26 February 2009

MITOS SEPUTAR PENYAKIT " REMATIK "

Ada banyak mitos yang berkembang seputar penyakit rematik. Meski tidak benar banyak orang tetap mempercayainya. Berikut mitos2 yang sebaiknya anda hapus dari keyakinan anda mulai sekarang juga :

* SERING MANDI MALAM DI USIA MUDA, MEMICU REMATIK DI USIA TUA*

Belum ada bukti yang menguatkan bahwa mandi malam menyebabkan rematik. Madi malam atau mandi air dingin tidak memicu rematik. Namun pada pengidap rematik, mandi air dingin bisa membuat otot kaku dan sendi tertekan sehingga menimbulkan rasa sakit.

* KANGKUNG/ BAYAM MENYEBABKAN REMATIK *

Tidak ada hasil penelitian yang menghubungkan sayur bayam dan kangkung dengan resiko rematik. Meski demikian jika menderita rematik anda tentu harus menghindari makanan yang dapat memicu kekambuhan yaitu makanan tinggi purin seperti jeroan, seafood dan alkohol.

* SEMUA PENYAKIT REMATIK DISEBABKAN ASAM URAT *

Hanya sekita 10 % pengidap penyakit rematik yang asam uratnya tinggi. Banyak orang dengan kadar asam urat tinggi justru tidak mengalami rematik. Asam urat tinggi dalam darah belum tentu menyebabkan rematik. Rematik akan terjadi bila asam urat terkumpul dalam sendi dan membentuk endapan kristal monosodium urat.

* REMATIK ADALAH PENYAKIT TULANG *

Rematik menyerang persendian tulang dan terdiri atas berbagai jenis seperti osteoartritis dan reumatoid artritis ( RA ). Osteoartritis paling sering menyerang sendi besar yang mendukung berat badan seperti sendi lutut, panggul, tulang belakang, punggung dan leher, meski bisa menyerang daerah lain.RA di picu oleh sistem imunitas yang menyerang lapisan atau membran sinovial sendi, melibatkan seluruh organ dan dapat memicu kecacatan.

* REMATIK HANYA MENGINCAR ORANG LANJUT USIA *

Rematik menyerang semua orang, tua maupun muda.pria maupun wanita tergantung jenisnya. Osteoartritis umumnya menyerang orang diatas usia 45 tahun. Penyakit Lupus Eritematosus terutama menyerang wanita usia produktif. Pria lebih mudah terserang asam urat.

* REMATIK ITU PENYAKIT KETURUNAN *

Rematik tidak selalu diturunkan secara langsung dari orang tua ke anak. Meski begitu ada kecenderungan keluarga menjadi faktor resiko rematik seperti pada RA, Lupus Eritematosus sistemik dan gout.

* SAKIT TULANG DI MALAM HARI ADALAH GEJALA REMATIK *

Gejala umum yang sering terjadi pada pengidap rematik adalah pegal2 dan peradangan pada sendi ( merah, bengak, nyeri, terasa panas, sulit di gerakkan ). Gejala ini bisa menyerang kapan saja.

No comments:

Post a Comment