04 February 2009

PIJAT WAJAH UNTUK GANGGUAN JERAWAT








Jerawat muncul karena ada penyumbatan didalam folikel rambut/ pori2.selain dengan obat2an, terapi jerawat juga bisa dengan pemijatan didaerah wajah, kaki dan tangan.
Perlu diketahui, sebenarnya jerawat tidak mencerminkan bahwa seseorang kurang menjaga kebersihan. cuci muka tidak perlu sering dilakukan. cukup 2x sehari dengan memakai sabun, tetapi jangan sabun antiseptik.
Untuk menghindari jerawat jangan biarkan rambut menutupi daerah wajah karena rambut yang kotor dapat memperburuk kondisi pori2 yang tersumbat.sebaiknya gunakan kosmetik yang berbahan air.
Pengobatan tidak membuat jerawat hilang lebih cepat, tetapi dapat membantu mencegah kekambuhannya.sebaiknya hindari juga paparan langsung sinar matahari.gunakan krim tabir surya yang nonminyak serta hindari kondisi banyak berkeringat.Selain itu asupan gizi seimbang juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit. usahakan untuk tetap rileks. stress diketahui merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat.
Jangan memencet jerawat karena dapat meninggalkan bekas berupa jaringan parut pada kulit dan juga dapat menimbulkan gangguan saraf di kepala.terutama sekali jangan memencet jerawat yang bernanah yang ada disekitar hidung dan mulut. bila hal itu dilakukan, cairan jerawat yang ada di sekitar hidung dan mulut dapat masuk kembali ke pembuluh darah yang menuju ke otak.hal ini akan mengakibatkan penyumbatan dan menimbulkan kematian.
Ada cara alami yang ditawarkan untuk mencegah dan menghindari jerawat dengan mudah yaitu lewat metode akupresure. dalam ilmu Tradisional Chinese Medicine (TCM), seperti halnya akupuntur, akupresure juga bertujuan menyeleraskan energi vital tubuh ( chi ) yang terhambat di wilayah wajah dan bagian tubuh lainnya.
Akupresure untuk jerawat dapata dilakukan dengan penekanan secara ringan di wilayah wajah, tangan dan kaki. Anda dapat melakukan penekanan secara rutin sendiri. dengan demikian tak perlu mengeluarkan kocek lebih untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu penampilan anda.

Perhatikan titik2 pada gambar di atas.

1. TITIK DI WAJAH :

- Titik tri pemanas 23 terletak diujung pelipis.
- Titik kantong empedu 1, terletak 1 cm di bawah titik tri pemanas 23.
- Titik tri pemanas 17, terletak di pangkal telinga bagian belakang.
- Titik tu 26, terletak dibawah garis tengah hidung atau tengah2 bibir atas.
- Titik ren 24, terletak dibawah bibir bawah.

2. TITIK DI TANGAN :
- Titik usus besar 4, terletak dipunggung tangan, titik ini juga memperbaiki
sistem pencernaan.
- Titik usus besar 11, terletak di siku.
- Titik paru-paru 7, terletak selebar 2 jari dari pergelangan tangan bagian dalam
segaris dengan ibu jari. titik ini juga menguatkan pernafasan.

3. TITIK DI KAKI :
- Titik limpa 10, terletak di atas lokasi lutut bagian dalam.
- Titik lambung 36, terletak disekitar 4 jari di bawah tulang tempurung lutut.
titik ini juga memperbaiki sistem pencernaan.
- Titik limpa 6, terletak 4 jari dari mata kaki bagian dalam.

Lakukan penekanan secara ringan kesemua titik selama setengah menit atau kurang lebih 30 x pijatan, 2 hari sekali.

Selamat Mencoba, semoga bermanfaat.......

Sumber : GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...