulit akan berubah menjadi kering, bersisik, dan gatal.

2. Sehari sekali saja mencuci wajah dengan sabun berbusa lembut sudah cukup untuk menghilangkan minyak berlebihan, sementara kelembaban yang melindungi kulit masih tetap terjaga.

3. Diet menjadi masalah besar dalam masalah kulit berminyak, karena kebanyakan orang yang berdiet karena kurang asupan makanan dan minuman, sehingga membuat kulit menjadi kering. Untuk itu saat diet harus tetap dijaga minum air putih yang banyak.

4. Ada orang-orang yang ingin menghilangkan kadar minyaknya sama sekali dengan sabun keras yang larutan alkalinya keras. Padahal, cara ini justru menyebabkan kulit kurang sehat dan malah menyebabkan kulit wajah lebih berminyak.

5. Jika ingin menemukan sabun wajah yang tidak mengandung bahan kimia, sebaiknya hindari sabun yang mengandung alkohol. Pilih sabun yang berbahan dasar alamiah seperti minyak zaitun, almond atau alpukat yang memiliki fungsi resapan yang dalam dan akan membantu pergantian kulit dan menjaga kelembaban kulit.

6. Membatasi mengonsumsi makanan-makanan pedas untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah.

7. Menghindari terkena paparan udara panas secara langsung serta membersihkan wajah dengan sabun atau milk cleanser.

8. Menggunakan kosmetik yang sesuai untuk kulit berminyak.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber:InfoKecantikan

No comments:

Post a Comment